ANALISIS OPTIMALISASI PERKULIAHAN DALAM JARINGAN (DARING) PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNINDRA

Septiana Ika Ningtyas(1*)

(1) Indraprasta of University
(*) Corresponding Author

Abstract


Pandemi covid 19 yang masih terus berlangsung di dunia telah menganggu keberlangsungan di berbagai sektor, salah satunya sektor pendidikan, dimana sekolah sebagai naungan belajar para peserta didik harus dihentikan sementara untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona. Untuk itu perlu langkah cepat serta solusi untuk menjawab permasalahan tersebut. Perkuliahan dalam jaringan (daring) adalah salah satu alternatif untuk dapat mengatasi permasalahan tersebut. Subjek Penelitian adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi. Metode yang akan dilakukan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis dimana saat seluruh data dikumpulkan kemudian dipilih sesuai dengan indikator masing-masing kemudian peneliti dapat menganalisis serta menuliskan kesimpulan atau hasil akhir dari penelitian. Data dikumpulkan melalui angket berupa kuisoner dengan pertanyaan terbuka yang disebarkan melalui google form untuk mahasiswa serta wawancara melalui Google Meet dan Zoom Cloud Meeting. Hasil yang didapat dari pengambilan data dalam penelitian ini adalah (1) mahasiswa telah memiliki fasilitas-fasilitas dasar yang dibutuhkan untuk mengikuti pembelajaran daring; (2) pembelajaran daring memiliki fleksibilitas dalam pelaksanaannya dan mampu mendorong munculnya kemandirian belajar dan motivasi untuk lebih aktif dalam belajar; dan (3) pembelajaran jarak jauh mendorong munculnya perilaku social distancing dan meminimalisir munculnya keramaian mahasiswa sehingga dianggap dapat mengurangi potensi penyebaran covid-19 di lingkungan perguruan tinggi. Lemahnya pengawasan terhadap mahasiswa serta kurang antusiasnya mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan daring dan mahalnya biaya kuota adalah tantangan tersendiri dalam pembelajaran daring. Meningkatkan kemandirian belajar, minat, motivasi, keberanian mengemukakan gagasan dan pertanyaan adalah keuntungan lain dari perkuliahan daring


Keywords


Perkuliahan Daring; Pandemi covid-19; Mahasiswa Pendidikan Ekonomi

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Alwi, H. (2019). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Ardiansyah. (2014). Eksplorasi Pola Komunikasi dalam Diskusi Menggunakan Moodle pada Perkuliahan Simulasi Pembelajaran Kimia. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Dabbagh, N. a. (2015). Online Learning Concepts, Strategies and Application. Ohio: Pearson.

Dent, J. (2020). Oxford English Dictionary. Oxford University Pres.

E.Kuntarto. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Jakarta: Language Education and Literature.

Enriquez, M. (2014). Sudents' Perception on the Effectivenes of the Use of Edmodo as a Supplementary Tool for Learning. DLSU Research Congress.

Handarini, O.L & Wulandari, S.S (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home Selama Pandemi COVID-19. Journal Pendidikan dan Administrasi Perkantoran, 496-503.

Kemendikbud. (2020). Kemendikbud Resmikan Kebijakan Bantuan Kuota Data Internet. Jakarta: Kemendikbud.go.id.

Korucu, A. & Alkan, A. (2014). Differences Between m-learning (mobile learning) and e-learning basic terminology and usage of m-learning in education. Social and Behavioral Sciences Journal.

Kumar, V. & Nanda.P. (2018). Social Media in Higher Education. International Journal of Information and Communication Technology Education.

Mantra, I. I. (2020). Peningkatan Kompetensi Mengajar Secara Online Bagi Para Guru Selama Pandemi Virus Corona. Jurnal Abdi Dharma Masyarakat, 30-36.

Merdeka. (2020). Kebutuhan Internet Tinggi, by.U Siapkan Solusi Menarik. Jakarta: Merdeka.com.

Michael, A. (2013). Michael's Allen Guide to E-Learning. Canada: John Willey & Sons.

Nursalam. (2017). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan 4th edition. Jakarta: Salemba Medika.

Pakpahan, F & Fitriyani. (2020). Analisis Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. Journal of System, Applied, Management, Accounting and Research, 30-36.

Pramono R, A. M. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 terhadap proses pembelajaran online di sekolah. Journal of Education, Psychology and Counseling, 1-20.

Pratama, A. R. (2013). Optimalisasi Keselamatan Crew Kapal dalam Proses Kerja Jangkardi AHTS Amber. Semarang: Politeknik Ilmu Pelayaran.

Qomarudin.N, B. d. (2015). Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. Yogyakarta: DEEPUBLISH.

Raja.R & Nagasubramani, P. (2018). Impact if Modern Technology in Education. Journal of Applied and Advanced Research, 33-35.

Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Banjarnegara. Elementary School 7, 297-302.

Sicat, A. (2015). Enhancing College Students; Profiency in Bussines Writing Via Schoology. International Journal of Education and Research.

Simatupang, N. S. (2020). Efektivitas pelaksanaan pengajaran online pada masa pandemi covid-19 dengan metode survey sederhana. Jurnal Dinamika Pendidikan, 197-203.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Vhalery, R., Alfilail, S. N., Robbani, H., & Hia, L. N. (2021). Persepsi Mahasiswa tentang Pembelajaran Online Google Classroom pada Minat dan Motivasi Belajar. Intelektium, 2(1), 28-36.

Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Alfilail, S. N. (2021). Pembelajaran Berbasis Online “Zoom” Pada Kesiapan Belajar Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19. Research and Development Journal of Education, 7(1), 215-225.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11747

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).