MODEL PROJECT BASED LEANING (PjBL) DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMK NEGERI 1 BERAU KALTIM

Samsiadi Samsiadi(1*), Romelah Romelah(2)

(1) UMM
(2) Universitas Muhammadiyah Malang
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan  implementasi pembelajajaran PAI  dengan  model project based leaning (PjBL) dan respon peserta didik terhadap penerapan model PJBL di SMK Negeri 1 Berau. Pendekatan penelitian ini  menggunakan kualitatif dengan jenis Teori Grounded Sedangkan informannya adalah guru PAI dan peserta didik kelas XI SMK Negeri 1 Berau. Teknik pengumpulan data  menggunakan observasi,  wawancara dan dokumentasi. Dan teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, display data dan verifikasi data.  Penelitian menyebutkan bahwa materi jual beli yang merupakan materi pelajaran  di kelas XI  dilakukan dengan memberikan tugas proyek kepada peserta didik yang diharapkan dapatk meningkatkan kreativitas dan produktifitas peserta didik dalam mengembangkan dan menciptakan peluang usaha, karena produk yang mereka jual adalah produk yang dibuat sendiri sesuai dengan kompetensinya masing-masing, dengan demikian kegiatan akan memotivasi peserta didik untuk membuat kareativitas dan menciptakan hal-hal yang baru yang memiliki nilai jual. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Tahapan-tahapan (sintaks) pembelajaran PAI dengan model Project Based Learning meliputi membuat pertanyaan mendasar, membuat perencanaan produk, menyusun jadwal kegiatan, memantau perkembangan pembuatan proyek peserta didik, melakukan penialaian dan  melakukan evaluasi pelaksanaan produk yang dibuat oleh peserta didik. (2) Respon peserta didik terhadap tugas yang diberikan sangat positif, peserta didik bersemangat dalam menyelesaikakn  tugas proyek yang diberikan, tugas ini memberikan mereka pengalaman  terutama dalam hal pembuatan produk, pengemasan produk dan pemasaran produk


Keywords


Project Based Leaning; PjBL; Pembelajaran PAI

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Anazifa, R. D., & Djukri. (2017). Project- based learning and problem- based learning: Are they effective to improve student’s thinking skills? Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(2). https://doi.org/10.15294/jpii.v6i2.11100

Ardiawan, I. K. N., Kristiana, P. D., & Swarjana, I. G. T. (2020). Model Pembelajaran Jigsaw Sebagai Salah Satu Strategi Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1).

Creswell, J. W. (2019). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches, terj. Achmad Fawaid, Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed (Cetakan IV). Pustaka Pelajar.

Fitriyani, T. (2021). Pemanfaatan Edmodo Untuk Meningkatkan Aktifitas Dan Hasil Belajar Siswa Smkn 1 Gunungputri Pada Saat Praktek Kerja Lapangan (Pkl). VocationaL: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 1(4). https://doi.org/10.51878/vocational.v1i4.668

Guo, P., Saab, N., Post, L. S., & Admiraal, W. (2020). A review of project-based learning in higher education: Student outcomes and measures. International Journal of Educational Research, 102. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2020.101586

Handayani, A. M., Suhendar, U., & Merona, S. P. (2021). Model PjBL Dengan Lembar Kerja KWL Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2). https://doi.org/10.31100/histogram.v4i2.647

Ismail, R., Rifma, R., & Fitria, Y. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Model PJBL di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.808

Jumani. (2021). Meningkatkan Kreativitas dan Inisiatif Guru Melalui Model Pembelajaran Daring dalam Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(3). https://doi.org/10.36418/japendi.v2i3.116

Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis Model-model Pembelajaran. FONDATIA, 4(1). https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.441

Kurniawati, J. (2021). Definisi Perencanaan Pembelajaran. Researchgate.Net, March.

Oktavia, A. C. (2020). Model-Model Pembelajaran. Deepublish.

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan PembelajaraN. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/Fitrah.V3i2.945

Putri, N. S. Y., Rosidin, U., & Distrik, I. W. (2020). Pengaruh Penerapan Performance Assessment Dengan Model Pjbl Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Kreatif Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1). https://doi.org/10.24127/jpf.v8i1.1956

Rahmadania, S., Sitika, A. J., & Darmayanti, A. (2021). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga dan Masyarakat. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2). https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.1978

Ratnasari, N., Tadjudin, N., Syazali, M., Mujib, M., & Andriani, S. (2018). Project Based Learning (PjBL) Model on the Mathematical Representation Ability. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 3(1). https://doi.org/10.24042/tadris.v3i1.2535

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, R&D dan Penelitian Tindakan) (Nuryanto Apri (ed.); Edisi Ke-3). CV. Alfabeta.

Wahyuni, E., & Fitriana. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agamam Islam SMP Negeri 7 Kota Tangerang. Tadarus Tarbawy, 3(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i1.12993

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).