MODEL PROJECT BASED LEANING (PjBL) DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMK NEGERI 1 BERAU KALTIM
(1) UMM
(2) Universitas Muhammadiyah Malang
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi pembelajajaran PAI dengan model project based leaning (PjBL) dan respon peserta didik terhadap penerapan model PJBL di SMK Negeri 1 Berau. Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis Teori Grounded Sedangkan informannya adalah guru PAI dan peserta didik kelas XI SMK Negeri 1 Berau. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, display data dan verifikasi data. Penelitian menyebutkan bahwa materi jual beli yang merupakan materi pelajaran di kelas XI dilakukan dengan memberikan tugas proyek kepada peserta didik yang diharapkan dapatk meningkatkan kreativitas dan produktifitas peserta didik dalam mengembangkan dan menciptakan peluang usaha, karena produk yang mereka jual adalah produk yang dibuat sendiri sesuai dengan kompetensinya masing-masing, dengan demikian kegiatan akan memotivasi peserta didik untuk membuat kareativitas dan menciptakan hal-hal yang baru yang memiliki nilai jual. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Tahapan-tahapan (sintaks) pembelajaran PAI dengan model Project Based Learning meliputi membuat pertanyaan mendasar, membuat perencanaan produk, menyusun jadwal kegiatan, memantau perkembangan pembuatan proyek peserta didik, melakukan penialaian dan melakukan evaluasi pelaksanaan produk yang dibuat oleh peserta didik. (2) Respon peserta didik terhadap tugas yang diberikan sangat positif, peserta didik bersemangat dalam menyelesaikakn tugas proyek yang diberikan, tugas ini memberikan mereka pengalaman terutama dalam hal pembuatan produk, pengemasan produk dan pemasaran produk
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Anazifa, R. D., & Djukri. (2017). Project- based learning and problem- based learning: Are they effective to improve student’s thinking skills? Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(2). https://doi.org/10.15294/jpii.v6i2.11100
Ardiawan, I. K. N., Kristiana, P. D., & Swarjana, I. G. T. (2020). Model Pembelajaran Jigsaw Sebagai Salah Satu Strategi Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1).
Creswell, J. W. (2019). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches, terj. Achmad Fawaid, Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed (Cetakan IV). Pustaka Pelajar.
Fitriyani, T. (2021). Pemanfaatan Edmodo Untuk Meningkatkan Aktifitas Dan Hasil Belajar Siswa Smkn 1 Gunungputri Pada Saat Praktek Kerja Lapangan (Pkl). VocationaL: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 1(4). https://doi.org/10.51878/vocational.v1i4.668
Guo, P., Saab, N., Post, L. S., & Admiraal, W. (2020). A review of project-based learning in higher education: Student outcomes and measures. International Journal of Educational Research, 102. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2020.101586
Handayani, A. M., Suhendar, U., & Merona, S. P. (2021). Model PjBL Dengan Lembar Kerja KWL Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2). https://doi.org/10.31100/histogram.v4i2.647
Ismail, R., Rifma, R., & Fitria, Y. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Model PJBL di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.808
Jumani. (2021). Meningkatkan Kreativitas dan Inisiatif Guru Melalui Model Pembelajaran Daring dalam Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(3). https://doi.org/10.36418/japendi.v2i3.116
Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis Model-model Pembelajaran. FONDATIA, 4(1). https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.441
Kurniawati, J. (2021). Definisi Perencanaan Pembelajaran. Researchgate.Net, March.
Oktavia, A. C. (2020). Model-Model Pembelajaran. Deepublish.
Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan PembelajaraN. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/Fitrah.V3i2.945
Putri, N. S. Y., Rosidin, U., & Distrik, I. W. (2020). Pengaruh Penerapan Performance Assessment Dengan Model Pjbl Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Kreatif Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1). https://doi.org/10.24127/jpf.v8i1.1956
Rahmadania, S., Sitika, A. J., & Darmayanti, A. (2021). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga dan Masyarakat. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2). https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.1978
Ratnasari, N., Tadjudin, N., Syazali, M., Mujib, M., & Andriani, S. (2018). Project Based Learning (PjBL) Model on the Mathematical Representation Ability. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 3(1). https://doi.org/10.24042/tadris.v3i1.2535
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, R&D dan Penelitian Tindakan) (Nuryanto Apri (ed.); Edisi Ke-3). CV. Alfabeta.
Wahyuni, E., & Fitriana. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agamam Islam SMP Negeri 7 Kota Tangerang. Tadarus Tarbawy, 3(1).
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i1.12993
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher :
Universitas Indraprasta PGRI
Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
RDJE Stats
Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).