Perancangan Video Klip Animasi Band Nightfall Dengan Pesan Anti Pembajakan Musik Digital

Fairus Iqbal Muhamad(1*), Anung Rachman(2)

(1) 
(2) Institut Seni Indonesia Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Perkembangan cara dan pola konsumsi musik menuju digital menimbulkan resiko yang juga berkembang. Salah satu diantara resiko tersebut adalah lebih mudahnya laku pembajakan musik digital. Gagasan dari karya ilmiah ini adalah bagaimana video klip musik yang berbasis animasi 2D dapat digunakan sebagai media komunikasi visual atau menyampaikan pesan tertentu, yang dalam hal ini adalah pesan anti pembajakan musik. Lagu yang digunakan berjudul ‘Gluttony’ milik kelompok musik underground beraliran hardcore dengan nama Nightfall yang berasal dari Pekalongan, Jawa Tengah. Latar belakang band ini dipilih mengingat karakter skena musik underground yang tidak terlalu besar namun militan dan kuat dalam dukungan antar satu dengan lainnya. Karya ini dikategorikan sebagai penelitian terapan yang bersifat memberikan solusi atas permasalahan tertentu secara praktis, tidak berfokus pada pengembangan sebuah ide, teori, atau gagasan, namun lebih berfokus pada penerapannya dalam masalah di kehidupan sehari-hari. Metode yang digunakan adalah metode desain Eric Karjaluoto dan didukung oleh metode pengumpulan data kualitatif, metode analisis SWOT serta metode perancangan animasi 2D. Video yang sudah dihasilkan kemudian ditayangkan dan dianalisis respon masyarakat terhadapnya untuk kemudian menghasilkan kesimpulan.

Keywords


Animasi 2D; Video klip; Pembajakan; Musik; Musik underground

Full Text:

PDF

References


Atmadjaja, A. H. (2018). Pengaruh Moral Equity, Relativism, dan Sikap Individu terhadap Perilaku Pembajakan Produk Digital di Surabaya. CALYPTRA, 7(1), 1311-1327.

Barisan.co, R. (2021, April 15). Singkat Cerita Pembajakan Musik di Indonesia. Barisan.co. https://barisan.co/singkat-cerita-pembajakan-musik-di-indonesia/

Borja, K., Dieringer, S., & Daw, J. (2015). The effect of music streaming services on music piracy among college students. Computers in Human Behavior, 45, 69-76. https://doi.org/10.1016/j.chb.2014.11.088

Edmtunes. (2021). World’s Largest Youtube-to-MP3 Converter, y2mate, Shut Down by RIAA, https://www.edmtunes.com/2021/08/youtube-mp3-converter-y2mate-shut-down/

Karjaluoto, E. (2013). The design method: A philosophy and process for functional visual communication. New Riders.

Lindungi Karya Musisi Indonesia, Sandiaga akan Luncurkan Portamento—Tribunnews.com. (2022). https://www.tribunnews.com/nasional/2022/09/09/lindungi-karya-musisi-indonesia-sandiaga-akan-luncurkan-portamento

Piracy Is Back: Piracy Statistics for 2022. (2022). Dataprot. https://dataprot.net/statistics/piracy-statistics/

Rachman, A. (2010). Peningkatan Kualitas Sdm Siswa Smkn 2 Sragen Melalui Workshop Animasi 2D. Abdi Seni, 2(1). https://doi.org/10.33153/abdiseni.v2i1.59

Santoso, B. G. (2013). Nganimasi bersama Mas Be. Elex Media Kompuntindo.

Stiff, J. B., & Mongeau, P. A. (2016). Persuasive Communication. New York: The Guildford Press.

Suyanto, B., & Sutinah. (2005). Metode Penelitian Sosial: Berbagai Alternatif Pendekatan. Prenada Media.

Wallach, J. (2005). Underground Rock Music and Democratization in Indonesia. World Literature Today, 17.

Widyopramono. (1992). Tindak Pidana Hak Cipta: Analisis dan Penyelesaiannya. Sinar Grafika.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v11i2.17648

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Fairus Iqbal Muhamad, Anung Rachman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics