IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN PAI DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI SMK NEGERI 1 BERAU

Samsiadi Samsiadi(1*), Romelah Romelah(2)

(1) UMM
(2) Universitas Muhammadiyah Malang
(*) Corresponding Author

Abstract


Kurikulum yang dimaknai secara sempit merupakan kumpulan dari beberapa mata pelajaran yang harus ditempuh oleh peserta didik hingga lulus dari satuan pendidikan. Implementasi kurikulum 2013 lebih difokuskan pada aspek afektif, kognitif dan psikomotorik. Sedangkan substansi dalam melaksanakan pembelajaran lebih difokuskan pada materi, metode, pendekatan dan strategi yang digunakan. Apabila ini dilaksanakan, maka diharapkan hasil pembelajaran dapat mencapai hasil  maksimal sebagaimana yang diharapkan pada tujuan pembelajaran.  Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan kurikulum 2013 mata pelajaran PAI dengan menggunakan pembelajaran jarak jauh (PJJ), Penilaian pada mata pelajaran PAI dan kendala apa saja yang dialami oleh guru PAI dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh di SMK Negeri 1 Berau. Metode penelitian menggunakan pendekatan metode kualitatif Jenis penelitian studi kasus, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisisnya menggunakan analisis kualitatif yang digambarkan berupa data deskriptif, yang digunakan untuk memperoleh dan informasi tentang implementasi kurikulum 2013 mata pelajaran PAI  dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ) di SMK Negeri 1 Berau. Implementasi kurikulum 2013 di SMK Negeri 1 Berau  menggunakan kurikulum 2013 revisi 2018 dengan durasi waktu 3x45 dilaksanakan dengan pembelajaran jarak jauh. Beberapa aplikasi yang digunakan seperti zoom meeting, google classrom whatsap dan bebeapa media sosial lainnya seperti youtube, instagram dan facebook. Dalam melaksanakan penilaian guru PAI berkolaborasi dengan orang tua peserta didik untuk penilaian sikap speritual dan sikap sosial, sedangkan penilaian pengetahuan dan keterampilan dilakukan dengan menggunakan aplikasi google classroom, google form, youtube. Untuk mengatasi kendala-kendala yang dihadapi dalam PJJ guru PAI menggunakan video pembelajaran yang dikirim kemedia sosial agar peserta didik dapat mengunduh materi untuk dipelajari di rumah


Keywords


Kurikulum 2013; Pembelajaran PAI; Pembelajaran Jarak Jauh; PJJ

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Alhaddad, M. R. (2018). Hakikat Kurikulum Pendidikan Islam. Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 3(1), 57-66.

Burhani, A. R. (2017). Tinjauan Filosofis Tentang Kurikulum. Jurnal Pendidikan Islam, 7(2). https://doi.org/10.38073/jpi.v7i2.53

Creswell, W. Jhon. (2016). Research Design( Pendekatan Maetode Kuantitatif, kualitatif dan Metode Campuran. Jogyakarta: Pustaka Pelajar Cet.IV, 2019

Ikhsan, K. N., & Hadi, S. (2018). Implementasi dan Pengembangan Kurikulum 2013. Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan Dan Akuntansi), 6(1). https://doi.org/10.25157/je.v6i1.1682

Kusniyati, T., & Putrie, C. A. R. (2021). Pengaruh PJJ Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Walisongo Bekasi. Research and Development Journal of Education, 7(2). https://doi.org/10.30998/rdje.v7i2.10131

Marjuni. (2018). Landasan Pengembangan Kurikulum Dalam Komponen Tujuan Pembelajaran Pai. Inspiratif Pendidikan, 7(1). https://doi.org/10.24252/ip.v7i1.4931

Nindya, A. (2021). Penggunaan Media Sosial Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Online. Pendidikan Dasar Borneo (Judikdas Borneo), 02(1).

Sebrina, N., & Putri, E. (2021). Pengaruh Pembelajaran Online Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMP Al-Falah Bekasi. Research and Development Journal of Education, 7(2). https://doi.org/10.30998/rdje.v7i2.10384

Sibuea, M. F. L., Sembiring, M. A., & Agus, R. T. A. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Berbasis Media Sosial Facebook Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal of Science and Social Research, 3(1).

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. CV. Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11933

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).