Strategi Kreatif Iklan Toyota Indonesia dalam Web Series NKCTHI

Adya Mulya Prajana(1*), Aisyi Syafikarani(2), Aria Ar Razi(3)

(1) 
(2) Telkom University
(3) Telkom University
(*) Corresponding Author

Abstract


Berkembangnya medium internet pada saat ini menghasilkan media baru sebagai tempat pendistribusian iklan-iklan produk dari berbagai perusahaan. Salah satunya web series, yakni sebuah konsep acara serial (cerita bersambung) yang umumnya tayang pada platform Youtube. Banyaknya penonton yang dihasilkan web series akhirnya mendorong berbagai perusahaan untuk meningkatkan awareness produk mereka melalui web series. Web series yang sempat menjadi trending adalah NKCTHI (Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini) yang tayang pada saluran Youtube Toyota Indonesia. Web series NKCTHI menjadi objek penelitian karena banyaknya penonton yang dihasilkan, hingga mencapai 8,4 juta dan mendapat penghargaan dari Youtube. Penelitian ini akan diamati dengan menggunakan analisis penokohan, struktur cerita, product placement dan AISAS dengan metode deskriptif kualitatif. Observasi visual pada web series NKCTHI dikategorikan berdasarkan karakteristik adegan yang di dalamnya terdapat iklan produk Toyota Indonesia. Analisis ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi kreatif iklan Toyota Indonesia dalam menyampaikan pesan verbal dan visual yang terdapat dalam web series NKCTHI. Hasil dari penelitian ini, (1) Toyota Indonesia memanfaatkan web series NKCTHI untuk mendapatkan awareness dari anak muda; (2) Walaupun product placement yang ditampilkan tidak disebutkan secara formal tetapi engagement web series NKCTHI cukup tinggi; 3) Strategi kreatif iklan dalam web series NKCTHI disampaikan menggunakan bahasa visual; 4) Iklan dalam web series NKCTHI menggunakan pendekatan emosional, yaitu iklan masuk ke dalam kehidupan sehari-hari.


Keywords


Iklan; Web series; Strategi Kreatif

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Andrea, Elba, and Alvanov Zpalanzani Mansoor. 2021. "Model AISAS dalam Kampanye Anti Cyberbullying No Bull Karya Mara Panzar." Jurnal Desain 8 (3): 222-235. http://dx.doi.org/10.30998/jd.v8i3.8619

Belch, George E., Belch, Michael A. 2017. Advertising and Promotion “an Integrated Marketing Communications Perspective”, McGraw Hill Education, New York, USA.

Block, Bruce. 2007. The Visual Story Creating the Visual Structure of Film, TV and Digital Media, Focal Press.

Dewanti, Putri. 2019. Efektivitas model AISAS dalam Komunikasi Pemasaran pada Fitur Promosi Instagram. Tesis, Pascasarjana STIE YKPN.

Febrian, Raju. 2018. Youtube Channel Toyota Indonesia Tembus 100.000 Subscriber. https://carvaganza.com/youtube-channel-toyota-indonesia-tembus-100-000-subscribers/

Hamzah, Radja. 2018. Web Series Sebagai Komunikasi Pemasaran Digital Traveloka. Jurnal Pustaka Komunikasi, 1, no.2: 361-374.

Meilyana, Elizabeth. 2018. AISAS Model. https://bbs.binus.ac.id/gbm/2018/08/13/aisas-model/

Muna, Nailul & Yulianeta. 2018. Analisis Penokohan Tokoh Utama Novel “Bunda, Kisah Cinta Dua Kodi” Karya Asma Nadia ke Film (Kajian Alih Wahana). Seminar Internasional Riksa Bahasa, 713-720.

Pratista, Himawan. 2017. Memahami Film. Montase Press.

Prasetya, Arif Budi. 2019. Analisis Semiotika Film dan Komunikasi. Intrans Publishing.

Riadi, Muchlisin. 2018. Pengertian Jenis, Dimensi dan Strategi Product Placement. https://www.kajianpustaka.com/2018/11/pengertian-jenis-dimensi-dan-strategi-product-placement.html

Saidi, Acep, Iwan. 2017. Desain Media dan Kebudayaan. Penerbit ITB.

Setiawan, Agus. 2018. Metodologi Desain. Arttex.

Soewardikoen, Didit W. .2019. Metode penelitian Desain Komunikasi Visual. Penerbit PT Kanisius.

Wibowo, Eko. 2018. Awal Mula Toyota Indonesia Kelola Youtube dan Media Sosial. https://otomotif.tempo.co/read/1065037/inilah-awal-mula-toyota-indonesia-kelola-youtube-dan-media-sosial/full&view=ok

Williams, Dan. 2012. Web TV Series: How to make and market them, Creative Essentials, Croydon, UK.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v10i1.12301

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Adya Mulya Prajana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics