Pembuatan Animasi Pendek 2D Cerita Rakyat Timun Mas

Candra Feriana(1*), Anung Rachman(2), Rendya Adi Kurniawan(3)

(1) 
(2) Institut Seni Indonesia Surakarta
(3) Institut Seni Indonesia Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Saat ini tayangan animasi mulai digantikan oleh sinetron yang pada dasarnya diperuntukkan untuk usia di atas 14 tahun. Mayoritas film animasi yang tayang di televisi Indonesia juga kebanyakan berasal dari luar negeri. Oleh karena itu, penulis memilih untuk mengambil cerita rakyat dari Jawa Tengah yang berjudul Timun Mas. Alasan pemilihan cerita Timun Mas adalah karena Timun Mas merupakan cerita yang memiliki pesan moral yang terkandung di dalamnya. Metode penciptaan karakter adalah dengan menggambarkan bentuk visual dan sifat karakter berdasarkan cerita dari beberapa sumber sehingga akan mempermudah proses pembuatan karakter dan mendapatkan desain yang sesuai dengan karakter dan cerita masing-masing. Sedangkan metode yang digunakan untuk membuat animasi adalah hybrid animation. Animasi hybrid adalah animasi yang dihasilkan dengan menggunakan kombinasi teknik tradisional dengan teknik digital atau dengan alat tambahan dan komputer dimana frame demi frame gambar diurutkan akhirnya menjadi animasi yang natural. Telah dihasilkan sebuah animasi pendek dalam format GIF tentang Timun Mas. Perancangan ini bertujuan untuk memperkenalkan cerita rakyat Timun Mas dari Jawa Tengah kepada semua kalangan, baik tua maupun muda. Tidak hanya itu, tetapi juga untuk memberikan edukasi terkait sikap-sikap yang perlu ditiru dan diteladani dalam kehidupan sehari-hari, serta menunjukkan sikap-sikap positif dan tidak merugikan orang lain.


Keywords


Animasi; Desain; Cerita Rakyat

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Alrazi, Camila Zahra, dan Anung Rachman. 2021. “Penerapan Metode Design Thinking Pada Model Perancangan Animasi Periklanan Digital Pencegahan Covid-19.” Ultimart: Jurnal Komunikasi Visual 14 (2): 190–202. https://doi.org/10.31937/ultimart.v14i2.2247.

Putra, Gede Lingga Ananta Kusuma, dan Gede Pasek Putra Adnyana Yasa. 2020. "Estetika Karakter Animasi Pada Media Komunikasi Sosial Dengan Kategori Audience Remaja." Jurnal Bahasa Rupa 4, no. 1: 10-16. https://ejournal.stikiindonesia.ac.id/index.php/jurnalbahasarupa/article/view/576/206

Sumarli, Claudia Octaverina, dan Arik Kurnianto. 2018. "Developing karakter animasi berbasis kudapan khas Tionghoa." Jurnal Desain 5, no. 03: 162-173 URL:https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Jurnal_Desain/article/viewFile/2170/1918

Nanda, Dilla Dwi, Betty Simbolon, Friska Afriana Damanik, dan Yenita Br Sembiring. 2021. "Moral Value and Character Building Education in Folklore from Central Java “Timun Mas”." Journal of Languages and Language Teaching 9, no. 1: 85-91. URL: http://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jollt/article/view/3319

Nindyana, Dewana, dan Hendro Aryanto. 2022. “Perancangan Komik Digital Fantasi Cerita Rakyat Nusantara Timun Mas”. BARIK 3 (2), 1-14. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/44825

Masofa, Ima, dan Irwan Sumarsono. 2021. "Comparative Literature in Indonesian Folktale’s Timun Mas and Disney’s Beauty and the Beast." Lingua Scientia 28, no. 2: 99-103. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJBI/article/view/33459

Akbar, Fikran Haikal, Zaini Ramdhan, dan Rully Sumarlin. 2021. “Perancangan Karakter Animasi 3D Ciung Wanara untuk Mengenalkan Cerita Rakyat Jawa Barat Designing Ciung Wanara 3D Animated Character to Introduce Folklore from West Java” 8 (6): 2814–21.

Damiano, Rossana, Cristina Gena, Andrea Maieli, Claudio Mattutino, Alessandro Mazzei, Elisabetta Miraglio, e Giulia Ricciardiello. 2022. “UX Personas for Defining Robot’ s Character and Personality.”

Gil, Raquel, Rodríguez Florian, Bayer Matteo, Toscani Dar, Giuseppe Claudio, dan Karl R Gegenfurtner. 2022. “Color Calibration of a Head Mounted Display for Colour Vision Research Using Virtual Reality.” SN Computer Science 3 (1): 1–10. https://doi.org/10.1007/s42979-021-00855-7.

Guo, Dinghan, dan Yue Ma. n.d. “Teaching Statistics - 2022 - Guo - The P?hacking?is?terrific Ocean ? A Cartoon for Teac.Pdf.”

Kwiatkowski, Ariel, Eduardo Alvarado, Vicky Kalogeiton, C. Karen Liu, Julien Pettré, Michiel van de Panne, and Marie-Paule Cani. 2022. “A Survey on Reinforcement Learning Methods in Character Animation” 41 (2). http://arxiv.org/abs/2203.04735.

Nanda, Dilla Dwi, Betty Simbolon, Friska Afriana Damanik, dan Yenita Br Sembiring. 2021. “Moral Value and Character Building Education in Folklore From Central Java ‘Timun Mas.’” Journal of Languages and Language Teaching 9 (1): 85. https://doi.org/10.33394/jollt.v9i1.3319.

Nindyana, Dewana Galuh, dan Hendro Aryanto. 2022. “PERANCANGAN KOMIK DIGITAL FANTASI CERITA RAKYAT NUSANTARA” 3 (2): 1–14.

Pratiwi, Cita Anggun, Setyo Budi, dan Agus Purwantoro. 2022. “Open Access Strengthening the Sawerigading Character in the I La Galigo Story in Tana Luwu Based on 2D Animation Visual,” no. 2: 55–58.

Putra, Gede Lingga Ananta Kusuma, dan Gede Pasek Putra Adnyana Yasa. 2020. “Estetika Karakter Animasi Pada Media Komunikasi Sosial Dengan Kategori Audience Remaja.” Jurnal Bahasa Rupa 4 (1): 10–16. https://doi.org/10.31598/bahasarupa.v4i1.576.

Ramadhani, Halida Dwi Edyati, Nugrahardi. 2020. “Perancangan Animasi 2D “Pangeran Lembu.” Jurnal Sains Dan Seni ITS Vol. 9, No. 2 (2020), 2337-3520 (2301-928X ) 9 (2).

Sano, Shin, dan Seiji Yamada. 2022. “AI-Assisted Design Concept Exploration Through Character Space Construction.” Frontiers in Psychology 12: 1–21. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.819237.

Sarjiati, Upik. 2021. “‘ Shirobako ’: The Representation of Passion And” 5415: 329–38.

Sumarli, Claudia Octaverina, danArik Kurnianto. 2018. “Developing Karakter Animasi Berbasis Kudapan Khas Tionghoa.” Jurnal Desain 5 (03): 162. https://doi.org/10.30998/jurnaldesain.v5i03.2170.

Syah, Encep Zainul, dan Kankan Kasmana. 2021. “Animasi Pengenalan Karakter Jurig Leled Samak.” DIVAGATRA - Jurnal Penelitian Mahasiswa Desain 1 (2): 207–13. https://doi.org/10.34010/divagatra.v1i2.5708.

Wirya, I Gede, Mahendra Nandanawana, dan I Gede Harsemadi. 2021. “Media Pengenalan Pengelukatan Di Pura Luhur Tamba Waras Berbasis 2 Dimension Hybrid Animation ( Media for Pengelukatan Introduction at Pura Luhur Tamba Waras Based on 2 Dimension Hybrid Animation )” 1: 1–8.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v10i1.13063

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Candra Feriana, Anung Rachman, Rendya Adi Kurniawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics