Skema Perancangan Wayfinding – Signage bagi Desain Komunikasi Visual

Mochamad Ficky Aulia(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Desain Informasi merupakan salah satu pondasi dasar dalam keilmuan Desain Komunikasi Visual. Muatan materinya memiliki tingkat kegunaan yang tinggi baik di tingkat isu kuantitatif maupun kualitatif. Di antara tersebut salah satu muatannya adalah Desain Wayfinding atau terkenal dengan istilah Environtmental Graphic Design (EGD), yang juga menurunkan klasifikasi Signage di dalamnya. Eksklusivitas keilmuan ini terletak bagaimana ia memerankan informasi melalui serangkaian teks dan simbol visual (berupa ikon) namun terkemas dalam penyederhanaan bentuk hingga mencapai tingkat efektivitas bagi para pengakses. Di dalam konteks tujuan yang lebih besar, EGD sekaligus berkemampuan untuk menghadirkan suatu nilai citra yang dibutuhkan oleh lembaga terkait dalam menerapkan identitas visual di dalam unsur informasinya. Melalui metode kualitatif dan pendekatan problem based learning yang dilakukan secara berjenjang dan konsisten selama tiga tahun, tulisan ini merupakan hasil dari penelitian dalam pembelajaran yang berbuah suatu metode yang dibutuhkan secara general namun sekaligus adaptif bagi para peserta didik, di dalamnya memuat penjelasan spesifik dari apa yang telah dirancang oleh penulis mengenai sebuah skema perancangan wayfinding. Skema yang termaksud yaitu mengenai sebuah upaya penulis dalam menerapkan sebuah alur sistematis proses terkait wayfinding yang diperuntukkan bagi para peserta didik DKV, yang di dalamnya diperoleh dari hasil pengadaptasian pola Design Thinking, 5W2H, dan metode yang digunakan oleh Chriss Calori & Vanden.

Keywords


Desain Komunikasi Visual; Design Thinking; Desain Grafis Lingkungan; Skema Perancangan; Wayfinding

Full Text:

PDF

References


Armayuda, E., & Lahandi, B. (2022). Desain Informasi. Vol. 2. Trilogi Press, Universitas Trilogi.

Arthur, P., & Passini, R. (1992). Wayfinding: people, signs, and architecture.

Buzan, T. (2012). Buku Pintar Mind Map. Edisi ke 10. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Calori, C., & Vanden-Eynden, D. (2015). Signage and wayfinding design: a complete guide to creating environmental graphic design systems. John Wiley & Sons.

Dodge, M., Kitchin, R., & Perkins, C. (Eds.). (2011). The map reader: theories of mapping practice and cartographic representation. John Wiley & Sons.

Farr, A. C., Kleinschmidt, T., Yarlagadda, P., & Mengersen, K. (2012). Wayfinding: A simple concept, a complex process. Transport Reviews, 32(6), 715-743.

Gibson, D. (2009). The wayfinding handbook: Information design for public places. Princeton Architectural Press.

Indrawijaya, S., & Siregar, A. P. (2022). Peningkatan Kreativitas melalui Penerapan Pembelajaran Team Based Project pada Mata Kuliah Desain Komunikasi Visual. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 12(1), 268-273.

Katz, J. (2012). Designing information: Human factors and common sense in information design. John Wiley & Sons..

Nurfitriyanti, M. (2016). Model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(2).

Pasaribu, Y. M. (2019). Dasar Pengadaan Dan Pengelolaan Jasa Desain di Indonesia. Badan Ekonomi Kreatif, Deputi Riset, Edukasi dan Pengadaan. Jakarta.

Poerwati, C. E., Cahaya, I. M. E., & Suryaningsih, N. M. A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Eksperimen Sederhana dalam Pengenalan Sains Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1472-1479.

Poulin, R. (2012). Graphic design and architecture, a 20th century history: a guide to type, image, symbol, and visual storytelling in the modern world. Rockport Publishers.

Rustan, S. (2021). LOGO 2021. Jakarta: Nulis Buku Jendela Dunia.

Sachari, A., & Sunarya, Y. Y. (2000). Pengantar Tinjauan Desain Eco Design: Eksplorasi Dan Aplikasi Material Bahan Pandan Berduri Untuk Mendukung Ekonomi Kreatif Kriya Seni Dan Pariwisata Di Pangandaran View Project Creative Economy View Project. https://www.researchgate.net/publication/306012610

SEGD. (2014). Signage. Segd.Org. March 28, 2014.

Sofyan, E., & Mulana, S. (2021). Redefinisi Desain - Menghubungkan Makna Desain Degan Mental Berinovasi. Diedit oleh Hendro Prayitno.

Sulistyaningsih, L. S., Indonesaia, U. P., & Pengertian, A. (2005). Teori skema.

Yuwono, A., & Indragit, R. E. (2020). “Pengantar Konsep Dasar- Design Thinking.” In Pengantar Konsep Dasar- Design Thinking, Diedit oleh Marcella Kika, 1st ed., 77. Yogyakarta: ANDI.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v11i2.17695

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Mochamad Ficky Aulia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics