PRODUKSI FILM ANIMASI SEBAGAI MEDIA KAMPANYE ANTI KEJAHATAN PERDAGANGAN MANUSIA

Rina Wahyu Winarni(1*), Winny Gunarti Widya Wardani(2)

(1) Pusat Penelitian Bidang Bahasa dan Seni Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Perdagangan manusia telah menjadi masalah yang sangat serius di Indonesia. Data PBB menyebutkan bahwa Indonesia menduduki peringkat kedua sebagai negara dengan tinggi kasus perdagangan manusia. Anak-anak PBB Dana Darurat juga mencatat sekitar 100 ribu perempuan dan anak diperdagangkan setiap tahun. Isu-isu ini menjadi dasar penelitian untuk merancang sebuah film animasi pendek sebagai strategi kreatif kampanye melawan perdagangan manusia. Tahapan penelitian meliputi perencanaan tujuan kampanye, strategi kreatif dalam desain animasi, target audiens, dan publikasi di media massa. Metode kualitatif dengan pendekatan semiotik digunakan untuk merumuskan film animasi rancangan yang dapat berhubungan dengan nilai-nilai sosial dan budaya masyarakat. Film animasi ini membangun kekuatan visualnya melalui penciptaan tema, narasi visual, ilustrasi, dan karakter yang didasarkan pada kisah nyata. Penelitian ini telah berhasil memproduksi sebuah film animasi pendek berjudul "Kisah Tiga Gadis Remaja" yang menggambarkan modus perdagangan manusia kejahatan yang dialami oleh tiga gadis remaja di Indonesia. Untuk publikasi awal film ini animasi digunakan media online. Tujuan dari produksi ini adalah untuk membantu mensosialisasikan dan mendorong kesadaran publik tentang masalah perdagangan manusia, khususnya bagi anak-anak dan perempuan muda di Indonesia.


Keywords


produksi; animasi; kampanye; perdagangan manusia

Full Text:

PDF

References


Ade Marboen, Ed. Indonesia Sumber Perdagangan Manusia. 21 Juli 2011. http://www.antaranews.com/berita/268274/indonesia-sumber-perdagangan-manusia. Diakses 16 Maret 2013.

David Wyatt. Memerangi Perdagangan Manusia Di Indonesia. Juli 2011. http://www.acicis.murdoch.edu.au/hi/field_topics/David_Wyatt.pdf. Diakses 17 Maret 2013.

Gunarti, Winny dan Winarni, Rina Wahyu. 2012. Visual Study of Animated Film Two Litlle Girls: A Creative Strategy of Communication Campaign. Abstract Proceeding on International Symposium: Combating Human Trafficking. 25-26 September 2012. FIKOM UNPAD-Monash University. Jatinangor. Hal.9.

Suprapto, Tommy. 2009. Pengantar Teori dan Manajemen Komunikasi. Yogyakarta: MedPress.

Windahl, Sven, Signitzer, Benno & Olson, Jean T. 2009. Using Communication Theory: An Introduction To Planned Communication, Second Edition. London-California-New Delhi-Singapore: Sage Publication.

Kusrianto, Adi. 2009. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Soewignjo, Santosa. 2005. Let’s Animate, Belajar Membuat Animasi 2 Dimensi. Bandung: Nexx Media.

Mintargo, Bambang S. 1997. Tinjauan: Manusia dan Nilai Budaya. Jakarta: Universitas Trisakti.

Fiske, John. 2007. Cultural and Communication Studies, Sebuah Pengantar Paling Komprehensif. Cetakan IV. Yogyakarta: Jalasutra.

Hutabarat, Melati, dkk. 2000. 24 Kreasi Kamar Remaja. Jakarta: PT. Niaga Swadaya.

Fallon, Pat & Senn, Fred. 2007. Juicing The Orange, Cara Mengubah Kreativitas Menjadi Keuntungan Bisnis yang Dahsyat. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Mulyani, Yani. 2010. Indramayu: Potret Suram dan Berpacu Melawan Trafficking. Jurnal Perempuan. Trafficking Dan Kebijakan. Edisi 68: 101.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnaldesain.v3i01.590

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Rina Wahyu Winarni, Winny Gunarti Widya Wardani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics