Representasi Identitas Cilembu pada Desain Identitas Visual Es Krim UBIBU
(1) Program Studi Desain Komunikasi Visual School of Design Universitas Pelita Harapan
(*) Corresponding Author
Abstract
Artikel ini akan membahas sebuah proses perancangan yang dilakukan dalam konteks perkuliahan di Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Pelita Harapan. Perancangan yang dilakukan adalah perancangan sistem identitas visual terhadap produk es krim UBIBU, dimana produk tersebut menggunakan ubi Cilembu sebagai bahan dasarnya. Ubi Cilembu sendiri telah lama menjadi sebuah produk khas dari desa Cilembu, dimana keberadaan ubi tersebut dapat dikatakan sebagai identitas yang tidak terpisahkan dari Cilembu. Keunikan dari relasi antara ubi dan desa Cilembu sendiri diperkaya dengan adanya mitos mengenai seorang pangeran yang mengutuk selain Cilembu agar tidak dapat menghasilkan ubi semanis Cilembu. Dengan menggunakan mitos desa Cilembu sebagai konsep desain, desainer identitas visual es krim UBIBU ini mencoba untuk merepresentasikan identitas dari Cilembu dalam desainnya. Perancangan yang mengadopsi lima tahapan perancangan Alina Wheeler untuk branding ini menghasilkan sebuah sistem identitas visual yang komprehensif, yang kemudian diterapkan pada desain kemasan, desain media promosi dan desain merchandisenya. Hasil perancangan yang dibahas dalam artikel ini diharapkan dapat menjadi studi kasus dan referensi terhadap perancangan yang menggunakan identitas sebagai dasar perancangannya.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Bardell, David. "Being a Dynamic Brand." Creative Bridge 20 September 2017 https://www.creative-bridge.com/blog/being-a-dynamic-brand/.
Budianto, Arif. "Kenapa Ubi Cilembu Manis Hanya Ketika Ditanam Di Sumedang?" Sindonews.com, MNC Media, 19 Oktober 2018. https://daerah.sindonews.com/berita/1347558/174/kenapa-ubi-cilembu-manis-hanya-ketika-ditanam-di-sumedanghttps://daerah.sindonews.com/berita/1347558/174/kenapa-ubi-cilembu-manis-hanya-ketika-ditanam-di-sumedang.
DesaCilembu.com. "Mitos Ubi Cilembu Sumedang." DesaCilembu.com https://www.desacilembu.com/2014/08/mitos-ubi-cilembu-sumedang.html.
Dundes, Alan. "Defining Identity through Folklore." Journal of Folklore Research, 1984, pp. 149-152, https://www.jstor.org/stable/3814550?seq=1.
Expobia.id. "Cerita Mistis Di Balik Rasa Manis Ubi Cilembu Legenda." Expobia.id http://www.expobia.id/2017/02/cerita-mistis-di-balik-rasa-manis-ubi-cilembu-legenda-kenapa-ubi-cilembu-rasanya-manis.html.
Fenech, Rob. "Morphological Matrix." Robfenench.Co.Uk https://www.robfenech.co.uk/morphological-matrix/.
Hananto, Brian Alvin. "Identitas Visual Digital Brand Dalam Sosial Media." SENADA (Seminar Nasional Desain Dan Arsitektur), vol. 2, 2019, pp. 56-61. https://eprosiding.std-bali.ac.id/index.php/senada/article/view/105https://eprosiding.std-bali.ac.id/index.php/senada/article/view/105.
Hananto, Brian Alvin.. "Perancangan Identitas Visual Dan Desain Kemasan Produk Makanan (Studi Kasus: Fibble)." GESTALT, vol. 1, no. 1, 2019, pp. 77-94, doi:https://doi.org/10.33005/gestalt.v1i1.21.
Hananto, Brian Alvin.. "Tinjauan Karya Desain Poster Quotes Dalam Mata Kuliah Tipografi Dasar." Jurnal Desain, vol. 6, no. 03, 2019, pp. 195-206, doi:http://dx.doi.org/10.30998/jd.v6i3.3350.
Hidayat, Beni et al. "Characterization of Sweet Potato Flour (Ipomea Batatas L.) Var. Shiroyutaka and Assesment of the Potential as Alternative Carbohydrate Source for Food Product." Jurnal Teknologi dan Industri Pangan, vol. 18, no. 1, 2007, pp. 32-39, https://journal.ipb.ac.id/index.php/jtip/article/view/373.
JPNN. "Kang Emil Pengin Identitas Ubi Cilembu Terlindungi." JPNN.Com, PT. Jaringan Pemberitaan Nusantara Negeriku, 13 April 2018 2018. https://www.jpnn.com/news/kang-emil-pengin-identitas-ubi-cilembu-terlindungi?page=1https://www.jpnn.com/news/kang-emil-pengin-identitas-ubi-cilembu-terlindungi?page=1.
Jury, David. What Is Typography?(Essential Design Handbooks). RotoVision SA, 2006.
Kunjana, Gora. "Fasilitasi Hukum Hingga Modal, Identitas Ubi Cilembu Perlu Terlindungi." Investor Daily Indonesia, Berita Satu Media Holding, 13 April 2018 2018. https://investor.id/national/fasilitasi-hukum-hingga-modal-identitas-ubi-cilembu-perlu-terlindungihttps://investor.id/national/fasilitasi-hukum-hingga-modal-identitas-ubi-cilembu-perlu-terlindungi.
Landa, Robin. Graphic Design Solutions. 4th edition, Wadsworth Cengage Learning, 2011.
Mahmudatussa’adah, Ai. "Komposisi Kimia Ubi Jalar (Ipomoea Batatas L) Cilembu Pada Berbagai Waktu Simpan Sebagai Bahan Baku Gula Cair Chemical Composition of Cilembu Sweet Potato (Ipomoea Batatas L) at Various Storage Time as Raw Material of Liquid Sugar." Jurnal Pangan, vol. 23, no. 1, 2014, pp. 53-64, http://jurnalpangan.com/index.php/pangan/article/view/51.
May, Tom. "The Beginner's Guide to Flat Design." 10 Desember 2018 https://www.creativebloq.com/graphic-design/what-flat-design-3132112.
Oyserman, Daphna et al. "Self, Self-Concept, and Identity." Handbook of Self and Identity, edited by Mark R. Leary and June Price Tangney, 2nd edition, Guilford Press, 2012, https://books.google.co.id/books?id=fa4_5xN9c5wC.
Samara, Timothy. Design Elements: A Graphic Style Manual. Rockport Publishers, 2007.
Wheeler, Alina. Designing Brand Identity. 3rd edition, John Wiley & Sons, 2009.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v7i2.4460
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Brian Alvin Hananto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI
Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.