Pengaplikasian Disruption Roadmap sebagai Konsep Berpikir dalam Proses Kreatif Pembuatan Kampanye Periklanan

Timothy Aldorino Budiono(1*), Vanessa Yusuf(2)

(1) Universitas Kristen Petra
(2) Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Kampanye periklanan adalah sebuah rangkaian dari beberapa media yang disusun untuk mengkomunikasikan pesan kepada target audience. Kampanye periklanan telah marak diproduksi oleh banyak pihak. Tanpa adanya konsep berpikir yang baik akan menghalangi terciptanya proses kreatif dan hasil kampanye periklanan yang maksimal. Berdasarkan adanya permasalahan tersebut, diperlukannya sebuah konsep berpikir kreatif yang selaras, salah satunya dengan cara menggunakan disruption roadmap. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui cara pengapikasian disruption roadmap sebagai konsep berpikir dalam proses kreatif pembuatan kampanye periklanan. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, catatan kerja, dan studi pustaka. Berdasarkan hasil pengolahan data, ada lima tahap dalam proses kreatif pembuatan kampanye periklanan yang menggunakan konsep berpikir disruption roadmap. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengaplikasian disruption roadmap dapat membuat proses kreatif berjalan lebih efektif dan menghasilkan kampanye periklanan yang beda dari yang lain dan lebih berdampak. 


Keywords


Disruption Roadmap; Proses Kreatif; Kampanye Periklanan; Konsep Berpikir

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Adieb, M. 2021, September 3. Advertising: pelajari definisi, jenis-jenis, dan manfaatnya. Glints. https://glints.com/id/lowongan/advertising-adalah/#.YZ0C_S0RrOQ

Adriyani, Dina Fatma. (n.d.). Teknik pengumpulan dan analisis data kualitatif. https://www.academia.edu/7746825/Teknik_Pengumpulan_dan_Analisis_Data_Kualit atif_1.

Ardiansyah, Tony. 2022. Interview: Disruption Roadmap. Interviewer: Timothy, AB.

Hartanto, Alissa. 2022. Disruption roadmap Bagi Strategic Planner. Interviewer: Timothy, AB.

Kanaka, Ardi. 2022. Proses Kreatif Pembuatan Campaign. Interviewer: Timothy, AB.

Karamoy, Sandy Wulan. 2013. "Strategi segmenting, targeting dan positioning pengaruhnya terhadap keputusan konsumen menggunakan Produk KPR BNI Griya." Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi 1, no. 3: 562-571.

Kasilo, Djito. 2008. Komunikasi Cinta: Menembus G-Spot Konsumen Indonesia. N.p.: Kepustakaan Populer Gramedia.

Krishtanovich, A. 2011. “Advertising and an Advertising Budget.” Konferensi Ilmiah Mahasiswa dan Mahasiswa Pascasarjana BSU 2. http://elib.bsu.by/handle/123456789/29041.

Marganingrum, Elok. 2022. Pengenalan Perusahaan. Interviewer: Timothy, AB.

Mbah, Chukwuemeka Chris, Chibuike Basil Nwatu, and Ozoemena Christian Okafor. 2018. "Using Creativity Tools to Achieve Advertising effectiveness in Organizations." International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences 8, no. 7: 887-901. 10.6007/IJARBSS/v8-i7/4432

Rahmalia, N. 2020, December 23. Apakah Brand-mu Sudah Menangkan Pasar? Yuk, Ketahui Share of Voice-nya. Retrieved from glints: https://glints.com/id/lowongan/share-of-voice-adalah/#.YxA07nZBxd8

Siregar, Fredy Fernand Jefry. 2016. “Pengaruh Periklanan (Advertising) dan Pemasaran Langsung (Direct Marketing) terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Progra Studi Manajemen Universitas Medan Area.” (Oktober). http://repository.uma.ac.id/bitstream/123456789/11908/1/108320138%20-%20Fredy%20Fernand%20jery%20Sirgar%20-%20Fulltext.pdf.

TBWA. 2021, September 26. Disruption. Retrieved from TBWA: https://tbwa.com/disruption#dlive.

Uloli, Ritin, Probowo, and Tjipto Prastowo. 2016. “644 Kajian Konseptual proses berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah.” Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) 1 (5). http://hdl.handle.net/11617/7983.

Ward, Susan. 2018. “Advertising Definition - What is Advertising?” The Balance Small Business. https://www.thebalancesmb.com/advertising-2947182.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v10i2.13103

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Timothy Aldorino Budiono, Vanessa Yusuf

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics