MENDISAIN BUKU JAJANAN DAN PERMAINAN POPULAR ERA ‘80’AN SEBAGAI IDENTITAS BUDAYA

Ria Choiriyah

Abstract


Jajanan dan permainan popular era ’80-an merupakan bagian dari identitas budaya karena kedua hal tersebut merupakan aktivitas budaya anak-anak dan remaja di zamannya. Ciri khas jajanan dan permainan ini selayaknya diketahui oleh generasi saat ini yang cenderung terbiasa dengan perlengkapan teknologi modern dan dunia orang dewasa. Secara kualitatif deskriptif, studi ini menjelaskan dan mendisain sebuah buku yang dapat menggambarkan tentang jajanan dan permainan popular era ‘80-an dengan memperhatikan prinsip-prinsip disain komunikasi visual dalam tampilan informasinya, serta elemen-elemen yang dapat menggambarkan identitas era ‘80 an melalui ilustrasinya. Buku ini diharapkan dapat menjadi referensi pelengkap tentang jajanan dan permainan era ‘80 an sebagai bagian dari kebudayaan masyarakat yang beberapa masih ada hingga saat ini.


Kata kunci: Jajanan, permainan, identitas budaya


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnaldesain.v1i02.558

Article metrics

Abstract views : 140 | Full Text views : 276

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Desain UNINDRA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

___________________________________________________________

Editorial Office:
Institute for Research and Community services
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View Jurnal Desain Statistics

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.