PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI HABITUASI KEGIATAN INSTRAKURIKULER DAN EKSTRAKURIKULER PESERTA DIDIK MIN 1 ALOR
(1) 
(2) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pendidikan karakter agama dilaksanakan melalui kegiatan yang terjadi di dalam dan di luar kelas di MIN 1 Alor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, khususnya metode studi kasus. Pihak yang terlibat dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru kelas 4, 5, dan 6, siswa dari kelas-kelas tersebut, serta orang tua siswa. Metode yang digunakan meliputi pengamatan, wawancara, dan tinjauan dokumen. Pada tahap ini, para peneliti mengumpulkan informasi untuk penelitian mereka. Mereka mengumpulkan data primer dengan mengamati langsung situasi, perasaan, dan pengalaman nyata yang terjadi di sekolah-sekolah MIN 01 Alor. Wawancara mendalam dilkakukan dengan mewawancarai informan Dengan menggunakan pertanyaan terbuka, orang dapat mendapatkan tanggapan yang lebih rinci. Pada saat yang sama, data sekunder dikumpulkan dari dokumen, arsip, dan sumber-sumber terkait lainnya. yang berada di lingkungan sekolah MIN 01 Alor. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Penerapan pendidikan Karakter Religius melalui Habituasi Kegiatan Intrakurikuler dan Esktrakurikuler dapat berjalan dengan baik, lancer dan membuahkan hasil apabila semua komponen baik itu Kepala Sekolah, guru dan orang tua atau semua Stakeholdert terkait dapat bekerja sama, saling berkoordinasi dengan baik.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Abdussamad, Z. (2020). Metode Penelitian Kualitatif.
Aisyah, S. S. (2022). Religiusitas Anak Berkebutuhan Khusus (Studi Pada UPTD Pelayanan Dan Rehabilitas Sosial Penyandang Disabilitas Dinas Sosial Provinsi Lampung).
Akbar, M. A. (2011). Peranan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Dalam Pembentukan Akhlak di Kalangan Remaja.
Busthomi, Y. (2018). Faktor utama keberhasilan peserta didik dalam menguasai standar kompetensi. Jurnal Pusaka, 5(2), 71–87. https://ejournal.alqolam.ac.id/index.php/jurnal_pusaka/article/view/132
Citra, Y. (2012). Pelaksanaan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran. E-JUPEKhu (Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus), 1(1), 237–249.
Dahwadin, & Nugraha, F. S. (2019). Motivasi dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. 3, 73–84.
Daryanto, S. D. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Gava Media.
Fau, J. F., Mendrofa, K. J., Wau, M., & Waruwu, Y. (2023). Pendidikan Jendela Dunia. Jurnal Visi Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 69–77. https://doi.org/10.51622/pengabdian.v4i2.1350
Friyanti, B. G. (2020). Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Pembiasaan Berbasis Amalan Yaumoyah Dalam Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 3 Kartasura.
Hafid, U. D. (2018). Konsep Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 93–98. https://doi.org/10.29313/tjpi.v7i1.3428
Hardani, & others. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. UIN Sumatera Utara Repository. http://repository.uinsu.ac.id
Hasyim, M., & Najibah, A. (2022). Pembentukan Karakter Religius Siswa Berbasis Pembiasaan Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Di Madrasah. Journal of Education and Religious Studies, 2(2), 53–61.
Julaiha, S. (2014). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran. Dinamika Ilmu, 14(2), 226–239. https://doi.org/10.21093/di.v14i2.15
Putri, A. H., & Amaliyah, N. (2022). Peran Apresiasi Orang Tua Terhadap Pembentukkan Karakter Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(4), 7368–7376. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3520
Rofi’ie, A. H. (2017). Pendidikan Karakter Adalah Sebuah Keharusan. WASKITA: Jurnal Pendidikan Nilai Dan Pembangunan Karakter, 1(1), 113–128.
Sarosa, S. (2012). Penelitian Kualitatif: Metode Penelitian Kualitatif. Jurnal Equilibrium, 5, 1-7.
Setiawan, D. (2018). Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Budaya. JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study, 4(1), 62. https://doi.org/10.31289/simbollika.v4i1.1474
Sholihah, M. & Amaliyah, N. (2022). Peran Guru Dalam Menerapkan Metode Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 898–905. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2826
Siswanto, H. W. (2011). Pendidikan Karakter: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Implementasinya di Satuan Pendidikan. Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang.
Sugiyono, P. D. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v11i2.10139
Refbacks
- There are currently no refbacks.