Personal Branding Anies Baswedan Calon Presiden Indonesia 2024 Melalui Media Sosial Instagram

Atiek Nur Hidayati(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis personal branding Anies Baswedan, calon Presiden Republik Indonesia tahun 2024, melalui akun Instagramnya. Kampanye politik saat ini tidak hanya bergantung pada pertemuan tatap muka, tetapi juga memanfaatkan media sosial, khususnya Instagram. Dalam penelitian ini, akun Instagram Anies akan dianalisis dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan teori personal branding Peter Montoya yang terdiri dari delapan konsep utama. Konsep-konsep ini dianggap sebagai strategi untuk menciptakan citra positif di mata masyarakat. Hasil analisis menunjukkan bahwa akun Instagram Anies Baswedan menerapkan konsep utama personal branding dengan baik. Dalam unggahannya, terdapat konsistensi dan kejelasan dalam menyampaikan pesan. Anies Baswedan menunjukkan kesiapannya dalam membangun citra yang baik melalui penerapan konsep-konsep personal branding. Penggunaan Instagram sebagai alat untuk mengkomunikasikan pesan-pesan tersebut dapat dianggap sebagai strategi yang efektif, mengingat tingginya penggunaan media sosial dalam ranah politik modern. Personal branding Anies Baswedan di Instagram tidak hanya sekedar upaya untuk menciptakan citra positif, tetapi juga merupakan strategi yang dapat mendukung perolehan dukungan pemilih pada Pemilu 2024. Pendekatan ini mencerminkan transformasi kampanye politik ke era digital, di mana kehadiran dan citra kandidat dapat dipengaruhi secara signifikan oleh media sosial.

Keywords


kampanye politik; personal branding; Pemilu 2024

Full Text:

PDF

References


Amalia, A. N. (2021). Political Marketing dalam Pilkada:(Studi Kasus terhadap Kemenangan Pasangan Chaidir Syam dan Suhartina Bohari pada Pilkada Maros 2020) (Doctoral dissertation, Universitas Hasanuddin).

Coesemans, R., & De Cock, B. (2017). Self-reference by politicians on Twitter: Strategies to adapt to 140 characters. Journal of Pragmatics, 116, 37-50. https://doi.org/10.1016/j.pragma.2016.12.005

Deckers, E., & Lacy, K. (2017). Branding yourself: How to use social media to invent or reinvent yourself. Que Publishing.

Enli, G. S., & Skogerbø, E. (2013). Personalized campaigns in party-centred politics: Twitter and Facebook as arenas for political communication. Information, communication & society, 16(5), 757-774. https://doi.org/10.1080/1369118X.2013.782330

Haroen, D. (2014). Personal Branding. Gramedia Pustaka Utama.

Hidayati, A., Winarni, R., Pratama, D., & Nurfarkhana, A. (2019, June). Social Media Influencer in Wayang Performance: the Punakawan. In Proceedings of 1st Workshop on Environmental Science, Society, and Technology, WESTECH 2018, December 8th, 2018, Medan, Indonesia. https://doi.org/10.4108/eai.8-12-2018.2283899

Hidayati, F. R. (2021). Komunikasi Politik dan Branding Pemimpin Politik Melalui Media Sosial: A Conceptual Paper. Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi, 5(2), 145-161. https://doi.org/10.51544/jlmk.v5i2.2385

Hubeis, A. V., & Susanto, D. (2019). Strategi Komunikasi Politik Perempuan Dalam Meraih Kepemimpinan Daerah. Metacommunication; Journal of Communication Studies, 4(1), 95-113.

Junaidi, V., & Azeharie, S. (2021). Perbandingan Personal Branding Perempuan Kepala Daerah Tingkat II di Indonesia melalui Instagram. Koneksi, 5(1), 98-105. https://doi.org/10.24912/kn.v5i1.10174

Metz, M., Kruikemeier, S., & Lecheler, S. (2020). Personalization of politics on Facebook: Examining the content and effects of professional, emotional and private self-personalization. Information, Communication & Society, 23(10), 1481-1498. https://doi.org/10.1080/1369118X.2019.1581244

Montoya, P., & Vandehey, T. (2002). The personal branding phenomenon: realize greater influence, explosive income growth and rapid career advancement by applying the branding techniques of Michael, Martha & Oprah. Peter Montoya.

Muslimah, I. (2019). Strategi personal branding Ganjar Pranowo dengan nilai kearifan lokal di instagram dalam pilgub Jateng 2018 (Doctoral dissertation, Master Program in Communication Science).

Neuman, D. (2014). Qualitative research in educational communications and technology: A brief introduction to principles and procedures. Journal of Computing in Higher Education, 26, 69-86.

Rahyadi, I., Mardhatillah, A., Marta, R., & Zakirah, T. (2021, September). Personal and Political Correctness: A Content Analysis of Leading Politicians Instagram Account in Indonesia. In Proceedings of the 2nd Borobudur International Symposium on Humanities and Social Sciences, BIS-HSS 2020, 18 November 2020, Magelang, Central Java, Indonesia. https://doi.org/10.4108/eai.18-11-2020.2311632

Redlich-Amirav, D., & Higginbottom, G. (2014). New emerging technologies in qualitative research. The Qualitative Report, 19(26), 1-14.

Salam, O. D. (2020). Personal Branding Digital Natives di Era Komunikasi Media Baru (Analisis Personal Branding di Media Sosial Instagram). Business Economic, Communication, and Social Sciences Journal (BECOSS), 2(1), 19-30. https://doi.org/10.21512/becossjournal.v2i1.6070

Saputra, A. R. (2019). Effectiveness Of The Use Of Instagram Social Media On Personal Branding Joko Widodo In The First Voters 2019 Election. Widya Komunika, 9(2), 63-77. https://doi.org/10.20884/1.wk.2019.9.2.1746

Schawbel, D. (2015). Me 2.0: 4 steps to building your future. Diversion Books.

Susanto, E. H. (2013). Dinamika komunikasi politik dalam pemilihan umum. Jurnal Kajian Komunikasi, 1(2), 163-172. https://doi.org/10.24198/jkk.v1i2.6041




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v11i2.21907

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Atiek Nur Hidayati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics