Kajian Estetika Poster Tadanori Yokoo – 1965

Yayah Rukiah(1*)

(1) Pusat Penelitian Bidang Bahasa dan Seni Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Seni merupakan hasil proses dari manusia, semua hasil karya manusia, baik yang sengaja diciptakan dengan kesadaran keindahan ataupun tidak, semestinya memiliki nilai keindahan sekecil apa pun. Indonesia kaya dan terkenal akan keseniannya, salah satunya adalah seni rupa. Menurut C. Kluckhohn dalam Supartono berpendapat, bahwa kesenian merupakan salah satu unsur kebudayaan, yaitu salah satu dari tujuh unsur cultural universal. Seni rupa dilihat dari fungsinya dibedakan menjadi 2, yaitu seni rupa murni dan seni rupa terapan. Poster termasuk dalam seni rupa terapan 2 dimensi karena hanya memiliki panjang dan lebar. Poster salah satu alat untuk menginformasikan sesuatu pesan, protes, dan untuk mengiklankan suatu produk. Dalam penelitian ini saya menkaji salah satu contoh poster karya Yokoo Tadanori dengan menggunakan teori ikonografis dan ikonologis. Tadanori Yokoo desainer paling sukses dan terkenal di kalangan seniman grafis jepang dan internasional, beliau lahir pada tanggal 27 Juni 1936 di Nishiwaki, Prefektur Hyogo.


Keywords


seni rupa; tadanori yokoo; poster

Full Text:

PDF

References


Bungin, M, B. (2007). Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi Di Masyarakat. Jakarta: Kencana.

Sanyoto, S. E. (2010). Nirmana Elemen-elemen Seni dan Desain. Yogyakarya: Jalasutra.

Kartika, D.S. (2007). Estetika. Bandung: Rekayasa Sains Bandung.

Kusumohamidjojo, B. (2009). Filsafat Kebudayaan Proses Realisasi Manusia. Yogyakarta: Jalasutra.

Lee, M. & Carla J. (2007). Prinsip-prinsip Periklanan Dalam Perspektif Global. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Morissan, M.A. (2010). Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suyanto, M. (2004). Aplikasi Desain Grafis Untuk Periklanan Dilengkapi Sampel Iklan Terbaik Kelas Dunia. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Widyosiswoyo, S. (2007). Sejarah Seni Rupa Indonesia 1. Jakarta: Penerbit Universitas Trisakti.

Casande, S. (2010). Kajian Ikonografi Ragam Hias Parang Gerigi pada Batik Betawi. Jurnal Deiksis Vol 2 No. 2, Jakarta.

Supriyanto, E. | Kompas, 01 Agustus 2003 |http://www.kompas.com /kompascetak/0308/01/opini/459060.htm [deadlink]

http://www.printmag.com/Article/The-Incredible-Posters-of-Tadanori-Yoko

http://www.houseofjapan.com/local/tadanori-yokoo-museum-to-open-in-november-in-kobe




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnaldesain.v3i03.716

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Yayah Rukiah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics