KAJIAN BRANDING PRABOWO DAN JOKOWI DALAM PEMILU PRESIDEN 2014
(1) Pusat Penelitian Bidang Bahasa dan Seni Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Artikel ini membahas tentang branding yang dilakukan oleh Prabowo dan Jokowi dalam pemilu presiden 2014. Penelitian dilakukan dengan mengkaji logo, tagline, dan website kedua calon presiden menggunakan metodologi visual dan analisis brand. Hasil penelitian menemukan adanya perbedaan antara branding yang dilakukan oleh Prabowo dan Jokowi. Perbedaan terlihat dari jenis tipografi, tata letak, dan gaya visual yang digunakan dalam logo dan website, serta pesan yang dimunculkan dalam tagline. Perbedaan ini memperlihatkan identitas visual yang berbeda di antara kedua calon presiden, Prabowo dengan branding yang memunculkan citra konservatif-elitis dan Jokowi dengan branding yang memunculkan citra modernis-merakyat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alejandro, Roberto. (1993). Hermeneutics, Citizenship, and the Public Sphere. New York: SUNY Press.
Bürdek, Bernhard E. (2005). DESIGN. History, Theory and Practice of Product Design. Frankfurt: Birkhäuser
Cronin, Anne M. (2000). Advertising and Consumer Citizenship. London: Routledge
Eisenman, Sara. (2006). Building Design Portfolios. Massachusetts: Rockport Publ.
Fridlund, Alan J. (1994). Human Facial Expression. London: Academic Press.
Kaid, Lynda Lee (ed.). (2004). Handbook of Political Communication Research. New Jersey: LEA Publ.
Kotler, Philip dan Pfoertsch, Waldemar. (2006). B2B Brand Management. Berlin: Springer.
Meyers, Herbert M. dan Gerstman, Richard (ed.). (2001). Branding @ the Digital Age. New York: Palgrave.
Schroeder, Jonathan E. (2002). Visual Consumption. London: Routledge.
Smith, Ken (et.al). (2005). Handbook of Visual Communication. New Jersey: LEA Publ.
Van Leeuwen, Theo dan Jewitt, Carey (ed.). (2001). Handbook of Visual Analysis. London: SAGE Publ.
Volk, Larry dan Currier, Danielle. (2010). No Plastic Sleeves: The Complete Portfolio Guide for Photographers and Designers. Oxford: Elsevier.
Antaranews.com. (2014, 14 Juli). 200 Juta Interaksi di Facebook Terkait Pilpres 2014. Diakses 10 Agustus 2014 dari http://kalbar.antaranews.com/berita/324539/200-juta-interaksi-di-Facebook-terkait-pilpres-2014.
H2g2.com. (2006, 12 Mei). The V-Sign. Diakses 14 Agustus 2014 dari http://h2g2.com/edited_entry/A11047132.
Huffingtonpost.com. (2013, 16 Desember). Why You Just Can't Help But Selfie. Diakses 14 Agustus 2014 dari http://www.huffingtonpost.com/2013/12/16/science-of-the-selfie_n_4435308.html.
Roymorgan.com. (2014, 1 Juli). Jokowi leads the way in most parts of Indonesia with a week to go. While women clearly favour Jokowi, men narrowly prefer Prabowo. Diakses 10 Agustus 2014 dari http://www.roymorgan.com/findings/5666-indonesian-presidential-election-age-gender-june-2014-201407010533.
Tabloidbintang.com. (2014, 10 Juni). "Debat Capres" dan "Catatan Hati Seorang Istri" Depak "Mahabharata" dan "Mahadewa" dari Top 5. Diakses 10 Agustus 2014 dari http://www.tabloidbintang.com/articles/film-tv-musik/ulasan/8714-debat-capres-dan-catatan-hati-seorang-istri-depak-mahabharata-dan-mahadewa-dari-top-5.
Time.com. (2014, 4 Agustus). Have You Ever Wondered Why East Asians Spontaneously Make V-Signs in Photos? Diakses 14 Agustus 2014 dari http://time.com/2980357/asia-photos-peace-sign-v-janet-lynn-konica-jun-inoue.
Citraan. (n.d.) dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Kamus versi online/daring (dalam jaringan). Diakses 8 September 2014 dari http://kbbi.web.id/citra.
Portofolio. (n.d.) dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Kamus versi online/daring (dalam jaringan). Diakses 8 September 2014 dari http://kbbi.web.id/portofolio.
Selfie. (n.d.) dalam Oxford Dictionaries Online. Diakses 8 September 2014 dari http://www.oxforddictionaries.com/definition/english/selfie.
Stilasi. (n.d.) dalam Glosarium Pengetahuan, Pengertian, Arti, Definisi, Kamus, Istilah Kata. Diakses 8 September 2014 dari http://glosaria.com/glosa/?id=Stilasi.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnaldesain.v2i01.570
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2014 Muhammad Iqbal Qeis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI
Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.