Implementasi Motif Kain Lurik Dalam Karakter Animasi Berbasis Kearifan Nusantara

Noval Dhana Ardhani Piliang(1*), Anung Rachman(2), Rendya Adi Kurniawan(3)

(1) Institut Seni Indonesia Surakarta
(2) Institut Seni Indonesia Surakarta
(3) Institut Seni Indonesia Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Di abad 21 ini media berkembang cukup pesat, yang tentunya membawa perubahan besar dalam perkembangan dunia industri, khususnya industri kreatif. Animasi adalah salah satu bentuk implementasi dari industri kreatif yang banyak ditemui di sekitar kita. Perkembangan Animasi yang begitu masif banyak dimanfaatkan sebagai penunjang dalam dunia media seperti periklanan dan perfilman, karena penggunaannya yang dinilai lebih efektif dan interaktif dalam proses menyampaikan pesan. Dalam animasi, karakter berperan penting sebagai simbol utama, visualisasi dalam karakter harus sesuai dengan tujuan awal apa yang akan disampaikan. Analisis dan studi literatur perancangan karakter animasi ini akan dilakukan dengan mempelajari dan memasukkan unsur-unsur estetika nusantara dalam desain, yang nantinya akan diimplementasikan pada desain karakter. Implementasi objek budaya nusantara sangat penting diterapkan untuk menciptakan sebuah karakter yang memiliki simbol budaya yang kuat. Dengan menggunakan pendekatan metode kualitatif, analisis dan konsep rancangan ini memberikan data deskriptif secara teori tentang rancangan desain karakter animasi berbasis budaya tradisional Indonesia.


Keywords


animasi 2D; desain karakter; visual; estetika; media komunikasi

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Adzani, Fachrina, dan Wegig Murwonugroho. 2021. “Pentingnya Kesesuaian Visual Karakter Tokoh Dalam Film Animasi ‘My Little Pony: The Movie’”. Jurnal Penelitian dan Karya Ilmiah Lembaga Penelitian Universitas Trisakti 6(1): 68-84. https://trijurnal.trisakti.ac.id/index.php/lemlit/article/view/8630

Alrazi, Camila Zahra, dan Anung Rachman. 2021. “Penerapan Metode Design Thinking Pada Model Perancangan Animasi Periklanan Digital Pencegahan Covid-19.” Ultimart: Jurnal Komunikasi Visual 14 (2): 190–202. https://doi.org/10.31937/ultimart.v14i2.2247.

Anindita, Marsha, dan Menul Teguh Riyanti. 2016. Tren Flat Design Dalam Desain Komunikasi Visual. Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa Dan Desain, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.25105/jdd.v1i1.1816

Ardiyansah. 2015. Desain Karakter Komik Dan Animasi Di Indonesia Dalam Pergulatan Wacana. Statewide Agricultural Land Use Baseline 2015, 1.

Dewangga, Stevanus, dan Arik Kurnianto. 2017. “Perancangan Animasi Pendek dengan Tema Gangguan Kecemasan "ANGST". Jurnal Desain, 4 (3): 298–310. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Jurnal_Desain/article/view/1269.

Fathoni, A.F Choiril Anam, Rina Kartika, dan Sulaiman Hakim Lubis. 2018. “Penerapan Physiognomy Untuk Pengembangan Desain Karakter Pada Animasi.” Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa Dan Desain 3 (1): 31. https://doi.org/10.25105/jdd.v3i1.2846.

Julianto, I Nyoman Larry. 2019. Nilai Interaksi Visual Dalam Perkembangan Medium Komunikasi Pada Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Desain Dan Arsitektur (SENADA), 2, 26–30. https://eprosiding.std-bali.ac.id/index.php/senada/article/view/249

Kurnianto, Arik. 2015. Tinjauan Singkat Perkembangan Animasi Indonesia dalam Konteks Animasi Dunia. Humaniora, 6(2), 240. https://doi.org/10.21512/humaniora.v6i2.3335

Nadya, dan Santoso, Lusi. 2021. “Analisa Visual Desain Karakter Serial Animasi Kuku Rock You.” Titik Imaji 4 (1): 35–44. https://journal.ubm.ac.id/index.php/titik-imaji/article/view/2758

Putra, Gede Lingga Ananta Kusuma, dan Gede Pasek Putra Adnyana Yasa. 2020. “Estetika Karakter Animasi Pada Media Komunikasi Sosial Dengan Kategori Audience Remaja.” Jurnal Bahasa Rupa 4 (1): 10–16. https://doi.org/10.31598/bahasarupa.v4i1.576.

“SAE Indonesia - Perguruan Tinggi & Pelatihan Media Kreatif.” n.d. Accessed March 23, 2022. https://indonesia.sae.edu/id/perbedaan-animasi-2d-dan-3d/.

Saraswati, Agni, Kathryn Widhiyanti, dan Nindya Galuh Fatmawati. 2021. Desain karakter film animasi Raya and The Last Dragon dalam membangun politik identitas Asia Tenggara. Satwika : Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 5(2), 254–267. https://doi.org/10.22219/satwika.v5i2.17587

Sya, Meta, Rustono Farady Marta, and Ido Prijana Hadi. 2020. “Refleksi Pluralisme Melalui Film Animasi Si Entong Sebagai Identitas Budaya Indonesia.” Jurnal Riset Komunikasi (JURKOM) 3 (1): 18–33. https://doi.org/10.24329/jurkom.v3i1.102.

Wikayanto, Andrian. 2018. “Representasi Budaya Dan Identitas Nasional Pada Animasi Indonesia.” International Conference on Art for Technology, Science and Humanities (ARTESH) 3: 1–22.

Wikayanto, Andrian, Banung Grahita, dan Ruly Darmawan. "Unsur-unsur budaya lokal dalam karya animasi Indonesia periode tahun 2014-2018." Rekam: Jurnal Fotografi, Televisi, Animasi 15(2): 83-102. https://doi.org/10.24821/rekam.v15i2.3003




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v10i3.13094

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Noval Dhana Ardhani Piliang, Anung Rachman, Rendya Adi Kurniawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics