Perancangan Ilustrasi sebagai Media Promosi dan Visual Branding Pantai Cibuaya

Kaffah Imanuddin M.R. Santosa(1*), Ari Purno Wahyu(2)

(1) Pertiwi University
(2) Universitas Widyatama
(*) Corresponding Author

Abstract


Pantai Cibuaya adalah salah satu objek wisata yang berada di Kecamatan Ciracap Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Banyak tempat-tempat yang berpotensi untuk dikunjungi disini. Mulai dari pantai - pantainya yang indah untuk bermain dan berselancar dan hal yang paling khas dengan kawasan Cibuaya ini ialah konservasi penyu. Sebagaimana kita ketahui penyu adalah hewan yang dilindungi saat ini. Bahkan menurut Kementerian kelautan dan perikanan penyu merupakan salah satu hewan laut yang terancam punah. Upaya untuk menambah pengetahuan atau informasi tentang tempat wisata pantai Cibuaya ini dengan cara merancang ilustrasi untuk mengangkat potensi dan karakter yang ada pada pantai Cibuaya dalam bentuk visual yang informatif dan menarik, kemudian dapat diaplikasikan terhadap media - media promosi. Metode perancangan promosi pantai Cibuaya, tersebut menggunakan metode Design thinking yang berangkat dari empati hingga testing terhadap pengguna. Diharapkan dengan adanya perancangan ilustrasi yang dapat diimplikasikan kedalam berbagai media promosi ini, dapat meningkatkan minat masyarakat untuk berkunjung serta dapat meningkatkan jumlah pengunjung pada tahun - tahun berikutnya.


Keywords


Ilustrasi; Media Promosi; Pantai Cibuaya

Full Text:

PDF

References


Ambrose, G., & Harris, P. (2009). Basics design 08: design thinking. Bloomsbury Publishing.

Ariando, V. (2015). Destination Branding Kepulauan Seribu: Studi Kasus Destination Branding Kepulauan Seribu Dalam Upaya Mengembangkan Destinasi Wisata Bahari Internasional (Doctoral dissertation, Universitas Gadjah Mada).

Arifin, S., & Kusrianto, A. (2009). Sukses menulis buku ajar dan referensi. Jakarta: Grasindo.

Bara, A. P. (2017). TA: Perancangan Brand Identity Home Spa Laksmi Sebagai Upaya Meningkatkan Brand Awareness (Doctoral dissertation, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya).

Bhargawa, I. N. B., Udayana, A. A. G. B., & Artawan, C. A. (2022). Perancangan Ulang Identitas Visual untuk Brand Tetuek Sangmong di Denpasar. AMARASI: JURNAL DESAIN KOMUNIKASI VISUAL, 3(02), 192-204.

Chanakya, A. A., Adib, A., & Wahyudi, A. T. (2017). Perancangan Visual Brand Identity dan Promosi Depot Classic di Surabaya. Jurnal DKV Adiwarna, 1(10), 9.

Djelantik, AAM. (1999). Estetika Sebuah Pengantar. Bandung: Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia

Hadinoto, K. (1996). Perencanaan Pengembangan Destinasi Pariwisata. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia

Irfan, I., Dharsono, D., Gustami, S. G. S., & Guntur, G. (2019). Keramik Takalar 1981-2010: Ragam Bentuk dan Perubahan. Panggung, 29(1).

Irfan, I., Jalil, J., & Satriadi, S. (2019). Kreativitas Visual Pada Desain Poster Iklan Komersial Karya Mahasiswa. Jurnal Pakarena, 4, 28-35.

Karunia, A., Alimuddin, A., & Nurabdiansyah, N. (2020). Perancangan Identitas Visual Destinasi Wisata Kawasan Teluk Youtefa Kota Jayapura (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR).

Kurniawan, F. L., & Sayatman, S. (2018). Perancangan Maskot untuk Memperkuat Identitas Visual Kota Kediri. Jurnal Sains dan Seni ITS, 7(1), 48-52.

Luthfiyyah, T. R. Z. (2020). Analisis Faktor Pendorong Dan Penarik Wisatawan Untuk Berkunjung Ke Kawasan Wisata Pantai Ujung Genteng (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Mootee, I. (2013). Design thinking for strategic innovation: What they can't teach you at business or design school. John Wiley & Sons.

Ongkorahardjo, A. C., Wicandra, O. B., & Asthararianty, A. (2017). Perancangan Identitas Visual Brand Miss Wang Couture di Surabaya. Jurnal DKV Adiwarna, 1(10), 6.

Prawita, R., Swasty, W., & Aditia, P. (2017). Membangun Identitas Visual Untuk Media Promosi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah. Jurnal Sosioteknologi, 16(1), 27-42.

Purwadipura, S., Riyanto, B., & Yuwono, E. C. (2013). Perancangan Visual Brand Identity Kafe Milk Story. Jurnal DKV Adiwarna, 1(2), 10.

Rohidi, T. (2011). Metodologi Penelitian Seni. Semarang : CV Cipta Prima Nusantara

Rustan, S. (2010). Font & Tipografi. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama

Rustan, S. (2008). Layout (Dasar dan Penerapannya). Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama

Sari, I. P., Kartina, A. H., Pratiwi, A. M., Oktariana, F., Nasrulloh, M. F., & Zain, S. A. (2020). Implementasi Metode Pendekatan Design Thinking dalam Pembuatan Aplikasi Happy Class Di Kampus UPI Cibiru. Edsence: Jurnal Pendidikan Multimedia, 2(1), 45-55.

Soedewi, S., Mustikawan, A., & Swasty, W. (2022). Penerapan metode design thinking pada perancangan website umkm kirihuci. Jurnal Desain Komunikasi Visual UNIKOM. Vol.10

Susanto, M. (2002). Diksi Rupa. Yogyakarta : Kanisius

Utama, I. P. A. P., Artawan, C. A., & Indira, W. (2022). Perancangan Komunikasi Visual Sebagai Media Promosi Silverhand. id Clothing Company. AMARASI: JURNAL DESAIN KOMUNIKASI VISUAL, 3(01), 51-60.

Wheeler, A. (2017). Designing brand identity: an essential guide for the whole branding team. John Wiley & Sons.

Wheeler, A. (2006). Designing Brand Identity: A Complete Guide to Creating, Building, and Maintaining Strong Brands. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Wheeler, A. (2009). Designing Brand Identity. New Jersey: John Wiley & Sons

Wibowo, M. R., & Setiaji, H. (2020). Perancangan Website Bisnis Thrifdoor Menggunakan Metode Pendekatan Design Thinking. AUTOMATA, 1(2).

Witabora, J. (2012). Peran dan perkembangan ilustrasi. Humaniora, 3(2), 659-667.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v11i2.17398

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Kaffah Imanuddin MRS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics