Perancangan Character Merchandising Berbasis Kudapan Tradisional Indonesia

Indra Setiawan(1*), Frans Santoso(2), Devi Kurniawati Homan(3)

(1) Mahasiswa DKV Animasi, Universitas Bina Nusantara
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Dalam jurnal ini, penulis mengemas hasil riset yang dilakukan penulis, dalam rangka memenuhi kebutuhan informasi untuk perancangan desain karakter sebuah IP (intellectual property), yang bertemakan makanan khas Indonesia, tepatnya jajanan pasar dan kue-kue yang mulai sukar untuk ditemui dan mulai dilupakan oleh masyarakat modern di Indonesia. Melalui pembuatan dan pengembangan IP ini, penulis berharap masyarakat akan diingatkan kembali akan keberadaan makanan-makanan khas Indonesia tersebut.  Selain itu, penulis berharap melalui pengangkatan kembali salah satu bagian dari kebudayaan Indonesia ini, masyarakat akan terpicu untuk dapat mengingat kembali kebudayaan-kebudayaan Indonesia lainnya yang juga keberadaannya mulai terlupakan oleh masyarakat modern. IP yang dibuat oleh penulis akan memiliki output pertamanya dalam rupa mobile game, melalui media ini, yang tidak dapat dipungkiri merupakan salah satu sarana paling dekat dengan kehidupan masyarakat modern, karakter-karakter yang telah dikembangkan, akan lebih mudah diingat oleh masyarakat dan pesan yang ingin disampaikan oleh penulis pun akan tersampaikan melalui karakter-karakter IP di dalam mobile game tersebut. Setelah sukses melakukan pendekatan melalui mobile game tersebut, penulis akan menjaga hubungannya dengan target market melalui berbagai merchandising, yang diharapkan akan selalu melekat dalam setiap aspek kehidupan para target market dan membuat mereka selalu ingat dan semakin menyukai karakter-karakter tersebut.


Keywords


desain karakter; IP; jajanan pasar; kue; makanan tradisional; mobile game;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Colston, Cathrine (1990) Principles of Intellectual Property Law. Hlm. 335

World Intellectual Property Organization (1994) Character Merchandising. E-book

World Intellectual Property Organization, Savvy Marketing: Merchandising of Intellectual Property Rights, diakses pada tanggal 14 Januari 2018 dari http://www.wipo.int/sme/en/documents/merchandising_fulltext.html




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnaldesain.v5i03.2225

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Indra Setiawan, Frans Santoso, Devi Kurniawati Homan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics