Analisis strategi desain promo Shopee dalam menunjang pengalaman belanja online

Hans Faris Ebenhaez(1), Elizabeth Susanti(2*)

(1) Universitas Kristen Maranatha
(2) Universitas Kristen Maranatha
(*) Corresponding Author

Abstract


Aplikasi Shopee merupakan salah satu platform e-commerce yang banyak digunakan di Asia Tenggara, seperti Singapura, Malaysia, Indonesia, Thailand, Filipina, Vietnam, dan termasuk Taiwan. Aplikasi ini menyediakan pengalaman berbelanja  online yang mudah dan menarik.Penelitian ini menganalisis strategi visual dan desain promo Shopee seperti pop up, banner, Shopee live, dan home dalam mempengaruhi kenyamanan pelanggan. Dengan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif untuk menganalisa strategi visual dan desain promosi Shopee. Kebaruan penelitian ini adalah Shopee ternyata tidak hanya berfungsi sebagai e-commerce alat pemasaran, tetapi juga meningkatkan daya tarik dan loyalitas pelanggan. Hasil analisis menunjukkan bahwa strategi visual yang kreatif dan relevan aplikasi Shopee, berkontribusi secara signifikan terhadap pengalaman belanja online yang memuaskan dan interaktif.

Keywords


analisis; aplikasi; desain promo; pelanggan online; shopee

Full Text:

PDF

References


Afrianto, A. P., & Irwansyah, I. (2021). Eksplorasi kondisi masyarakat dalam memilih belanja online melalui Shopee selama masa pandemi covid-19 di Indonesia. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 10–29.

Ahdiat, A. (2023, October 11). Pengunjung Shopee makin banyak, bagaimana e-commerce lain? Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/10/11/pengunjung-shopee-makin-banyak-bagaimana-e-commerce-lain

Batey, I. (2002). Asian branding: A great way to fly. Prentice Hall.

Boyd, H. W. (2000). Manajemen pemasaran: Suatu pendekatan strategis dengan orientasi global. Jakarta: Erlangga.

Dominasi pasar e-commerce, Shopee unggul dari para pemain lain. (2023, June 26). CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20230626105528-97-966554/dominasi-pasar-e-commerce-shopee-unggul-dari-para-pemain-lain

Gunawan, E. S. (2018). Semiotic analysis of adapted advertising communication between China and Western Pepsi “rising” global advertising. Serat Rupa Journal of Design, 1(3), 475–495. https://doi.org/10.28932/srjd.v1i3.466

Gunawan, E. S., Yonatia, J., & Santoso, L. A. (2023). User interface design analysis of Tokopedia marketplace website. Jurnal Desain, 10(3), 595–604.

Handayani, D. F. R., Widowati, R., & Nuryakin, N. (2021). The influence of e-service quality, trust, brand image on Shopee customer satisfaction and loyalty. Jurnal Siasat Bisnis, 119–130.

Lupiyoadi, H., & Hamdani, A. (2006). Manajemen pemasaran jasa, Edisi Kedua. Jakarta: Penerbit Salemba Empat, 525.

Mbete, G. S., & Tanamal, R. (2020). Effect of easiness, service quality, price, trust of quality of information, and brand image of consumer purchase decision on shopee online purchase. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 5(2), 100–110.

Putri, W. K., & Pujani, V. (2019). The influence of system quality, information quality, e-service quality and perceived value on Shopee consumer loyalty in Padang City. The International Technology Management Review, 8(1), 10–15.

Rashad, M., Susanti, E., & Tjandra, M. (2022). Perancangan promosi museum batik Indonesia untuk generasi muda melalui instagram. Serat Rupa Journal of Design, 6(2), 204–219. https://doi.org/https://doi.org/10.28932/srjd.v6i2.4619

Roman, K., Maas, J., & Nisenholtz, M. (2005). How to advertise, membangun merek dan bisnis dalam dunia pemasaran baru. Jakarta: Elex Media.

Saiful. (2019). Pengaruh desain website dan kualitas informasi terhadap keputusan pembelian pada Lazada dengan presepsi kualitas produk sebagai variabel interventing. (Skripsi Sarjana, Universitas Islam Negeri Alauddin).

Shopee. (2023). Shopee. https://shopee.co.id/

Suhandang, K. (2005). Periklanan: Manajemen, kiat dan strategi. Bandung: Nuansa.

Supriyono, R. (2010). Desain komunikasi visual teori dan aplikasi. Yogyakarta: Andi




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v12i1.21317

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Hans Faris Ebenhaez, Elizabeth Susanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics