Studi komparasi video pembelajaran biologi di YouTube untuk Siswa SMA

Yuliani Yuliani(1*), Dianing Ratri(2)

(1) Institut Teknologi Bandung
(2) Institut Teknologi Bandung
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan video pembelajaran dari tiga kanal YouTube populer (Ted-Ed, Amoeba Sisters, dan Crash Course) dalam menyampaikan materi Biologi melalui pendekatan visualisasi dan digital storytelling, sekaligus menganalisis preferensi siswa SMA terhadap ketiga video pembelajaran tersebut. Penelitian ini menggunakan metode campuran, dengan analisis kualitatif berdasarkan teori representasi Bruner dan elemen digital storytelling, serta data kuantitatif yang dikumpulkan melalui kuesioner dari lima siswa SMA di wilayah Jabodetabek. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa video pembelajaran yang terdapat di kanal Amoeba Sisters paling sesuai dengan preferensi siswa SMA. Video pembelajaran ini disukai siswa berkat ilustrasi yang menarik, penggunaan warna-warna cerah, serta penyampaian materi yang disertai analogi dan karakter ekspresif, sehingga menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan. Penelitian ini menegaskan pentingnya elemen visual dan digital storytelling dalam mendukung pembelajaran multimedia, serta memberikan rekomendasi untuk pengembangan media pembelajaran berbasis YouTube yang lebih efektif.

Keywords


video pembelajaran; teori representasi Bruner; digital storytelling

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Audina, P. I., Suwastini, N. K. A., Jayantini, I. G. A. S. R., Dantes, G. R., & Rusnalasari, Z. D. (2022). Youtube Videos as Learning Media: A Review in EFL Contexts. IJET (Indonesian Journal of English Teaching), 11(2), 220–232. https://doi.org/https://doi.org/10.15642/ijet2.2022.11.2.220-232

Ázmi, M. T. F. B. K., Kian, N. T.-, & Rashid, F. N. (2023). Music Matters: The Role of Background Music in Improving Students’ Attention and Learning Outcomes. International Journal of Membrane Science and Technology, 10(3), 1898–1908. https://doi.org/10.15379/ijmst.v10i3.1849

Bruner, J. (1964). The Course of Cognitive Growth. American Psychologist, 19(1). https://doi.org/https://doi.org/10.1037/h0044160

Dreon, O., Kerper, R. M., & Landis, J. (2011). Digital Storytelling: A Tool for Teaching and Learning in the YouTube Generation. Middle School Journal, 42(5), 4–10. https://doi.org/10.1080/00940771.2011.11461777

Herutomo, A., Dhewanto, W., & Prasetio, E. A. (2023). Digital Storytelling for Environmental Education on YouTube: Findings from Social Forestry Context. Jurnal Manajemen Teknologi, 22(3), 267–281. https://doi.org/10.12695/jmt.2023.22.3.4

Hidayati, N. (2010). Sistem E-Learning Untuk Meningkatkan Proses Belajar Mengajar : Studi Kasus Pada SMA Negeri 10 Bandar Lampung. Jurnal Telematika MKom, 2(1), 70–75.

Jenkinson, J. (2018). Molecular Biology Meets the Learning Sciences: Visualizations in Education and Outreach. Journal of Molecular Biology, 430(21), 4013–4027. https://doi.org/10.1016/j.jmb.2018.08.020

Krisnawati, E., & Julianingsih, D. (2019). Efektifitas penggunaan video digital storytelling pada materi trigonometri di kelas X untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 5(2), 55–62. https://doi.org/https://doi.org/10.37058/jp3m.v5i2.888

Matsumoto, K. (2017). A review of Jerome Bruner ’ s educational theory : ???????? Jerome Bruner ????????. Journal of Nagoya Gakuin University; SOCIAL SCIENCES, 54(1), 129–146. http://doi.org/10.15012/00000941

Mayer, R. E., Fiorella, L., & Stull, A. (2020). Five ways to increase the effectiveness of instructional video. Educational Technology Research and Development, 68(3), 837–852. https://doi.org/10.1007/s11423-020-09749-6

Mulyaningsih, S. N. (2021). Pengaruh YouTube Terhadap Minat Belajar dan Pemahaman Konsep Biologi pada Peserta Didik Kelas X IPA di SMAN 1 Ciampel. TEACHER: Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru, 1(2), 204–209. https://doi.org/https://doi.org/10.51878/teacher.v1i2.764

Nisa, L. F. H., Purba, A. G. D., & Humae, K. N. P. (2022). Kajian Persepsi Visual pada Iklan Youtube Kitkat Minibreakvideo3 Kakatua: Mentok Pasti Berlalu. Jurnal Desain, 10(1), 143–153. https://doi.org/10.30998/jd.v10i1.13738

Poirier, T. I., & Wilhelm, M. (2014). Use of humor to enhance learning: Bull’s eye or off the mark. American Journal of Pharmaceutical Education, 78(2), 27. https://doi.org/10.5688/ajpe78227

Rinaldi, Ri. (2020). Youtube as Interactive Multimedia Learning Media in Increasing Learning Motivation. International Conference on Applied Science, Business and Humanity (ICo-ASCNITY). https://doi.org/10.4108/eai.1-11-2019.2293995

Saskia, M., & Setyaningsih, R. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Komputer Pada Materi Dimensi Tiga Sub Materi Proyeksi Untuk Siswa SMA Kelas X. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(5), 38–45. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v5n1.p%25p

Schramm, W. (1977). Big Media, Little Media: Tools and Technologies for Instruction. SAGE Publications.

Shoufan, A., & Mohamed, F. (2022). YouTube and Education: A Scoping Review. IEEE Access, 10, 125576–125599. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2022.3225419

Suzuki, H., & Heath, L. (2014). Impacts of humor and relevance on the remembering of lecture details. Humor: International Journal of Humor Research, 27(1), 87–101. https://doi.org/10.1515/humor-2013-0051

Udiani, N. K. I., & Kristiantari, M. G. R. (2021). Video Pembelajaran Pengenalan Lambang Bilangan Berbasis Teori Brunner untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 202. https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.34445




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v12i2.23840

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Yuliani Yuliani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics