Analisis Konsep Desain pada Pembelajaran Desain Busana

Nurul Hidayati(1*), Pande Made Sukerta(2), Eko Supriyanto(3), Silvester Pamardi(4)

(1) Institut Seni Indonesia Surakarta
(2) Institut Seni Indonesia Surakarta
(3) Institut Seni Indonesia Surakarta
(4) Institut Seni Indonesia Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Pada dasarnya, pembuatan konsep busana atau story boards dan mood boards pada pembelajaran desain busana harus menerapkan proses pembuatan desain busana dengan benar agar mendapatkan hasil produk busana yang maksimal. Story Boards adalah narasi singkat dari sebuah desain busana yang akan dibuat, sedangkan mood boards adalah kutipan beberapa gambar yang dikumpulkan dan ditempekan pada sebuah papan untuk membantu proses pembuatan desain busana yang akan dibuat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa konsep desain atau story boards dan mood boards yang telah dibuat pada oleh mahasiswa yang mengikuti pembelajaran Gelar Cipta Busana busana tahun 2021, sesuai atau tidak sesuai proses yang telah dilalui oleh mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif.  Story boards dan mood boards dari desain busana yang telah dibuat pada pembelajaran gelar cipta busana dan tidak semua tahap pembuatannya dilakukan sesuai dengan prosedur, oleh karena itu mood boards dan story boards yang dibuat tidak berfungsi dengan maksimal pada saat proses pembuatan desain busana karena terdapat beberapa tahap yang tidak dilaksanakan.

Keywords


Konsep desain; Story Boards; Mood Boards; Fashion design

Full Text:

PDF

References


Agustin, L. (2011). Fashion is My Playground. Jakarta: PT Nyra.

Bestari, A. G., & Ishartiwi, I. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Mood Board Terhadap Pengetahuan Desain Busana pada Mahasiswa Pendidikan Teknik Busana. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(2), 121-137.

Education Bureau. (2011). 3 Fashion Design Basics. Technology and Living (Secondary 4-6).

Firman, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Pembuatan Desain Busana 3 Dimensi Pada Mata Kuliah Desain Busana Untuk Mendukung Pembelajaran Daring Development Of Tutorial Video Learning Media Making 3 Dimensional Fashion Designs In Fashion Design Courses. XX (2): 6–10.

Janah, S. H. L., Budhyani, I. D. A. M., & Sudirtha, I. G. (2021). Pengembangan Media Moodboard Berbantuan Aplikasi Pengolah Gambar pada Pembelajaran Desain Busana. Jurnal BOSAPARIS: Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 12(1), 8-16. https://doi.org/10.23887/jppkk.v12i1.32799

Keech, P. A. (2012). Freelance Fashion Designer’s Handbook 1st Edition. Edited by John Wiley & Sons Ltd. 1st ed. Joh Wiley&Sons Ltd.

Lam, E. (2013). Arts & Lifestyle & Fashion Style, Canada: Saskatchewan 4-H Council.

Masyitoh. (2022). https://nasional.kontan.co.id/news/kemenparekraf-ekonomi-kreatif-menyumbang-78-pdb-nasional

McKelvey, K., & Munslow, J. (2011). Fashion design: process, innovation and practice. John Wiley & Sons.

San Martin, Marcarena. (2009). Field Guide: How To Be A Fashion Designer. The United States of America: maomao publications.

Springsteel, L. (2013). Becoming a Fashion Designer Kindle Edition. Hooboken, New Jersey: Joh Wiley&Sons Ltd.

Suryani, H., & Maida, A. N. (2023, July). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka pada Kompetensi Keahlian Desain dan Produksi Busana di SMKN 8 Makassar. In SEMINAR NASIONAL DIES NATALIS 62 (Vol. 1, pp. 158-165).

Susiana, R., & Wening, S. (2015). Pengaruh Model Direct Instruction Berbantuan Multimedia Terhadap Motivasi Belajar Dan Pencapaian Kompetensi Pembuatan Desain Busana. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(3), 377-393. https://doi.org/10.21831/jpv.v5i3.6491.

Tatham, C., & Seaman, J. (2003). Fashion Design Course. New York: Quato Inc.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v11i1.16495

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nurul Hidayati, Pande Made Sukerta, Eko Supriyanto, Silvester Pamardi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics