Origami Living Art dengan Metode Design Thinking

Febbi Neliandri Pratiwi(1*), Yosef Yulius(2), Mukhsin Patriansah(3)

(1) Universitas Indo Global Mandiri
(2) Universitas Indo Global Mandiri
(3) Universitas Indo Global Mandiri
(*) Corresponding Author

Abstract


Origami merupakan suatu seni melipat kertas yang berasal dari Negara Jepang dapat dimainkan pada setiap kalangan. Kata origami merupakan gabungan dari dua suku kata yaitu "oru" yang berarti melipat dan "Kami" yang berarti kertas secara demikian origami dapat diartikan sebagai seni melipat kertas. Maka dari itu sangat penting dilakukan kampanye untuk memberikan informasi dan edukasi mengenai origami living art agar seni melipat kertas origami tetap bisa dikenal pada kalangan generasi z di Kota Palembang. Perancangan ini menggunakan metode design thinking yang merupakan sebuah pendekatan digunakan untuk memecahkan suatu masalah berdasarkan kebutuhan masyarakat sebagai user atau pengguna dengan menggunakan lima tahapan yaitu empathize, define, ideate, prototype, test. Pada perancangan ini juga dilakukan proses pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil perancangan ini menghasilkan sebuah Tagline “Cindo Bentuknyo, Ragam Karyanyo” yang bermakna origami memiliki beragam bentuk menarik yang dengan tingkat kesulitan yang berbeda. Media Utama dari perancangan ini yaitu Popup origami dengan menggunakan bentuk dari origami hewan yang ditampilkan pada media utama. Kemudian media pendukung berupa poster, kartu tutorial, folding tote bag, t shirt, tumbler, gantungan kunci, sticker pack yang digunakan sebagai media pendukung dari perancangan komunikasi visual origami living art bagi remaja di Kota Palembang. Dengan adanya perancangan ini diharapkan origami living art tetap dikenal dan menjadi sebuah solusi dari permasalahan art therapy pada kalangan remaja di Kota Palembang.


Keywords


Origami Living Art; Terapi Seni; Pop Up

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Al-Ihsan, Muhammad, Eka Santi, dan Anggi Setyowati. 2018. "Terapi bermain origami terhadap kecemasan anak usia prasekolah (3-6 tahun) yang menjalani hospitalisasi." Dunia Keperawatan: Jurnal Keperawatan dan Kesehatan 6(1): 63-70. https://doi.org/10.20527/dk.v6i1.5086.

ALfikri, Ivan dan Tengku Khairil Ahsyar. 2017. “Media Pembelajaran Interaktif Seni Origami.“ Jurnal Ilmiah Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi 3(2): 50–60. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/RMSI/article/view/4286

American Art Therapy Association. 2022. Terapi seni, https://arttherapy.org/2022.

Association, A. A. T. 2017. (Broader) Definition of Art Therapy: June, 2017.

Rucitra, Anggra Ayu, dan Raden Andiani Laksmi Permanasari. 2017. "Dekorasi Gaya Jepang dalam Desain Interior Restoran." Dimensi Interior 15(1): 56-62. https://doi.org/10.9744/interior.15.1.56-62.

Dianovinina, K. 2018. “Depresi pada Remaja: Gejala dan Permasalahannya.” Jurnal Psicogenesis 6(1): 69–78. https://doi.org/10.24854/jps.v6i1.634.

Erlyana, Yana dan Henny Hidajat. 2019. “Pelatihan Pembuatan Kartu dengan Origami Mengambil Tema Hewan Langka Indonesia” (RPTRA Dharma Suci- Jakarta). Jurnal Pengabdian Dan Kewirausahaan 3(2), 83–90. https://doi.org/10.30813/jpk.v3i2.1863

Kelley, David, dan Tim Brown. 2018. An introduction to Design Thinking. Institute of Design at Stanford, 6. https://dschool-old.stanford.edu/sandbox/groups/designresources/wiki/368 73/attachments/74b3d/ModeGuideBOOTCAMP2010L.pdf

Lazuardi, Muhammad Lutfi dan Iwan Sukoco. 2019. Design Thinking David Kelley & Tim Brown: Otak Dibalik Penciptaan Aplikasi Gojek. Organum: Jurnal Saintifik Manajemen Dan Akuntansi 2(1): 1–11. https://doi.org/10.35138/organum.v2i1.51

Malchiodi, Cathy A., ed. Handbook of art therapy. Guilford Press, 2011.

Mubaroq, Robith Haikal. 2020. Memunculkan Ide Inovasi dengan Menggunakan Metode Design Thinking. https://www.academia.edu/44164470/Memunculkan_Ide_Inovasi_dengan_Menggunakan_Metode_Design_Thinking

Pittara. 2022. Pengertian depresi, gejala depresi, penyebab depresi, https://www.alodokter.com/depresi, 2022

Simanjuntak, Dameria. 2016. (Seni Origami Hewan Purba) Kertas Karya Dikerjakan Dameria Simanjuntak program Studi DIII Bahasa Jepang. https://docplayer.info/222947930-Origami-seni-origami-hewan-purba-kertas-karya-dikerjakan-o-l-e-h-dameria-simanjuntak-nim.html

Sitompul, Anni Lamria, Mukhsin Patriansyah, dan Risvi Pangestu. 2021. Analisis Poster Video Klip Lathi : Kajian Semiotika Ferdinand De Saussure. Besaung : Jurnal Seni Desain Dan Budaya 6(1): 23-29. https://doi.org/10.36982/jsdb.v6i1.1830

Yulius, Yosef, dan Edo Pratama. 2021. Metode Design Thinking Dalam Perancangan Media Promosi Kesehatan Berbasis Keilmuan Desain Komunikasi Visual. Besaung : Jurnal Seni Desain Dan Budaya 6(2): 111–116. https://doi.org/10.36982/jsdb.v6i2.1720




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v10i3.14660

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Febbi Neliandri Pratiwi, Yosef Yulius, Mukhsin Patriansah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics