Pemetaan Model AISAS Dalam Kampanye Film "Pengabdi Setan 2:Communion"

Attin Rizqita Iffada(1*), Alvanov Zpalanzani Mansoor(2), Ifa Safira Mustikadara(3)

(1) Bandung Institute of Technology
(2) Institut Teknologi Bandung
(3) Institut Teknologi Bandung
(*) Corresponding Author

Abstract


Pengabdi Setan 2: Communion adalah film sekuel kedua dari film pertamanya, Pengabdi Setan, yang dirilis pada 4 Agustus 2022. Strategi kampanye komersial film Pengabdi Setan 2 dipasarkan sejak bulan Juli 2022 ditandai dengan dipublikasikannya trailer film melalui YouTube Rapi Films. Dengan memanfaatkan penggemar setia yang telah menunggu sejak film pertamanya, pada kesempatan di film kedua ini, perusahaan rumah produksi memaksimalkan omzet penjualan dan menaikkan atensi masyarakat. Perkembangan strategi pemasaran dan media yang semakin beragam dimanfaatkan untuk menghadirkan ide-ide yang menarik konsumen. Kampanye disusun dengan menggunakan media yang terpadu meliputi poster kegiatan, ambient media, wahana permainan, unggahan rutin media sosial, dan merchandise. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kampanye komersial Pengabdi Setan 2 berdasarkan model komunikasi AISAS (Attention, Interest, Search, Action, and Share) dengan pendekatan komunikasi visual. Model AISAS dalam kampanye ini berperan penting dalam membangun preferensi target market dengan memanfaatkan desain grafis dan periklanan sebagai sebuah strategi komunikasi atau rangkaian pesan visual yang disusun secara terencana dan bersifat komersil.


Keywords


Model AISAS; Film; Pengabdi Setan 2; Kampanye Komersial; Periklanan

Full Text:

PDF

References


Andrea, E., & Mansoor, A. Z. (2021). Model AISAS dalam Kampanye Anti Cyberbullying “No Bull” Karya Mara Panzar. Jurnal Desain, 8(3), 222. https://doi.org/10.30998/jd.v8i3.8619

Anwar, J. (2022). Pengabdi Setan 2: Communion. Rapi Films.

Atna. (2022). Pengabdi Setan 2: Bukannya Menjawab, Justru Semakin Membingungkan. In Mimbaruntan.com.

CNN Indonesia. (2022). Raih 4,7 Juta Penonton, Pengabdi Setan 2 Lebih Laris dari Film Pertama. CNN Indonesia.

Databoks. (2018). Pengabdi Setan Film Terlaris 2017.

Dewantara, B. (2022). Belajar S3 Digital Marketing Dari Film Pengabdi Setan 2. Froyonion.com.

Ernawati, J., & Budhi, A. (2018). “Bangga, Pengabdi Setan Kembali Diganjar Penghargaan Global”. Viva.co.id.

Kasmana, K. (2020). Model Alur Komunikasi AISAS dan Model Lainnya [PDF]. Diunduh dari: https://repository.unikom.ac.id/66536/1/Alur%20AISAS%20.pdf

Pradana, R. A., & Hidayat, S. (2017). Perancangan Media Promosi Masera Adventure Tour And Travel Di Kota Malang. E-Proceeding of Art & Design, 4(No.3), 738–744. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/artdesign/article/download/5367/5339

Pratama, N. W. A. (2022). Strategi Kampanye Komersial Mcdonald’s dalam Kemasan BTS Meal. JSRW (Jurnal Senirupa Warna), 10(1), 38–51. https://doi.org/10.36806/.v10i1.143

Prihatin, K. E. (2022). Strategi Jitu Promosi Film Pengabdi Setan 2, Bisa Ditiru guna Undang Pelanggan dalam Bisnis. Urbanbogor.com.

Rusdiarti, S. R. (2009). Film Horor Indonesia: Dinamika Genre.

Ruslan, R. (2013). Kiat dan strategi kampanye public relations (Cetakan ke-7). Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Wahid, U., & Agustina, S. (2021). Strukturasi proses produksi film horor Pengabdi Setan: Perspektif ekonomi politik. ProTVF, 5(1), 80-100.

Yuliansyah, H., Saidi, A. I., & Mutiaz, I. R. (2022). Kajian Struktur Tanda Dalam Film Horor Indonesia: Film Jelangkung. In Prosiding Seminar Nasional Unimus (Vol. 5).

Yusadhi, E. E., & Mansoor, A. Z. (2020). Kajian Kampanye Sosial World Wildlife Fund: The Last Selfie. Jurnal Bahasa Rupa, 3(2), 130-137. https://ejournal.instiki.ac.id/index.php/jurnalbahasarupa/article/view/559




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v11i2.17507

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Attin Rizqita Iffada, Alvanov Zpalanzani Mansoor, Ifa Safira Mustikadara

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics