Fotografi Komersial dalam Foto Potrait Fashion Vogue

Dzulya Istiqomah(1*), Maya Purnama Sari(2)

(1) 
(2) Universitas Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Perkembangan zaman yang semakin maju menuntut kita untuk melakukan inovasi yang selalu baru dari tiap generasinya. Banyak ide yang dpat dikembangkan serta dikolaborasikan sehingga menimbulkan penemuan yang baru, khususnya salam bidang fotografi. Fotografi kini sudah tidak terbatas dan dapat ditemukan dimanapun, seperti pada bidang fotografi komersial. Banyak sekali cakupn yang dapat dilihat pada fotografi komersial misalnya pada foto portrait yang selalu berkembang pada dunia fashion. Vogue merupakan suatu produk majalah yang terkenal di berbagai kalangan dunia, bahkan dapat dikatakan sebagai kiblatnya fashion di seluruh negeri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh fotografi komersil Vogue dengan model Blackpink sebagai foto portrait dalam dunia fashion. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan analisis semiotik dari Charles Sanders Peirce sehingga dapat mengetahui serta pemahaman dari penelitian ini.

Keywords


Fotografi Komersial; Potrait; Fashion; Vogue

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Barnard, Malcolm. 2010. “Fashion Statements: Communication and Culture.” In Fashion Statements On Style, Appearance, and Reality, 23–34. New York: Palgrave Macmillan. https://doi.org/10.1057/9780230115408.

Bull, Stephen. 2009. Photography. New York: Routledge.

Chaney, David. 2012. Lifestyles. New York: Routledge.

Clarke, Graham. 1997. The Photograph. Oxford: Oxford University Press.

Ibrahim, Idi Subandy. 2007. Budaya Populer Sebagai Komunikasi: Dinamika Popscape Dan Mediascape Di Indonesia Kontemporer. Yogyakarta: Jalasutra.

Irwandi, and M Fajar Apriyanto. 2012. Membaca Fotografi Potret: Teori, Wacana, Dan Praktik. Yogyakarta: Gama Media. https://books.google.co.id/books?id=_LSvmwEACAAJ.

Kriyantono, Rachmat, and S Jalaludin Rakhmat. 2006. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Moleong, Lexy J. 2018. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ritzer, George. 2005. Enchanting a Disenchanted World: Revolutionizing the Means of Consumption. Pine Forge Press.

Soedjono, Soeprapto. 2007. Pot-Pourri Fotografi. Jakarta: Universitas Trisakti.

Supangkat, Jim. 2005. Urban/Culture. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.

Tjin, Enche, and Erwin Mulyadi. 2014. Kamus Fotografi. Jakarta: Elex Media Komputindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v9i1.9924

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Dzulya Istiqomah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics