Perancangan Majalah Digital Candi-Candi di Malang Raya Berbasis Infografis

Rahmat Kurniawan(1*), Saiful Yahya(2)

(1) Stiki Malang
(2) Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer Indonesia Malang
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk merancang infografis tentang beberapa candi di wilayah Malang berbasis digital berupa majalah infografis. Terdapat lima candi yang menjadi objek perancangan infografis meliputi; candi Singasari, candi Jago, candi Kidal, candi Badut dan candi Sumberawan. Variabel penelitian yang akan disajikan dalam infografis meliputi aspek Sejarah, Bentuk atau struktur, makna, dan fungsi pada candi. Metode perancangan majalah infografis meliputi 1) identifikasi permasalahan; 2) Pengumpulan data; 3) Analisa data; 4) Perancangan infografis; 7) Desain final. Pengumpulan data meliputi data pustaka dan data lapangan. Dalam proses perancangan meliputi dua aspek meliputi konsep perancangan dan desain visual. Sumber data yang akan digunakan dalam perancangan ini meliputi 1) data primer yang diperoleh dari hasil observasi, dokumentasi, dan wawancara dengan pakar sejarah atau informan yang memahami sejarah candi yang diteliti, dan 2) data sekunder yang diperoleh melalui literasi yang menunjang terkait candi yang diteliti. Hasil perancangan berupa informasi tentang intrepretasi berdasarkan sejarah, bentuk atau struktur, makna dan fungsi pada lima bangunan candi. dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa bangunan candi yang dianalisis merupakan peninggalan kerajaan Singasari. Selain itu candi dibangun pada masa dimana agama hindu menjadi agama yang dianut pada masa itu hal ini bisa dilihat dari bentuk candi dan cerita relief yang terdapat pada candi.


Keywords


infografis; majalah; candi; malang;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. "Kamus Besar Bahasa Indonesia". edited by Antom M. Moeliono, Balai Pustaka, 1988.

Glasgow, Dale and Dan Elasky. Information Illustration: Learn How to Create Imaginative Diagrams, Charts, Maps, and Symbols on the Computer. Addison-Wesley Longman Publishing Co., Inc., 1994.

Klokke, Marijke J. The Tantri Reliefs on Ancient Javanese Candi. vol. 153, KITLV Press, 1993.

Lankow, Jason et al. Infografis: Kedasyatan Cara Bercerita Visual. translated by Alex Tri Kantjono Widodo, Kompas Gramedia, 2014.

Primadia, Adara. "13 Candi Di Malang Jawa Timur Beserta Penjelasanya." SejarahLengkap.com https://sejarahlengkap.com/bangunan/candi-di-malang. Accessed 28 Mei 2019.

Resnatika, Ajeng et al. "Peran Infografis Sebagai Media Promosi Dalam Pemanfaatan Perpustakaan." Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, vol. 6, no. 2, 2018, pp. 183-196, doi:https://doi.org/10.24198/jkip.v6i2.15440.

Sanyoto, Ebdi Sadjiman. "Metode Perancangan Komunikasi Visual Periklanan. Yogyakarta." Dimensi Press, 2006.

Saptodewo, Febrianto. "Desain Infografis Sebagai Penyajian Data Menarik." Jurnal Desain, vol. 1, no. 03, 2014, pp. 193-198, https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Jurnal_Desain/article/view/563.

Soekmono, Roden. Pengantar Sejarah Kebudayaan Indonesia 2. Kanisius, 1973.

Tinarbuko, Isidorus Tyas Sumbo. Dekave: Desain Komunikasi Visual Penanda Zaman Masyarakat Global. CAPS, 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v7i2.5502

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 rahmat kurniawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics