PENGETAHUAN MAHASISWA BIOLOGI TERHADAP PENGGUNAAN TERMINOLOGI BAHASA LATIN

Dita Kameswari(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk: 1) mendeskripsikan pemahaman dan penguasaan terminologi bahasa latin pada mahasiswa. 2) mendeskripsikan pencapaian daya ingat terminologi bahasa latin pada mahasiswa. 3) mengetahui cara meningkatkan pemahaman dan penguasaan bahasa latin pada mahasiswa. Penelitian dilaksanakan di Universitas Indraprasta PGRI fakultas MIPA program studi pendidikan biologi. Responden terdiri dari mahasiswa pendidikan biologi semester 1 dan semester 5. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara, tes pengetahuan nama-nama latin dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Rata-rata nilai pengetahuan terminologi bahasa latin pada mahasiswa biologi semester 1 dan semester 3 secara berturut-turut adalah 66.36 dan 73.20. 2) Pencapaian daya ingat pengetahuan terminologi bahasa latin pada mahasiswa  biologi semester 1  dan semester 3 secara berturut-turut adalah untuk mahasiswa semester 1 didapatkan 66% termasuk kategori baik, sebanyak 30 % mahasiswa pencapaian daya serap cukup, sedangkan 4% mahasiswa memiliki pencapaian daya serap kurang.  Pada semester 3 didapatkan 72% termasuk kategori baik, sebanyak 26% mahasiswa pencapaian daya serap cukup, sedangkan 2% mahasiswa memiliki pencapaian daya serap kurang. 3). Metode yang digunakan mahasiswa biologi untuk meningkatkan pemahaman dan penguasan terminologi bahasa latin dengan mengulang-ulang dengan presentase 60,5% dan membuat kata kunci 39,5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sebagian besar mahasiswa mengetahui penggunaan terminologi bahasa latin namun belum dapat mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari


Keywords


Pengetahuan; Mahasiswa Biologi; Terminologi Bahasa

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Amri, A., & Jafar, J. (2016). Analisis Kesulitan Mahasiswa Menghafal Nama-nama Latin di Program Studi Pendidikan Biologi Angkatan 2014 Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Uuniversitas Muhammadiyah Pare-Pare. Jurnal Biotek, 4(2), 262-277.

Anwar, K. (2013). Analisis Penguasaan Mahasiswa PGSD FIP UNIMED Terhadap Terminologi Bahasa Latin Dalam Mata Kuliah Konsep Dasar IPA. Jurnal Kajian Pendidikan dan Pendidikan Dasar, 1(1), 1-7

Damayanto, I.,P.,G. , Fandri S. (2020). Pemanfaatan portal basis data daring dalam validasi nama ilmiah jenis dan suku tumbuhan. Jurnal Berkala, 16(2), 170-183

Izza, F.R., Retnoningsih, A., Pukan, K.K. (2018). Pengembangan Kunci Determinasi Tumbuhan Hasil Eksplorasi Hutan Wisata Guci Kabupaten Tegal untuk Sekolah Menengah AtaS. Indonesian Journal of Conservation, 7(2), 119-130

Kurniawan, D., Aristoteles, A., & Amirudin, A. (2016). Pengembangan Aplikasi Sistem Pembelajaran Klasifikasi (Taksonomi) danTata Nama Ilmiah (Binomial Nomenklatur) pada Kingdom Plantae (Tumbuhan) Berbasis Android. Jurnal Komputasi, 3(2). 4-10

Putri, L.O.L. (2015). Kartu Indentifikasi Filum Sebagai Media Pembelajaran Yang Inovatif Untuk Mempelajari Materi Klasifikasi Hewan. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia. 2(1): (31-38)

Rasiban, L. M. (2013). Penerapan Student Centered Learning (SCL) melalui Metode Mnemonik dengan Teknik Asosiasi pada Mata Kuliah Kanji Dasar. Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 13(2), 180–189

Silalahi, M. (2016). Pengetahuan Mahasiswa Terhadap Keanekaragaman Tumbuhan di Lingkungan Kampus (Studi Kasus Prodi Pendidikan Biologi UKI). Al-Kauniyah Jurnal Biologi, 9(1), 19-25

Tsalatsatunnisa,G., Almaas, N.S., Sukmawati, D.I., Izzah, D.N., Pujiyanti, N.R. (2018). Pengetahuan Mahasiswa Biologi mengenai Binomial Nomenclature Makhluk Hidup di Universitas Tidar. Jurnal Pendidikan Biologi, Nectar, 1(1), 13-17

Wulansari, L. D., (2015). Pengembangan Atlas Keanekaragaman Tumbuhan: Euphorbiales, Myrtales, dan Solanales Sebagai Sarana Identifikasi. BioEdu Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi. 4(3):1029-1035




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11187

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).