Konsep Trep pada Wanda Semar Wayang Kulit Purwa Gaya Surakarta

Yayah Rukiah(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Dalam pewayangan Semar merupakan rokoh yang mempunyai pengaruh besar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan konsep pada wanda Semar terhadap lakon-lakon yang Semar lakukan. Penelitian ini berfokus pada wayang kulit purwa gaya Surakarta khususnya Semar. Semar dalam pewayangan memiliki lakon bersama Punakawan maupun lakon sendiri, pada setiap lakon Semar menggunakan wanda berbeda. Pada penelitian ini menggunakan metode studi literatur, dimana literatur yang didapat berupa buku, artikel jurnal dan rekaman pertunjukan pada media sosial khususnya tentang Semar yang akan ditelaah untuk mencari konsep antara lakon dan wanda Semar. Rekaman pertunjukan yang digunakan adalah lakon Laire Ismoyo dengan dalang KI Purbo Asmoro. Hasil dari penelitian ini adalah menemukan konsep antara lakon dan wanda Semar yang digunakan, dan konsep yang ditemukan yaitu konsep Trep atau kesesuaian. Konsep kesesuaian penggunaan wanda untuk peran tertentu pada lakon pertunjukan wayang tertentu pula, konsep ini disebut dengan trep. Disebut trep apabila peran wayang Semar dalam suatu lakon pewayangan menggunakan wanda yang sesuai dengan fungsi peran tersebut.


Keywords


wayang kulit; figur semar; lakon; wanda

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ahmadi, Agus. Kriya Wayang Kulit Purwa Gaya Surakarta Identifikasi Pola, Aneka Tatahan Dan Sunggingannya. ISI Press Surakarta, 2016.

Anisah, A. .. Kontruksi Sosial Nilai Psikologi Punakawan Semar Pada Masyarakat Jawa. 2008.

Brahim. Drama Dalam Pendidikan. Gunung Agung, 1968.

Dharsono. Estetika Nusantara. ISI Press Surakarta, 2015.

Hardjowirogo. Sejarah Wayang Purwa. PN Balai Pustaka, 1982.

Kresna, Ardian. Punakawan: Simbol Kerendahan Hati Orang Jawa. Narasi, 2012.

Kuwato. Tinjauan Pakeliran Padat Palguna Palgunadi Karya Bambang DS. 1990.

Mulyono, Sri. Apa Dan Siapa Semar. CV. Haji Masagung, 1989.

Pratama, Dendi. Wanda Figur Gatotkaca Dalam Pertunjukan Wayang Kulit Purwa Gaya Surakarta. ISI Surakarta, 2019.

Shadily, Hasan. Ensiklopedi Indonesia Jilid 1. Ichtiar Baru, 1980.

Solichin, et al. Ensiklopedi Wayang Indonesia Edisi Revisi Tahun 2017. Mitra Sarana Edukasi, 2017.

Sudarmanto. Kamus Lengkap Bahasa Jawa. Widya Karya, 2008.

Sudjiman, Panuti. Kamus Istilah Sastra. Gramedia, 1984.

Sunarto. Seni Gatra Wayang Kulit Purwa. Dahara Prize, 1997.

Suwarno, Bambang, et al. “Kajian Bentuk Dan Fungsi Wanda Wayang Kulit Purwa Gaya Surakarta, Kaitannya Dengan Pertunjukan.” Gelar Jurnal Seni Budaya, 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v7i3.6352

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Yayah Rukiah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics