Buku Visual Mengenai Adab terhadap Guru sebagai Media Pembelajaran Siswa SD

Rahman Tri Arfias Putra(1*), Aditya Rahman Yani(2), Mahimma Romadhona(3)

(1) Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
(2) Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
(3) Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
(*) Corresponding Author

Abstract


Adab dalam menuntut ilmu merupakan hal penting untuk dijadikan perilaku sehari-hari setiap siswa. Karena adab lebih penting daripada ilmu, terutama mengenai hormat kepada guru. Adab terhadap guru sangat penting karena seseorang yang tidak menghormati gurunya maka ilmu yang diberikan akan sia-sia dan tidak akan berguna. Sedangkan generasi muda adalah penerus bangsa yang harus mendapatkan pendidikan baik agar dapat menjadikan bangsa maju dan makmur dengan ilmu yang dimilikinya. Pada dasarnya siswa hanya dibekali perilaku baik di hadapan guru tanpa diberi pemahaman atas sikap yang dilakukan tersebut. Dimana pembahasan yang diberikan tidak secara rinci dan jelas membahas adab terhadap guru. Sedangkan mayoritas buku yang membahas adab terhadap guru secara lengkap masih menggunakan bahasa verbal yang kurang dimengerti serta kurang menarik bagi anak. Dari masalah tersebut penulis merancang buku visual mengenai adab terhadap guru untuk anak sekolah dasar usia 7-12 tahun. Penulis akan menggunakan metode kualitatif, wawancara, serta studi pustaka untuk melengkapi perancangan ini. Dengan adanya buku visual ini diharapkan dapat memberi pemahaman kepada siswa mengenai pentingnya adab terhadap guru dan menerapkannya pada perilaku sehari-hari baik di sekolah maupun di luar sekolah agar banyak ilmu yang tertanam pada benak siswa yang belajar.

Keywords


Adab; Pendidikan; Buku Visual; Sekolah Dasar

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arifin, Syamsul, dan Adi Kusrianto. 2009. Sukses Menulis Buku Ajar dan Referensi. Jakarta: PT. Grasindo.

Arofah, Nova Nur, Riche Cynthia Johan, dan Susanti Agustina. 2017. “Hubungan Desain Visual Buku Bergambar dengan Pemahaman Membaca Siswa (Studi Korelasional pada Siswa Kelas III di Perpustakaan SDPN Sabang).” Edulibinfo 4 (1): 44-52. https://ejournal.upi.edu/index.php/edulibinfo/article/view/10204

Az-Zarnuji. 2009. Terjemah Ta'lim Muta'allim. Surabaya: Mutiara Ilmu Surabaya.

Ghozalli, Evelyn. 2020. Panduan Mengilustrasi dan Mendesain Cerita Anak untuk Tenaga Profesional. Jakarta Timur: Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Khusni, Moh. Faisol. 2018. “Fase Perkembangan Anak dan Pola Pembinaannya Dalam Perspektif Islam.” Martabat: Jurnal Perempuan dan Anak, 2(2): 361-382. https://ejournal.uinsatu.ac.id/index.php/martabat/article/view/1348

Mar'atun Nafi'ah, Adinda, Ilham Cahyo Wibowo, dan Feri Dianto. 2018. “Periodisasi Masa Perkembangan Anak-Anak.” Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. 1-15.. http://eprints.umsida.ac.id/1129/

Murni. aceh.tribunnews.com. 27 September 2019. https://aceh.tribunnews.com/2019/09/27/hilangnya-rasa-hormat-siswa-kepada-guru (diakses September 7, 2021).

Mutawalli, Aqiel. 2020. Adab Murid Terhadap Guru dan Temannya Menurut Pemikiran Imam Al-Ghazali. Skripsi Sarjana. Fakultas Ilmu Tarbiyah & Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. http://repository.uinsu.ac.id/10884/

Nandya, Anisa. 2010. “Etika Murid Terhadap Guru (Analisis Kitab Ta'lim Muta'allim Karangan Syaikh Az-Zarnuji.” Mudarrisa: Jurnal Kajian Pendidikan Islam 2(2): 163-186. https://mudarrisa.iainsalatiga.ac.id/index.php/mudarrisa/article/view/771

Oktarima, Diren, Adelina Hasyim, dan Yunisca Nurmalisa. 2017.“Persepsi Guru Tentang Menurunnya Adab Sopan Santun Siswa Kepada Guru di SMP PGRI 6 Bandar Lampung.” (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung).

Pujihastuti, Isti. 2010. “Prinsip Penulisan Kuesioner Penelitian.” CEFARS : Jurnal Agribisnis dan Pengembangan Wilayah 2 (1): 43-56. https://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/cefars/article/view/63

Rosaliza, Mita. 2015.“Wawancara, Sebuah Interaksi Komunikasi Dalam Penelitian Kualitatif.” Jurnal Ilmu Budaya 11(2): 71-79. https://journal.unilak.ac.id/index.php/jib/article/view/1099

Sriwijayanti, Ribut Prastiwi, Uswatun Hasanah, Marfuatun Munawarah, Ali Ridho, dan Bina Sukma Sejatu. 2022. “Pengembangan Media Buku Lift The Flap Ensiklopedia Anak Mengatasi Learning Obstacles Mengenai Tema 6 Hewan Yang Dilestarikan Dan Berhitung (Siswa Kelas IV di SDN Kedung Caluk II Tahun 2020).” Seminar Nasional Sosial, Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA). Madiun: Universitas PGRI Madiun 1: 130-142. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA/article/view/2320

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumaryanti, Lilis. "Menumbuhkan minat baca anak MI/SD dengan media buku bergambar seri." AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education 4 (2): 173-183. http://oipas.sentraki.umpo.ac.id/index.php/al-asasiyya/article/view/2699




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v10i3.14833

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rahman Tri Arfias Putra, Aditya Rahman Yani, Mahimma Romadhona

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics