Representasi Makna Bias Gender pada Iklan Gofood Seri Ibu Sedang Sibuk (2021)

Yuni Zaharani(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Iklan merupakan salah satu media promosi efektif untuk memasarkan produk dan jasa kepada calon konsumen. Iklan juga dapat menjadi media yang memuat makna. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui makna bias gender pada iklan GoFood Seri Ibu sedang Sibuk (2021) dan melihat apakah iklan ini masih melanggengkan stereotip gender perempuan pada budaya patriarki. Pendekatan kualitatif dengan metode semiotika Roland Barthes digunakan dalam penelitian ini. Temuan dari penelitian menunjukkan bahwa iklan GoFood Seri Ibu sedang Sibuk (2021) memuat makna bias gender berupa stereotip pekerjaan domestik milik perempuan bukan milik laki-laki, perempuan harus serba bisa, laki-laki lebih superior dari perempuan, perempuan bertanggung jawab menyediakan makanan untuk keluarga, dan subordinasi perempuan. Namun iklan ini tidak mengeksploitasi kemolekan tubuh perempuan sebagai daya tarik seksual.


Keywords


Representasi; Bias Gender; Iklan

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Astuti, Tri Marhaeni Puji. 2011. Konstruksi Gender dalam Realitas Sosial. Semarang: Unnes Press.

Bhakti, Aditya Dwi Putra. 2020. Mistifikasi Bias Gender Pada Iklan Komersial untuk Pasar Muslim di Indonesia. Komunitas: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam. Vol. 11 (2): 65-84 https://doi.org/10.20414/komunitas.v11i2.2673

Budiman, Kris. 2011. Semiotika Visual (konsep, isu, dan problemikonisitas). Yogyakarta: Penerbit Percetakan Jalasutra.

Faqih, Mansour. 2010. Analisis Gender dan Transformasi Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Haryati. 2012. Konstruktivisme Bias Gender Dalam Media Massa Konstruktivisme Bias Gender Dalam Media Massa. Jurnal Observasi Vol. 10 (1): 42-56. https://jurnal.kominfo.go.id/index.php/observasi/article/view/76

Setiyaningsih, Sri Isnani. 2015. "Bias gender dalam verba: Sebuah kajian leksikon dalam bahasa inggris." Sawwa: Jurnal Studi Gender 11 (1): 25-50. https://doi.org/10.21580/sa.v11i1.1445

Kotler, Philip dan Garry Armstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Lawendantu, Ica. 2022. Iklan Go-Food Ibu Sedang Sibuk. Video Youtube. https://youtu.be/-CGP9wlVwpk

Listiani, Endri. 2015. Bias Gender dalam Sinetron TV. Jakarta: Fakultas Ilmu Komunikasi. Universitas Mercu Buana

Moleong, Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Morissan. 2010. Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta : Penerbit Kencana.

Natalica Athana, Dianing Ratri, dan Fathima Assilmia. 2022. Analisis Representasi Budaya Lokal Pada Iklan Gojek Seri Cerdikiawan (2019). Jurnal Komunikasi Visual Wimba 13 (1): 30-45. https://journals.itb.ac.id/index.php/wimba/article/view/18548

Pinem, Saroha. 2009. Kesehatan Reproduksi dan Kontrasepsi. Jakarta: Trans Media.

Sewakkotama, Ananda Ditya. 2012. Representasi Bias Gender Pada Iklan Sabun Khusus Perempuan. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Syafe’i, Imam. 2015. Subordinasi Perempuan dan Implikasinya Terhadap Rumah Tangga. ANALISIS: Jurnal Studi Keislaman, Volume 15 (1): 143-166. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/analisis/article/view/716

Triwardhani, Ike Junita, Endri Listiani, dan Raditya Pratama Putra. 2021. Peran Perempuan dalam Iklan Televisi di Indonesia-Malaysia. Jurnal Common, 5 (1): 12-24, https://doi.org/10.34010/common.v5i1.4675

Vera, Nawiroh. 2014. Semiotika dalam Riset Komunikasi. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia

Widodo, Siely Juliana. 2019. Analisis Faktor Pendorong Penggunaan Layanan Jasa Go-Food. Skripsi. Unika Soegijapranata Semarang.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v10i3.17756

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Yuni Zaharani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics