Anak Dalam Iklan: Tinjauan Etika Periklanan dalam TVC Selama Ramadhan 2023

Nurhablisyah Nurhablisyah(1*)

(1) Universitas Indrprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Ramadhan 2023 diselenggarakan pada akhir Maret hingga April 2023. Seperti bulan Ramadhan lainnya di negara dengan jumlah penduduk muslim yang besar, Ramadhan berarti peningkatan konsumsi dan penjualan. Kesempatan ini dimanfaatkan oleh pihak marketing dengan menyediakan iklan televisi (TVC) khusus Ramadhan. Karena keluarga dan anak-anak banyak mengkonsumsi barang-barang kebutuhan rumah tangga, maka banyak iklan yang menyertakan anak-anak sebagai daya tarik visualnya. EPI (Etika Pariwara Indonesia) 2020, telah mengatur tentang konten iklan. Setidaknya, ada 15 iklan yang menggunakan anak-anak dalam konten visualnya, baik sebagai pemeran utama maupun pemeran pendukung. Keberadaan anak sebagai pendukung pemasaran harus dipertimbangkan dengan matang, karena penelitian menunjukkan bahwa anak-anak Indonesia miskin literatur tentang tujuan iklan. Untuk itu, masyarakat, pemerintah, akademisi, dan industri periklanan harus bekerja sama secara sinergis untuk menyediakan lingkungan yang lebih baik bagi anak-anak. Dengan memperhatikan etika dalam beriklan dan bermedia secara bijak, serta memberikan lebih banyak literasi media kepada masyarakat, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran literasi dan menciptakan lingkungan yang ideal bagi generasi penerus bangsa.

Keywords


Etika Periklanan; Anak-anak; Ramadhan 2023

Full Text:

PDF

References


Alfiyan, A., & Rokhmah, A. M. (2018). Periodisasi Perkembangan Masa Kanak-kanak Awal. Periodisasi Perkembangan Masa Kanak-kanak Awal, 1-13.

Ali, M. (2009). The development of children's understanding of advertisements on television and the Internet in the UK and Indonesia (Doctoral dissertation, University of Sheffield).

Annisa, A., & Haryanti, D.M. (2023). Strategi Pemasaran Di Bulan Ramadan 2023, Meta Ungkap 6 Fakta Perilaku Konsumen Untuk Tingkatkan Penjualan. https://ukmindonesia.id/baca-deskripsi-posts/strategi-pemasaran-di-bulan-ramadan-2023-meta-ungkap-6-fakta-perilaku-konsumen-untuk-tingkatkan-penjualan.

Berman, D. (2009). Do Good Design. Edited by Michael Nolan. 1st ed. California: Nancy Aldrich-Ruenzel. https://davidberman.com/wp-content/uploads/DoGoodBermanForCh1Ch12Index.pdf.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications.

Curran, C. (2014). Summary Brief Children and Advertising : The Influence of Cognitive Development Models on Research Questions and Results. no. January 1998.

Daniera, D. (2023). Proyeksi Pertumbuhan Konsumsi Masyarakat Meningkat 5 Persen Di Ramadhan 2023.

Dianti, A. (2017). Iklan Layanan Masyarakat Pertamina di Televisi: Representasi Budaya Lokal Indonesia. JSRW (Jurnal Senirupa Warna), 5(2), 113-119. https://doi.org/10.36806/jsrw.v5i2.13

Faqir, A. A. (2023). Belanja Iklan Digital Asia Tumbuh 5 Kali Lipat, Belanja Online Teratas. https://www.liputan6.com/bisnis/read/5334819/belanja-iklan-digital-asia-tumbuh-5-kali-lipat-belanja-online-teratas?page=3.

Hackley, C. (2014). Introducing Advertising and Promotion. Advertising and Promotion: Communicating Brands, 1–24. https://doi.org/10.4135/9781446278789.n1

Hakim, L., & Monalisa, O. (2022). Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Iklan Pocari Sweat Versi Ramadhan 1442 H. Mediakita, 6(2), 133-146. https://doi.org/10.30762/mediakita.v6i2.451

Indonesia, D. P. (2020). Etika Pariwara Indonesia. Jakarta: Dewan Periklanan Indonesia.

Indonesia, P. R. (2006). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak.

Jatmiko, L. D. (2023). “Jumlah Penonton Digital Makin Banyak, Kemenkominfo Optimistis ASO Rampung Agustus 2023 Artikel Ini Telah Tayang Di Bisnis.Com Dengan Judul ‘Jumlah Penonton Digital Makin Banyak, Kemenkominfo Optimistis ASO Rampung Agustus 2023.’” 2023. https://teknologi.bisnis.com/read/20230724/101/1677629/jumlah-penonton-digital-makin-banyak-kemenkominfo-optimistis-aso-rampung-agustus-2023

Kinsey, J. (1987). The use of children in advertising and the impact of advertising aimed at children. International Journal of Advertising, 6(2), 169-175.

Mediana. (2023). Belanja Iklan Televisi Masih Belum Pulih. https://www.kompas.id/baca/ekonomi/2023/08/11/pemulihan-belanja-iklan-televisi-masih-jadi-tantangan.

Mutmainnah, Nina, Eriyanto, Tribowo, W., and Salamah, U. (2020). Riset Khalayak Penonton Televisi. no. November: 1–342.

Nugraha, A. R., Subekti, P., & Bakti, I. (2017). Komunikasi Agama dalam Iklan Ramadhan 2017 Versi PT. Djarum. MediaTor (Jurnal Komunikasi), 10(2) 243–56. https://doi.org/10.29313/mediator.v10i2.2745

Nurhablisyah, N. (2021). Analisis Elemen Visual Kemasan Indomie Goreng Edisi Ramadhan dalam Tinjauan Komunikasi Pemasaran. GANDIWA Jurnal Komunikasi, 1(1), 1-11. http://www.journal.unindra.ac.id/index.php/gandiwa/article/view/692

Ramadhan, Iklan Bulan. (2023). Kumpulan Iklan Di Bulan Ramadhan Edisi 2023. https://www.youtube.com/watch?v=Q03alzPsxJw

Riangga, A., Nurulloh, M., & Wibaselpa, A. (2023, August). Pengaruh Iklan Sinematik Terhadap Keputusan Pembelian Dan Brand Awareness Pada Sirup Marjan. In Prosiding Seminar Nasional Darmajaya (Vol. 1, pp. 151-161).

Santosa, S. (2009). Creative Advertising. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sungkar, S. A. (2021). Hermeneutika dan Perannya dalam Ilmu Sosial-Budaya. Dekonstruksi, 1(01), 96-108. https://jurnaldekonstruksi.id/index.php/dekonstruksi/article/view/28

Sari, R. T. P. (2015). Ketika Anak Berbicara Untuk Iklan Di Media Televisi. KOMUNIKOLOGI: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 12(2).

UU No.9 Tahun. 2018. “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 1999 Tentang Pengesahan ILO Convention No.138 Concerning Minimum Age for Admission To Employment (Konvensi ILO Mengenai Usia Minimum Untuk Diperbolehkan Bekerja).” Demographic Research, no. 1: 4–7.

Mani, V. (2014). Advertising to Kids–Rationales & Issues. Research Journal of Social Science and Management, 4(8), 131-137.

Watie, E. D. S. (2013). Iklan dan Penggunaan Model Anak-Anak. Jurnal The Messenger, 5(2), 14-17. https://doi.org/10.26623/themessenger.v3i2.270

Yogatama, B. K. (2023). Pakaian Dan Aksesori Paling Banyak Dibeli Di Ramadhan 2023. https://www.kompas.id/baca/ekonomi/2023/04/08/pakaian-dan-aksesoris-jadi-barang-yang-paling-sering-dibeli-di-bulan-ramadan-2023.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v11i2.21236

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nurhablisyah Nurhablisyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics