Penggunaan Celebgram (Celebrity Endroser Instagram) dalam Promosi Produk MD Clinic by MD Glowing Skin

Shara Natisa Muham(1*)

(1) Universitas Telkom
(*) Corresponding Author

Abstract


Para pelaku bisnis berlomba – lomba untuk mempromosikan produk dengan semenarik mungkin, salah satunya dengan melakukan promosi di sosial media dengan menggunakan celebrity endorser. Penggunaan jasa celebrity endorser di media sosial juga digunakan oleh MD Clinic by MD Glowing Skin. Sejak awal menggunakan media sosial Instagram MD Clinic by MD Glowing Skin langsung membuat sesuatu yang viral yakni dengan melalukan aktivitas promosi produknya dengan menggunakan jasa celebrity endorser dengan skala Nasional. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian mengenai Penggunaan Celebgram (celebrity endorser Instagram) dalam Promosi Produk MD Clinc by MD Glowing yang didasari dengan teori VisCAP Model dari John R. Rossiter. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan paradigma kontruktivis. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Penggunaan Celebgram (celebrity endorser Instagram) dalam promosi produk MD Clinic by MD glowing Skin mengevaluasi penggunaan celebrity endorser yang meliputi unsur visibility, credibility, attraction, dan power agar aktivitas kegiatan promosi produk MD Clinic by MD Glowing Skin dapat menarik dan memengaruhi konsumen untuk membeli produk.

Keywords


promosi; instagram; model viscap; selebriti endorser

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Alma, Buchari. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa, Edisi. Alfabeta, 2007.

Atmoko, Bambang Dwi. Instagram Handbook: Tip Fotografi Ponsel Iphone, Ipad & Android. Media Kita, 2012.

Bajari, Atwar. Metode Penelitian Komunikasi: Prosedur, Tren, Dan Etika. Simbiosa Rekatama Media, 2015.

Kertamukti, Rama. Strategi Kreatif Dalam Periklanan. PT Raja Grafindo persada, 2015.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. Manajemen Pemasaran. translated by Bob Sabaran, Index, 2006.

Nasrullah, Rulli. Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, Dan Sosioteknologi. Simbiosa Rekatama Media, 2016.

Shimp, Terence A. Periklanan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. 5th edition, Erlangga, 2003.

Suhandang, Kustadi. Manajemen, Kiat Dan Strategi Periklanan. 2nd edition, Penerbit Nuansa, 2016.

Suherman, Eman. Desain Pembelajaran Kewirausahaan. 2nd edition, Alfabeta, 2010.

Van Dijck, José and Thomas Poell. "Understanding Social Media Logic." Media and communication, vol. 1, no. 1, 2013, pp. 2-14, doi:http://dx.doi.org/10.17645/mac.v1i1.70.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v6i3.3430

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Shara Natisa Muham

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics