Analisis Narasi Visual Poster Asian Games 2018 Versi Panahan (Mel Ahyar)

Fadhly Abdillah(1*), Purmaningrum Maeni(2), Erna Nurmalinda(3)

(1) Universitas Pasundan, Bandung
(2) Universitas Pasundan
(3) Universitas Pasundan
(*) Corresponding Author

Abstract


Poster merupakan salah satu media konvensional yang sering digunakan untuk menyampaikan sebuah pesan, terutama dalam konsep periklanan, baik itu iklan produk, jasa maupun sebuah kegiatan. Asian games merupakan ajang olahraga wilayah Asia empat tahunan yang diselenggarakan di salah satu negara di Asia, yang pada aktivitasnya promosinya membutuhkan media, salah satunya adalah poster dalam menyampaikan informasi kegiatannya, baik itu sebelum berlangsung, ketika berlangsung, dan juga setelah kegiatan berlangsung. Tulisan ini membahas bagaimana analisis narasi visual dari poster Asian Games 2018 versi panahan. Dengan menggunakan pendekatan tinjauan desain, dan analisis narasi visual. Tinjauan desain dipakai sebagai metoda dalam memecah tahapan tahapan analisis, antara lain, deskripsi obyektif, analisis formal, interpretasi dan penilaian. Sedangkan narasi visual, yang merupakan cabang dari teori budaya visual digunakan sebagai pisau penelitian untuk menganalisis expectation, attention dan memory. Hasil analisis ini adalah pesan yang ingin disampaikan pada poster ini bahwa kita bangsa Asia pada umumya dan warga Indonesia pada khususnya merasa bangga dengan kekayaan budaya yang dimiliki, baik itu dalam hal fesyen, sejarah bahkan olahraga, dan harus terus melestarikan juga menjunjung tinggi.


Keywords


budaya visual; narasi visual; poster; periklanan; tinjauan desain;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Barnard, Malcom. Fashion as Communication. First edition, Routledge, 1996.

borobudurpark.com. "Borobudur: Inspiring Heritage." PT. Taman Wisata Candi http://borobudurpark.com/temple/borobudur/. Accessed 16 Desember 2019.

GanaIslamika. "Sarung (2): Model, Motif Dan Makna Filosofisnya." Gana Islamika 14 Januari 2018 https://ganaislamika.com/sarung-2-model-motif-dan-makna-filosofisnya/. Accessed 17 Desember 2019.

Piliang, Yasraf Amir. "Narasi Visual." Materi Perkuliahan, Institut Teknologi Bandung, 2019. Program Doktoral.

Saddoen, Arifin. "Sejarah Candi Borobudur, Asal Usul, Pendiri, Gambar Dan Penjelasannya." TheMoonDogies https://moondoggiesmusic.com/sejarah-candi-borobudur/. Accessed 17 Desember 2019.

Shimp, Terence A. Periklanan Promosi. translated by Revyani Sjahrial and Dyah Anikasari, ke-5 edition, Erlangga, 2000. Jilid 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v7i2.5832

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Fadhly Fadhly Abdillah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics