Analisis Pengaruh Kinerja Guru Dalam Pembelajaran Dan Persepsi Siswa Atas Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar

Nurdin Nurdin(1), Hery Purwosusanto(2*), Tjipto Djuhartono(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI / ID Scopus 57224780027
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian survey ini dilakukan bertujuan untuk melihat seberapa besarnya pengaruh  kinerja guru dalam proses pembelajaran dan persepsi siswa atas lingkungan belajar. Lingkungan belajar yang baik membuat guru melaksanakan proses pembelajaran yang baik dan siswa dapat mengikuti pelajaran dengan sebaik-baiknya, sehingga hasil belajar siswa bisa dicapai dengan baik. Sampel Penelitian ini sebanyak 80 orang siswa di SMA Negeri 5 Tambun Bekasi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner.Keabsahan data diperoleh dengan uji validitas dan reliabilitas, semua data memiliki distribusi normal. Data dianalisis menggunakan korelasi regresi. Hasil penelitian membuktikan bahwa kinerja guru dalam proses pembelajaran memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi atau ilmu pengetahuan sosial. Begitu juga persepsi siswa atas lingkungan belajar memberi pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi atau ilmu pengetahuan sosial. Temuan juga menunjukkan bahwa kinerja guru dalam proses pembelajaran dan persepsi siswa atas lingkungan belajar secara bersama-sama mempunyai hubungan yang kuat terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi atau ilmu sosial


Keywords


Hasil belajar; Pembelajaran; Persepsi

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arikunto, Suharsini. (2001). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rhineka Cipta.

Briggs, Lesle J. (1979). Introductional design, principles and aplication englewood cliffs. New Jersey: Printice Hall, ins.

Davies, K Ivor. (1997). Instructional technigue. New York: McGraw-Hill Book Company.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.(1989). Kamus umum bahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2002). Strategi belajar mengajar (Edisi revisi ). Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Gronlund, Noman E. (1997). Constructing achievement test. Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall, Inc.

Hamalik, Oemar. (2000). Manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah. Yogyakarta: FIP UNY.

Hilgard, Ernest R. (1982). Introduction to psychology. New York: Harcourt, Brace and World, Inc.

Krissandi, A D S, dan Rusmawan. (2015). Kendala guru sekolah sasar dalam implementasi kurikulum 2013? Cakrawala Pendidikan, XXXIV(3), 463.

Mathis, Robert L dan Jackson, Jhon H. (2002). Manajemen sumber daya manusia. Jakarta: Salemba Empat.

Miarso, Yusup Hadi dan Degang, I nyoma Sudana. (2004). Terapan teori kognitif dalam desain pembelajaran. Jakarta: Depdikbud.

Purwanto, M. Ngalim. (2000). Psikologi pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Rapi, N Ketut. (2016). Pengaruh model pembelajaran dan jenis penilaian formatif terhadap hasil belajar ipa siswa SMPN? Cakrawala Pendidikan, XXXV (1), 70.

Rasyad. (2001). Teori belajar dan pembelajaran. Jakarta: Uhamka Press.

Reigeluth, Charles M. (1994). Instructional design theories and model. New Jersey: Lawrence Eribaun associates.

Robbins, Stephen P. (2000). Organizational behavior. New Jersey: Prentice Hall.

Rusyan. (1999). Psikologi pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Sardiman A. M. (2007). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Slameto. (2003). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Soedjadi. (1991). Mencari strategi pengelolaan pendidikan matematika menyongsong tinggal landas pembangunan Indonesia (Pidato Pengukuhan). Surabaya: IKIP Surabaya.

______. (1993). Menuju pendidikan nasional yang relevan dan bermutu. Jakarta: Balai Pustaka.

Sudirman, N. (1992). Ilmu pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suryabrata, Sumadi. (2007). Pengembangan alat ukur psikologi. Yogyakarta: Andi Offset.

Sutisna, O. (2000). Administrasi pendidikan: dasar teoretis untuk praktek profesional. Bandung: Penerbit Angkasa.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta: Departeman Pendidikan Nasional Republik Indonesia.

Whitmore, Jhon. (1997). Coaching forp permoncance. Purnomo. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Winkel, W. S. (1996). Psikologi pengajaran. Jakarta: Gramedia.

Wuryandani, W. Fathurrohman, dan Ambarwati, U. (2016).“Implementasi Pendidikan Karakter Kemandirian Di Muhammadiyah Boarding School”. dalam Cakrawala Pendidikan. Jurnal Ilmiah Pendidikan XXXV (2) hlm 213.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v7i2.10319

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).