Merancang Buku Stippling dengan Gaya Ilustrasi Titik Hitam dan Putih

Adi Nuryono(1), Azhari Amri(2*)

(1) Pusat Studi Desain Komunikasi Visual
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Stippling lebih akrab dengan sebutan Pointilisme, jika pointilisme menggunakan pencampuran warna primer atau warna-warna cerah, stippling hanya menggunakan warna hitam dan putih. Stippling merupakan teknik gambar yang membentuk shading teratur dan bertahap untuk menciptakan suatu ilusi optik yang sangat benar dan nyata. Persepsi umum inilah yang menjadi tujuan penulis untuk kembali menempatkan teknik dan gaya stipling sesuai sebutan istilahnya. Teknik lukis Stippling ini dapat melatih kesabaran dan mampu mengontrol emosi seorang desainer grafis. Teknik lukis stippling juga memberikan kesan berbeda yaitu dengan cara di titik dan membaca gelap terang atau cahaya dalam pembuatannya, hal ini tentu berbeda dengan teknik proses menggambar pada umumnya, yang hanya menggunakan goresan, coretan, maupun sapuan kuas. Penyamaan Istilah Pointilisme sama dengan Stippling, tidak jarang terjadi di tingkat pelajar/mahasiswa bahkan praktisi hingga akademisi. Dengan menggunakan metode perancangan, penulis akan merancang buku gaya ilustrasi teknik wana hitam dan putih atau Stippling. Dengan hasil perancangan ini, setidaknya penulis mencoba mengembalikan istilah Stippling sesuai dengan proses teknik perancangannya.

Keywords


stippling; pointilisme; ilustrasi; desain.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Angiel, Cindy. Stippling with Layer – Three Style Tutorial” 03/ Stippling Tutorial. 2012, www.rainbowelephant.com/wp-content/.../2012/03/StipplingTutorial.pdf.

Deussen, Oliver, et al. “Floating Points: A Method for Computing Stipple Drawings.” Computer Graphics Forum, vol. 19, no. 3, Wiley Online Library, 2000, pp. 41–50.

Hagijanto, Andrian D. “Metode Dramatisasi Ilustrasi Pada Iklan Sebagai Wacana Budaya Kontemporer.” Nirmana, vol. 4, no. 1, 2004.

Hartanto, Deddi Duto. “Penggunaan Ilustrasi Sebagai Daya Tarik Pada Iklan Media Cetak.” Nirmana, vol. 3, no. 1, 2004.

Jafar, Aljuk. “Penciptaan Buku Ilustrasi Permainan Tradisional Sebagai Upaya Pelestarian Warisan Budaya Lokal.” Jurnal Art Nouveau, vol. 3, no. 1, 2014, pp. 65–73.

Kusmiati, Artini, et al. “Teori Dasar Desain Komunikasi Visual.” Jakarta: Djambatan, 1999.

Natadjaja, Listia. “Pengaruh Komunikasi Visual Antar Budaya Terhadap Pemasaran Produk Pada Pasar Ekspor Ditinjau Dari Warna Dan Ilustrasi Desain Kemasan.” Nirmana, vol. 4, no. 2, 2004.

Ratna, Nyoman Kutha. Metodologi Penelitian Kajian Budaya Dan Ilmu Sosial Humaniora Pada Umumnya. Pustaka Pelajar, 2010.

Witabora, Joneta. “Peran Dan Perkembangan Ilustrasi.” Humaniora, vol. 3, no. 2, 2012, pp. 659–67.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v6i3.3727

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Adi Nuryono, Azhari Amri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics