PEMANFAATAN MEDIA DIGITAL EKONARA DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Rafika Rahmadani(1*), Miftakhur Rohmah(2), Siti Afifah(3), Halimatuz Zahra(4)

(1) 
(2) Universitas Nurul Huda
(3) Universitas Nurul Huda
(4) Universitas Nurul Huda
(*) Corresponding Author

Abstract


Perkembangan teknologi digital mendorong perlunya inovasi media pembelajaran yang mampu menjawab tantangan pendidikan abad ke-21. Salah satu inovasi tersebut adalah media digital Ekonara, yang dirancang dengan mengintegrasikan kearifan lokal ke dalam materi Ekonomi agar pembelajaran lebih kontekstual, interaktif, dan bermakna. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua pertemuan pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Buay Madang, Ogan Komering Ulu Timur, Sumatera Selatan. Subjek penelitian berjumlah 34 siswa, dengan instrumen berupa tes hasil belajar (pretest dan posttest) serta kuesioner skala Likert untuk mengukur respon siswa terhadap media yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada capaian belajar siswa. Rata-rata nilai pretest sebesar 69,23 dengan tingkat ketuntasan 23,50%, meningkat menjadi 85,23 pada posttest dengan ketuntasan 79,41%. Distribusi nilai siswa juga menjadi lebih merata, di mana tidak ada lagi siswa yang berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), sementara sebagian siswa berhasil meraih skor maksimal 100. Respon siswa terhadap Ekonara sangat positif, terutama pada indikator tampilan interaktif, kemudahan penggunaan, peningkatan motivasi, dan relevansi dengan budaya lokal. Temuan ini menegaskan bahwa Ekonara berfungsi tidak hanya sebagai media pembelajaran inovatif, tetapi juga sebagai strategi pedagogis yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar Ekonomi sekaligus mendukung pemerataan capaian akademik. Dengan demikian, Ekonara dapat menjadi model media digital yang relevan dan adaptif dalam mendukung transformasi digital pendidikan.


Keywords


Ekonara; Hasil Belajar; Media Digital

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Agustini, K., Wahyuni, D. S., Mertayasa, I. N. E., Sugihartini, N., & Subawa, I. G. B. (2022). Digital Learning Media Innovation and Learning Experience: Creating Interactive Flipbook for Vocational Student. https://doi.org/10.4108/eai.27-11-2021.2315537

Agustini, K., Agung, A. A. G., & Rati, N. W. (2022). The development of interactive flipbook-based learning media on digital simulation subjects. Journal of Education Technology, 6(3), 450–460. https://doi.org/10.23887/jet.v6i3.45964

AlAli, R. (2023). Prospects of Metaverse Technology in Home Economics Education: Examining the Future in the Context of Digital Learning. International Journal of EBusiness and EGovernment Studies, 15(2), 89–112. https://doi.org/10.34109/ijebeg.2023150205

Ariaty, E., Ariandini, N., Alfira, E., & Mustari, U. A. (2025). Pengaruh Media Digital Interaktif terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Menengah. Jurnal Kependidikan Media, 14(2), 88–95.

Azzahra, S., & Prasetyo, T. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Digital dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa berdasarkan Perspektif Guru. Jurnal Inovasi Pendidikan Sekolah Dasar, 1(2), 120–134.

Chikileva, L. S., Chistyakov, A. A., Busygina, M. V., Prokopyev, A. I., Grib, E. V., & Tsvetkov, D. N. (2023). A Review of Empirical Studies Examining the Effects of E-Learning on University Students' Academic Achievement. Contemporary Educational Technology, 15(4).

Dadds, M. (2020). Passionate enquiry and school development: A story about teacher action research. Routledge.

Eze, M. A. (2021). The Enhancement of Teaching and Learning Economics in Higher Education: Digital Technology Approach. education, 12(9).

Glatz, M., Mišota, B., & Kuperova, M. (2018). Digital educational applications possibilities within the extended teaching of economic subjects. In ICERI2018 Proceedings (pp. 10367-10374). IATED.

Hasan, M. (2021). Utilization of digital media in learning economics: Opportunities and challenges. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 12(1), 75–88.

Jayanti, S. N., . F., & . S. (2022). The Development of Interactive Media Learning Innovation Based on Local Wisdom in Improving Financial Literature. International Journal of Research and Review, 9(10), 93–98. https://doi.org/10.52403/ijrr.20221011

Joshi, B. M., & Koirala, P. (2023). Enhancing economics education through digital resources and online learning. Pragyaratna प्रज्ञारत्न, 5(1), 183-195.

Khanvises, S. (2023). Enhancing 21st Century Skills Through Technology-Enhanced Economics Teaching Materials: A Quantitative Analysis of Academic Achievement and Student Engagement in Mahasarakham Province, Thailand. Insights into Modern Education (i-ME), 1(3), 74-102.

Mertler, C. A. (2024). Action research: Improving schools and empowering educators. Sage Publications.

Nofriansyah, N., Sutarni, N., Hufad, A., Vhalery, R., Rahayu, S., Meilia, M., Meirani, M., & Amri, A. (2025). Digital transformation of economics education: Development of the Ekonara application based on local culture. Journal of Engineering Science and Technology, Special Issue on ISCoE2024, 20(4), 174–181.

Nofriansyah, N., Ahman, E., Supriatna, E., Rahayu, S., & Riyadi, S. (2025). Improvement Of Student Learning Outcomes Through The Team Games Tournament (TGT) Cooperative Learning Model. Research and Development Journal of Education, 11(1), 630-640.

Rahmatsyah, S. W., & Dwiningsih, K. (2021). Development of interactive E-Module on the periodic system materials as an online learning media. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(2), 255.

Rahayu, S., Surasni, S., Nanda Akhmad Romadhon, D., Nofriansyah, N., & Dahlan, D. (2024). Pengaruh Media PowerPoint terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 9(2), 194–203. https://doi.org/10.21067/jrpe.v9i2.10709

Rahayu, S., Sutarni, N., Nofriansyah, N., & Soffiatun, S. (2025). The Effectiveness of The Arcs Learning Model In Improving Student Learning Outcomes In Economics. Research and Development Journal of Education, 11(1), 115-123.

Sari, D. E., Diyana, T., Ahmad, N. L., Asila, N. F., Karima, M., Brilliani, & Refinda, D. A. (2025, March). The impact of Quizlet as an educational technology tool on economics learning outcomes among high school students. In AIP Conference Proceedings (Vol. 3142, No. 1, p. 020095). AIP Publishing LLC.

Susilaningtiyas, D. E., & Falaq, Y. (2021). Internalisasi Kearifan Lokal Sebagai Etnopedagogi: Sumber Pengembangan Materi Pendidikan Ips Bagi Generasi Millenial. Sosial Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan IPS, 1(2), 45. https://doi.org/10.26418/skjpi.v1i2.49391

Wisudawati, T., & Sulistyowati, E. (2020). Pengukuran Usability Media Pembelajaran Online Google Classroom(Studi Kasus : Prodi Teknik Industri UDB) Surakarta. Innovation in Research of Informatics (INNOVATICS), 2(1), 28–32. https://doi.org/10.37058/innovatics.v2i1.1426.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v11i2.12649

Refbacks

  • There are currently no refbacks.