ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA SPLDV BERDASARKAN TAHAPAN COMPUTATIONAL THINKING

Rita Anggraeni(1*), Elah Nurlaelah(2)

(1) 
(2) Universitas Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) berdasarkan tahapan Computational Thinking (CT), antara lain terdiri dari tahapan dekomposisi, pengenalan pola, abstraksi, dan berpikir algoritma. Pendekatan kualitatif deskriptif digunakan dengan subjek penelitian berupa lima siswa kelas VIII dari salah satu SMP di Kota Tangerang yang telah mempelajari materi SPLDV. Data dikumpulkan melalui tes uraian yang terdiri dari lima soal cerita dan dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil analisis menunjukkan bahwa kesalahan siswa tersebar di keempat tahapan CT dengan persentase tertinggi pada tahap berpikir algoritma (68%), diikuti tahap abstraksi (32%), pengenalan pola (20%), dan dekomposisi (16%). Temuan ini mengindikasikan bahwa tahapan berpikir algoritma merupakan tahap yang paling krusial dan rentan terhadap kesalahan dalam penyelesaian SPLDV. Oleh karena itu, integrasi Computational Thinking secara sistematis dalam pembelajaran SPLDV diharapkan dapat membantu siswa mengurangi kesalahan dan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah secara menyeluruh.


Keywords


Kesalahan Siswa; SPLDV; Computational Thinking

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Astuti, A., Syahza, A., & Putra, Z. H. (2023). Penelitian Computational Thinking Dalam Pembelajaran Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 363. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.5860

Fitrisyah, M. A., Mulyono, B., & Kunci, K. (2024). Analisis Kemampuan Computational Thinking Peserta Didik Materi Persamaan Eksponensial Melalui Video Pembelajaran Analysis of Computational Thinking Skills of Students on Exponential Equation Materials through Learning Videos. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 9(2), 215.

Gati, S. P., & Wijaya, A. (2022). Jurnal Pedagogi Matematika. Jurnal Pedagogi Matematika, 8(2), 127–133. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jpm/article/view/19624

Hauda, N., Mulyono, B., & Hapizah. (2024). Kemampuan Computational Thinking Materi Fungsi Eksponensial Menggunakan Problem Based Learning. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(1), 44–53. https://doi.org/10.31316/jderivat.v11i1.6129

Hudzaifah, H. (2016). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Berdasarkan Tahapan Computational Thinking [Skripsi, Universitas Pendidikan Indonesia]. Universitas Pendidikan Indonesia Repository. http://repository.upi.edu/id/eprint/100306

Mahmudah, W. (2018). Analysis of Student Errors in Solving Hots Type Math Problems Based on Newman’s Theory. Jurnal UJMC, 4(1), 49–56.

Mauliddiana, D., & Gozali, S. M. (2023). Analisis kesalahan siswa SMP pada topik sistem persamaan linear dua variabel dengan menggunakan teori newman error. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan, 7(2) 2037–2051. https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/22437

Rahmawati, N. D., Rubowo, M. R., & Rahmayani, I. D. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Spldv Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. JIPMat, 7(1), 72–80. https://doi.org/10.26877/jipmat.v7i1.11734.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v11i2.12335

Refbacks

  • There are currently no refbacks.