Pengembangan Multimedia Pembelajaran Tata Rias Wajah Korektif

Maya Masitha Astriani(1*)

(1) LPPM Unindra
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan multimedia pembelajaran tata rias wajah korektif yang layak digunakan dalam proses pembelajaran, (2) mengetahui efektivitas produk multimedia pembelajaran tata rias wajah korektif dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan Dick, Carey dan Carey, dan model CAI. Prosedur pengembangan multimedia meliputi tahap desain, pengembangan dan evaluasi. Teknik analisis data untuk uji coba produk menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian sebagai berikut. (a) Multimedia yang dikembangkan dinilai layak digunakan dalam pembelajaran ditinjau dari aspek media dan materi. Kelayakan tersebut dapat dilihat dari skor penilaian ahli media 3,54 dengan kategori baik dan skor ahli materi 3,60 dengan kategori baik. (b) Multimedia pembelajaran tata rias wajah korektif dinilai efektif karena dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan. Hal ini dibuktikan melalui hasil nilai pre-test aspek kognitif dengan rata-rata nilai 53,13 dan nilai post-test dengan rata-rata nilai 80,62. Hasil nilai pre-test ranah psikomotorik dengan rata-rata nilai 76,72 dan nilai post-test dengan rata-rata nilai 81,01.


Keywords


multimedia; pembelajaran; tata rias wajah korektif

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2005). The Systematic Design of Instruction, Sixth Edition. Boston: Pearson.

Hannafin, M. J. & Peck, K. L. (1988). The Design, Development, and Evaluation of Instructional Software. New York: Macmillan Publishing Company.

Miarso, Y. (2004). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Republik Indonesia. (2003). Undang-undang RI Nomor 20 tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Sadiman, A., Rahardjo, Haryono, A., dan Rahardjito. (2009). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Smaldino, S. E., Lowther, D. L. dan Russel, J. D. (2008). Instructional Technology and Media for Learning 9th ed. Upper Saddle River, New Jersey: Pearson Education, Inc.

Sukardjo. (2008). Hand Out Materi Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Jurusan Teknologi Pembelajaran, Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta.

Supiani, T. (2013). Silabus Perkuliahan Tata Rias Wajah Korektif. Program Studi Tata Rias Universitas Negeri Jakarta.

Vaughan, T. (2006). Multimedia: Make It Work. Osborn: McGraw-Hill.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnaldesain.v4i03.1865

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Maya Masitha Astriani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics