HUBUNGAN PENGAWASAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PAUD AMI AMSAYU KALIDERES JAKARTA BARAT

Helensu Helensu(1), Chientya Annisa Rahman Putrie(2*)

(1) Universitas Panca Sakti Bekasi
(2) Universitas Panca Sakti Bekasi
(*) Corresponding Author

Abstract


Prestasi perlu dimiliki oleh setiap siswa, karena itu modal awal untuk kemajuan siswa itu sendiri. Berdasarkan studi pendahuluan terhadap evaluasi belajar siswa PAUD Ami Amsayu diketahui bahwa siswa PAUD Ami Amsayu memiliki prestasi belajar rata-rata. Oleh karena itu, diperlukan peningkatan prestasi belajar siswa PAUD Ami Amsayu. Peningkatan ini dapat dipengaruhi oleh berbagai macam faktor. Salah satunya faktor lingkungan, khususnya pengawasan orang tua. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan teknik korelasional. Dalam penelitian ini, teknik korelasional digunakan untuk membuktikan ada atau tidaknya hubungan Pengawasan orang tua dengan prestasi belajar siswa RA. Nurul Ulum Tangerang. Penelitian dilaksanakan di PAUD Ami Amsayu Kelideres Jakarta Barat. Penelitian dimulai bulan Juli sampai Agustus 2021. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat ditarik kesimpulan yaitu terdapat hubungan yang signifikan antara pengawasan orang tua dengan prestasi siswa. Dari hasil uji determinasi yang menunjukkan bahwa D sebesar 38,44%. Hal ini menunjukkan bahwa kontribusi pegawasan orang tua dalam meningkatkan prestasi siswa sebesar 38,44% dan ini berarti pengawasan orang tua memberi kontribusi yang cukup besar terhadap peningkatan prestasi siswa


Keywords


Pengawasan Orang Tua; Prestasi Belajar; Siswa PAUD

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Abror, K. (2013). Persepsi Pemustaka Tentang Kinerja Pustakawan Pada Layanan Sirkulasi di Perpustakaan Daerah Kabupaten Sragen (Doctoral dissertation, Ilmu Perpustakaan).

Azizah, F., Ginting, F. B., & Utami, R. S. (2017). Evaluasi Pelaksanaan Program Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. In Prosiding Seminar Bimbingan dan Konseling (Vol. 1, No. 1, pp. 177-188).

Hanum, R. (2017). Evaluasi Pendidikan Anak Usia Dini. PIONIR: Jurnal Pendidikan, 6(2).

Hidayat, M. (2015). Pengaruh Kebiasaan Belajar, Lingkungan Belajar, dan Dukungan Orang Tua terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas IX IPS di Man Bangkalan. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 3(1), 103-114.

Lomu, L., & Widodo, S. A. (2018). Pengaruh motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa.

Masfufah, F. B. (2014). Pembinaan Shalat Berjamaah Di SMPN 3 Kedungwaru.

Mulyasih, P. S., & Suryani, N. (2016). Pengaruh Disiplin Belajar, Lingkungan Keluarga, Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pengantar Administrasi. Economic Education Analysis Journal, 5(2), 602-602.

Nurdyansyah, N., & Fitriyani, T. (2018). Pengaruh strategi pembelajaran aktif terhadap hasil belajar pada Madrasah Ibtidaiyah. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Rahayu, N. S. (2018). Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X MIPA 4 Di SMA Negeri 17 Bandung (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).

Sari, I. (2019). Kesulitan mahasiswa dalam pembelajaran bahasa Inggris. Jumant, 11(1), 81-98.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11176

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).