MENINGKATKAN KECERDASAN BERBAHASA DAN BERCERITA AUD MELALUI METODE BERNYANYI PADA KELOMPOK B DI TK ADVENT BEKASI

Rita Haryani(1*), Supardi Supardi(2)

(1) (Sinta Id: 0425089301) Universitas Panca Sakti, Bekasi
(2) Universitas Panca Sakti Bekasi
(*) Corresponding Author

Abstract


Anak adalah harta orang tua. Perkembangan anak merupakan masa keemasan untuk perkembangan anak. Oleh sebab itu, pendidikan anak usia dini atau taman kanak-kanak merupakan langkah cerdas untuk meningkatkan kemampuan dan perkembangan anak. Dalam kurikulumnya, kecerdasan anak merupakan hal utama yang perlu dikembangkan. Dari banyaknya kecerdasan anak, pada penelitian ini akan difokuskan pada kecerdasan bahasa dan kecerdasan bercerita. Untuk mengetahui tingkat kecerdasan berbahasa dan kecerdasan bercerita anak, peneliti melakukan studi pendahuluan melalui pengamatan. Hasil pengamatan disimpulkan bahwa terkategori rendah. Salah satu faktor penyebabnya yaitu teknik mengajar atau metode mengajar yang digunakan kurang tepat. Salah satu alternatif metode mengajar yang baik yaitu bernyanyi. Untuk membuktikan keefektifan metode ini, peneliti ingin mengetahui tepat atau ketidaktepatan metode ini. Penelitian ini adalah PTK. Siklus terdiri dari empat tahapan yakni perencanaan, tindakan, pengamatan, serta refleksi. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa melalui lagu atau nyanyian dapat meningkatkan kemampuan berbahasa dan bercerita anak di Taman Kanak-kanak Advent Desa Padurenan Kecamatan Mustika Jaya Kota Bekasi


Keywords


Kecerdasan; Berbahasa; Bercerita; Metode Bernyanyi

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Dewi, S. S., Uswatun, D. A., & Sutisnawati, A. (2020). Penerapan model inside outside circle untuk meningkatkan keterampilan komunikasi siswa dalam pembelajaran IPA di kelas tinggi. utile: Jurnal Kependidikan, 6(1), 86-91.

Fajriyah, D. N. (2018). Pendidikan Akhlak Pada Anak MI/SD Melalui Media Lagu Gubahan. Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 37-48.

Fauziah, N. (2014). Empati, persahabatan, dan kecerdasan adversitas pada mahasiswa yang sedang skripsi. Jurnal Psikologi, 13(1), 78-92.

Herlina, L., & Suwatno, S. (2018). Kecerdasan intelektual dan minat belajar sebagai determinan prestasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 3(2), 246-254.

Mahmud, L. H., Perlina, M., Tryana, T., Iyehezkiel, I., & Anwar, D. (2021). Bercerita: Upaya Meningkatkan Kecerdasan Berbahasa Anak Usia Dini. In PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (Vol. 1, No. 1, pp. 953-962).

Marpaung, J. (2017). Pengaruh Pola Asuh Terhadap Kecerdasan Majemuk Anak. KOPASTA: Journal of the Counseling Guidance Study Program, 4(1).

Megawati, M. (2014). Pengaruh Tingkat Kecerdasan IQ, EQ, SQ Terhadap Pola Sikap Dan Kepribadian Siswa Di SMAN 1 Palopo (Doctoral dissertation, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PALOPO).

Mujianto, G. (2020). Humanisasi pembelajaran keterampilan berbahasa di masa pandemi. In Prosiding Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia (SENASBASA) (Vol. 4, No. 1).

Nurmalitasari, F. (2015). Perkembangan sosial emosi pada anak usia prasekolah. Buletin Psikologi, 23(2), 103-111.

Riana, E. D., & Asmawati, A. (2019). Efektivitas Penggunaan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Nurul Huda Desa Suka Maju Kabupaten Muaro Jambi (Doctoral dissertation, UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI).

Wahyuningsih, W. (2019). Meningkatkan Kecerdasan Musikal Anak Usia Dini Melalui Bermain Alat Musik Perkusi. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia): Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(1), 65-77.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11243

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).