MENDISAIN BUKU JAJANAN DAN PERMAINAN POPULAR ERA ‘80’AN SEBAGAI IDENTITAS BUDAYA

Ria Choiriyah(1*)

(1) Pusat Penelitian Bidang Bahasa dan Seni Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Jajanan dan permainan popular era ’80-an merupakan bagian dari identitas budaya karena kedua hal tersebut merupakan aktivitas budaya anak-anak dan remaja di zamannya. Ciri khas jajanan dan permainan ini selayaknya diketahui oleh generasi saat ini yang cenderung terbiasa dengan perlengkapan teknologi modern dan dunia orang dewasa. Secara kualitatif deskriptif, studi ini menjelaskan dan mendisain sebuah buku yang dapat menggambarkan tentang jajanan dan permainan popular era ‘80-an dengan memperhatikan prinsip-prinsip disain komunikasi visual dalam tampilan informasinya, serta elemen-elemen yang dapat menggambarkan identitas era ‘80 an melalui ilustrasinya. Buku ini diharapkan dapat menjadi referensi pelengkap tentang jajanan dan permainan era ‘80 an sebagai bagian dari kebudayaan masyarakat yang beberapa masih ada hingga saat ini.




Keywords


jajanan; permainan; identitas budaya

Full Text:

PDF

References


Ambrose, Gavin dkk. 2005. Basics Design Layout. (UK): AVA Publishing.

Arifin, Syamsul dan Kusrianto, Adi. 2009. Sukses Menulis Buku Ajar & Referensi : Teknik dan Strategi Menjadikan Tulisan Anda Layak Diterbitkan. Jakarta: Grasindo.

Badudu, Yus dan Zain, Mohammad Sutan. 1994. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan

Baihaqi, Q. 2009. Gaul Jadul: Biar Memble Asal Kece – cet. 1. Jakarta: Gagas Media.

Baran, J Stanley. 2012. Pengantar Komunikasi Masa Melek Media dan Budaya. Jakarta: Erlangga.

Bugnin, Burhan. 2011. Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigman, dan Diskursus Tekhnologi di Masyarakat. Jakarta: Kencana.

Effendy, Onong Uchjana. 2003. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi – cet. 3. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.

Jameson, Daphne A. 2007. Reconceptualizing Cultural Identity and Its Role in Intercultural Business Communication, hal 207-208.

Koentjaraningrat. 2002. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: PT. Reineka.

Netwark, Quertin. 2002. What a graphic design?. Swiszerland: Roto Vision.

Pakar, dkk. 2000. Menjadi Penerbit : Para Praktisi Industri Penerbitan Buku di Indonesia Berbicara Mengenai Profesinya. Jakarta : IKAPI CABANG DKI JAKARTA.

Pujiriyanto. 2003. disain Grafis Komputer (Teori Grafis Komputer) -Ed. I. Yogyakarta: Andi.

Samovar, Larry, H, dkk. 2010. Komunikasi Lintas Budaya Edisi 7. Penerbit Salemba Humanika, Jakarta.

Setiawani, Mary Go. 2000. Menerobos Dunia Anak. Bandung: Yayasan Kalam Hidup.

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa, 2001. Kamus Besar Bahas indonesia/ed. 3 – cet. 1. Jakarta: Balai Pustaka.

Wong, Dona L, (et al.). 2008. alih bahasa Buku Ajar Keperawatan Pediatrik Wong, Ed. 6, Vol. 1. Jakarta : EGC.

http://permainantradisional.com, 20 Januari 2013

http://permainantradisionil.blogspot.com/, 24 Oktober 2012

http://megamenggila.wordpress.com, 24 Oktober 2012

http://duniarubiks.blogspot.com, 24 Oktober 2012

http://kedailapanpuluhan.blogspot.com, 24 Oktober 2012




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnaldesain.v1i02.558

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Ria Choiriyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics