IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN PAI DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI SMK NEGERI 1 BERAU
(1) UMM
(2) Universitas Muhammadiyah Malang
(*) Corresponding Author
Abstract
Kurikulum yang dimaknai secara sempit merupakan kumpulan dari beberapa mata pelajaran yang harus ditempuh oleh peserta didik hingga lulus dari satuan pendidikan. Implementasi kurikulum 2013 lebih difokuskan pada aspek afektif, kognitif dan psikomotorik. Sedangkan substansi dalam melaksanakan pembelajaran lebih difokuskan pada materi, metode, pendekatan dan strategi yang digunakan. Apabila ini dilaksanakan, maka diharapkan hasil pembelajaran dapat mencapai hasil maksimal sebagaimana yang diharapkan pada tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan kurikulum 2013 mata pelajaran PAI dengan menggunakan pembelajaran jarak jauh (PJJ), Penilaian pada mata pelajaran PAI dan kendala apa saja yang dialami oleh guru PAI dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh di SMK Negeri 1 Berau. Metode penelitian menggunakan pendekatan metode kualitatif Jenis penelitian studi kasus, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisisnya menggunakan analisis kualitatif yang digambarkan berupa data deskriptif, yang digunakan untuk memperoleh dan informasi tentang implementasi kurikulum 2013 mata pelajaran PAI dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ) di SMK Negeri 1 Berau. Implementasi kurikulum 2013 di SMK Negeri 1 Berau menggunakan kurikulum 2013 revisi 2018 dengan durasi waktu 3x45 dilaksanakan dengan pembelajaran jarak jauh. Beberapa aplikasi yang digunakan seperti zoom meeting, google classrom whatsap dan bebeapa media sosial lainnya seperti youtube, instagram dan facebook. Dalam melaksanakan penilaian guru PAI berkolaborasi dengan orang tua peserta didik untuk penilaian sikap speritual dan sikap sosial, sedangkan penilaian pengetahuan dan keterampilan dilakukan dengan menggunakan aplikasi google classroom, google form, youtube. Untuk mengatasi kendala-kendala yang dihadapi dalam PJJ guru PAI menggunakan video pembelajaran yang dikirim kemedia sosial agar peserta didik dapat mengunduh materi untuk dipelajari di rumah
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Alhaddad, M. R. (2018). Hakikat Kurikulum Pendidikan Islam. Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 3(1), 57-66.
Burhani, A. R. (2017). Tinjauan Filosofis Tentang Kurikulum. Jurnal Pendidikan Islam, 7(2). https://doi.org/10.38073/jpi.v7i2.53
Creswell, W. Jhon. (2016). Research Design( Pendekatan Maetode Kuantitatif, kualitatif dan Metode Campuran. Jogyakarta: Pustaka Pelajar Cet.IV, 2019
Ikhsan, K. N., & Hadi, S. (2018). Implementasi dan Pengembangan Kurikulum 2013. Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan Dan Akuntansi), 6(1). https://doi.org/10.25157/je.v6i1.1682
Kusniyati, T., & Putrie, C. A. R. (2021). Pengaruh PJJ Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Walisongo Bekasi. Research and Development Journal of Education, 7(2). https://doi.org/10.30998/rdje.v7i2.10131
Marjuni. (2018). Landasan Pengembangan Kurikulum Dalam Komponen Tujuan Pembelajaran Pai. Inspiratif Pendidikan, 7(1). https://doi.org/10.24252/ip.v7i1.4931
Nindya, A. (2021). Penggunaan Media Sosial Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Online. Pendidikan Dasar Borneo (Judikdas Borneo), 02(1).
Sebrina, N., & Putri, E. (2021). Pengaruh Pembelajaran Online Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMP Al-Falah Bekasi. Research and Development Journal of Education, 7(2). https://doi.org/10.30998/rdje.v7i2.10384
Sibuea, M. F. L., Sembiring, M. A., & Agus, R. T. A. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Berbasis Media Sosial Facebook Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal of Science and Social Research, 3(1).
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. CV. Alfabeta
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11933
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher :
Universitas Indraprasta PGRI
Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
RDJE Stats
Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).