Buku ilustrasi jam weker birus sebagai media edukasi manajemen waktu untuk anak usia 6-8 tahun
(1) 
(2) Universitas Dinamika
(*) Corresponding Author
Abstract
Penilaian hasil belajar siswa merupakan sebuah indikator penting untuk mengukur keberhasilan proses belajar. Manajemen waktu belajar dengan hasil belajar yang akan dicapai siswa memiliki hubungan yang signifikan. Oleh karena itu, manajemen waktu harus diajarkan sejak dini kepada siswa, salah satunya adalah melalui media pembelajaran inovatif yaitu buku ilustrasi. Hasil observasi dan wawancara ditemukan bahwa masih terdapat kekurangan media pembelajaran yang inovatif dan menarik mengenai manajemen waktu yang diperuntukkan kepada anak-anak. Perancangan buku ilustrasi “Jam Weker Birus” ini menggunakan metode penelitian campuran yang melalui dua tahap, yaitu tahap persiapan dan tahap perancangan. Pada tahap persiapan terdapat beberapa tahapan, diantaranya pengumpulan data, analisis 5W+1H, serta sintesis. Sedangkan tahap perancangan terdiri dari pra-produksi, produksi, dan pasca produksi. Melalui media pembelajaran berupa buku ilustrasi ini diharapkan dapat membuat anak-anak dapat memahami konsep manajemen waktu sehingga dapat mengoptimalkan penggunaan waktu dengan baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alexander, J., Pangestu, D. R., Nicolas, F., & Hakim, L. (2020). Penerapan genetic neural network dalam pemilihan color palette untuk desain skema warna. CogITo Smart Journal, 6(2), 284-297.
Fischer, C. (2001). Read this paper later: procrastination with time-consistent preferences. Journal of Economic Behavior & Organization, 46(3), 249-269.
Gea, A. A. (2014). Time management: Menggunakan waktu secara efektif dan efisien. Humaniora, 5(2), 777-785. https://doi.org/10.21512/humaniora.v5i2.3133
Gunawan, I. (2013). Metode Penelitian Kualitatif.: Teori dan Praktik. PT. Bumi Aksara.
Hasbullah. (2017). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan (13th ed.). Raja Grafindo Persada.
Ibda, F. (2015). Perkembangan kognitif: teori jean piaget. Intelektualita, 3(1).
Narbuko, C., & Achmadi, A. (2010). Metode Penelitian. Bumi Aksara.
Natali P. A. (2012). Perancangan Buku Ilustrasi Sejarah Musik Keroncong. Diakses melalui: http://digilib.its.ac.id/public/ITS-Undergraduate-24159-3404100104-Chapter1.pdf. pada Kamis, 6.
Noviadji, B. R., & Hendrawan, A. (2021). Perancangan buku ilustrasi sebagai media pengenalan bidang keilmuan desain. Jurnal Desain, 8(2), 103-121. https://doi.org/10.30998/jd.v8i2.7930
Nurrachman, A., S. (2021). Hubungan Manajemen Waktu Belajar Dengan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Iv Sd. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2013–2015.
Pada, A. (2021). Pengaruh Pola Asuh Orangtua Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5 (2), 375–386.
Pradana, A. P., & Masnuna, M. (2021). Ilustrasi Buku Ensiklopedia Burung Rangkong Di Indonesia. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 7(01), 28–43. https://doi.org/10.33633/andharupa.v7i01.3537
Pramitasari, L. D. (2020). Determinan Kejadian Unmet Need Pada Pasangan Usia Subur. http://poltekkesjogja.ac.id
Sandra, K. I. (2013). Manajemen waktu, efikasi-diri dan prokrastinasi. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 2(3), 217–222.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v11i3.19769
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Krissanti Anggi Utami, Fika Khoirun Nisa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI
Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.