Perancangan Corporate Identity sebagai Media Pengenalan IKM Batik Tulis Mandangin

Yekti Asmoro Kanthi(1*), Rahmat Kurniawan(2), Aliyuddin Aliyuddin(3)

(1) STIKI Malang
(2) Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer dan Indonesia Malang
(3) Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer dan Indonesia Malang
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk merancang identitas perusahaan untuk meningkatkan kesadaran akan brand tersebut.  Batik Tulis Mandangin merupakan hasil karya masyarakat lokal dengan memanfaatkan alat sederhana dan pengambilan motif berorientasi pada alam sekitar. Batik Tulis Mandangin merupakan sebuah IKM Desa Pulau Mandangin yang harus dijaga dan dibangun untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Permasalahan yang terjadi pada industri ini adalah belum adanya identitas visual agar mudah dikenali oleh masyarakat luas. Sebagai upaya mengatasi permasalahan tersebut peneliti membuat sebuah perancangan corporate identity. Tahapan proses perancangan ini di antaranya (1) latar belakang masalah perancangan, (2) identifikasi, (3) analisis kesimpulan, (4) sintesis, (5) konsep perancangan, (6) konsep tata desain corporate identity, dan (7) desain final. Hasil penelitian menunjukkan bahwa logo yang tepat bagi IKM Batik Tulis Mandangin ialah dengan mengangkat nilai-nilai lokal dan sumber daya alam Pulau Mandangin berupa penggunaan warna-warna cerah dan bentuk dasar ombak, motif batik serta inisial M. Setelah logo dirancang, pengaplikasiannya pada media perlu diatur agar konsisten sehingga mudah dikenali, maka GSM dirancang. Media pendukung juga dibuat sebagai solusi atas permasalahan promosi pemasaran.

Keywords


perancangan; corporate identity; IKM batik tulis Mandangin; logo; media

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Argenti, Paul A. 2010. Komunikasi Korporat Edisi Lima. Translated by Putri Ailia Idris. kelima ed. Jakarta: Salemba Humanika.

Cholil, Akmal Musyadat. 2018. 101 Branding Ideas: Strategi Jitu Memenangkan Hati Konsumen. Anak Hebat Indonesia.

Darmaprawira, Sulasmi. 2002. Warna Teori dan Kreativitas Penggunaannya. Bandung: ITB.

Ishwara, Helen, Supriyapto Yahya, and Xenia Moeis. 2011. Batik Pesisir pusaka Indonesia: koleksi Hartono Sumarsono. Jakarta: KPG (Kepustakaan Populer Gramedia).

Julita, Rosella, P Gogor Bangsa, and Hen Dian Yudani. 2013. "Perancangan Logo & Corporate Identity Hotel Gowin Bali." Jurnal DKV Adiwarna 1 (2): 12. http://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/747.

Kimbal, Rahel Widiawati. 2015. Modal Sosial dan Ekonomi Industri Kecil: Sebuah Studi Kualitatif. Yogyakarta: Deepublish.

Listya, Ariefika. 2019. "Konsep dan pengunaan warna dalam infografis." Jurnal Desain 6 (01): 10-19. https://doi.org/10.30998/jurnaldesain.v6i01.2837.

Marijan, Kacung, and Nono Adya Supriyatno. 2013. Album Budaya 2013 : Batik Madura. edited by Idham Bachtiar Setiadi. Jakarta: Direktorat Jenderal Kebudayaan.

Muntazori, Ahmad Faiz, Ariefika Listya, and Muhammad Iqbal Qeis. 2019. "Branding Produk UMKM Pempek Gersang." Jurnal Desain 6 (03): 177-185. https://doi.org/10.30998/jd.v6i3.4252.

Paramita, Yunda, and Tri Cahyo Kusumandyoko. 2019. "Perancangan Corporate Identity Batik Tulis Tenggeran Kota Probolinggo." Jurnal Seni Rupa 7 (1): 1-10. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/va/article/view/26676.

Parmono, Kartini. 2013. "Nilai kearifan lokal dalam batik tradisional Kawung." Jurnal Filsafat 23 (2): 134-146. https://doi.org/10.22146/jf.13217.

Sanyoto, Sadjiman Ebdi. 2006. Metode perancangan komunikasi visual periklanan. Yogyakarta: Dimensi Press.

Sugiyono. 2014. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wheeler, Alina. 2009. Designing Brand Identity: an Essential Guide for The Entire Branding Team. Hoboken. 3rd ed. New Jersey: John Willey & Son.

Wijaya, Priscilia Yunita. 1999. "Tipografi dalam desain komunikasi visual." Nirmana 1 (1): 47-54. https://ojs.petra.ac.id/ojsnew/index.php/dkv/article/view/16040.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v8i2.8119

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Yekti Asmoro Kanthi, Rahmat Kurniawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics