Perancangan Interior TK King’s Kidz di Surabaya dengan Pendekatan Human Centered Design

Zefania Audrey Santoso(1*), Mariana Wibowo(2)

(1) 
(2) Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Pendidikan usia dini merupakan hal yang penting bagi seluruh anak indonesia tanpa terkecuali, namun tidak semua Gedung dan ruangan sekolah memiliki fasilitas serta desain yang sesuai dengan kebutuhan dan standar anak-anak. Dari permasalahan tersebut sekolah King's Kidz berupaya untuk memberikan pendidikan gratis yang berkualitas kepada anak-anak usia dini dari keluarga marginal. Berdasarkan hasil temuan data di lapangan ditemukan beberapa masalah yang antara lain ketidak sesuaian ruang dan bangunan dengan standar anak sekolah TK, belum adanya ruang dan fasilitas yang mendukung kegiatan pembelajaran serta kurang mencerminkan bangunan dari sebuah sekolah TK. Hal ini dikarenakan bangunan tersebut merupakan bangunan bekas kantor properti yang sudah lama tidak digunakan. Metode yang digunakan pada perancangan ini adalah metode design thinking dengan beberapa tahapan yaitu Preparation; Understanding; Ideation, Implementation &Test; dan Final Output. Perancangan ini menghasilkann perancangan desain interior dan furniture dengan konsep Blooming Days yang diterapkan dengan menggunakan pendekatan human centered design. Pendekatan Human Centered Design pada TK king's Kidz dapat terlihat dari metode, observasi lapangan yang memperhatikan kebiasaan serta kegiatan pengguna serta keinginan pengguna yang akhirnya diterapkan berupa estetika, fungsi, dan elemen yang ada pada desain interior dan furniture TK King’s Kidz.


Keywords


Desain Interior; Human Centered Design; Taman Kanak-kanak; Surabaya; King’s Kidz

Full Text:

PDF

References


Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak The Importance Of Childhood Education For Child Development. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1).

Babich, N. (2018). Top 4 Principles of Human-Centered Design. Retrieved form https://uxplanet.org/top-4-principles-of-human-centered-design-5e02751e65b1

Birren, F. (2016). Color psychology and color therapy; a factual study of the influence of color on human life. Pickle Partners Publishing.

Trenggonowati, D. L., & Kulsum, K. (2018). Analisis faktor optimalisasi golden age anak usia dini studi kasus di kota cilegon. Journal Industrial Servicess, 4(1). https://doi.org/10.36055/jiss.v4i1.4088

Tjandra, E., Thamrin, D., & Suryanata, L. (2019). Implementasi Human-centered Design pada Perancangan Interior Stress-Relieve and Entertainment Centre di Surabaya. Intra, 7(2), 423-431.

Google. (2013). Antropometri Indonesia. Taman Kanak-Kanak. Last modified 2013. http://antropometriindonesia.org/index.php/detail/artikel/4/10/data_antropometri

Wasista, I. P. U. (2021, February). Human Centered Design dalam Desain Interior. In SANDI: Seminar Nasional Desain (Vol. 1, pp. 73-81).

Kemendikbud. (2015). Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Taman Kanak-Kanak.

Sholahuddin, M. (2015). Desain Interior Melalui Pendekatan Kebutuhan Pemakai Pada Hunian Terbatas. Jurnal Pengetahuan & Perancangan Interior Hal.21-29. https://doi.org/10.29408/jga.v4i02.2441

Utami, T. W. P., Nasirun, M., & Ardina, M. (2019). Studi Deskriptif Kemandirian Anak Kelompok B di PAUD Segugus Lavender. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 151-160. https://doi.org/10.33369/jip.4.2.151-160

Murtiasih, D., Sawiji, H., & Susilowati, T. (2014). Pengaruh Lingkungan Fisik Kelas dan Dukungan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Sebelas Maret, 4(1), 117309.

Susanti, N., Aziza, A. D., Siregar, R. M., Safriyanti, S., Sahputri, W., Safitri, Y., & Joefanny, L. (2022). Implementasi Perencanaan dan Perancangan Interior Pendidikan Anak Usia Dini di RA Islamiyah NU. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 1625-1636. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/6431/5153

Sari, S. M. (2003). Peran warna pada interior rumah sakit berwawasan healing environment terhadap proses penyembuhan pasien. Dimensi interior, 1(2), 141-156.

Wahyuni, S., & Reswita, R. (2020). Pengembangan model pembelajaran sains, technology, art, engineering and mathemathic pada kurikulum PAUD. Jurnal Golden Age, 4(02), 297-309. https://doi.org/10.29408/jga.v4i02.2441

Sully, A. (2012). Interior design: theory and process. A. & C. Black. London

Suriansyah, A., & Aslamiah, A. (2011). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini.

Widiasworo, E. (2018). Cerdas pengelolaan kelas. Diva Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v11i1.16050

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Zefania Audrey Santoso

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics