Motion Comic Pengenalan Ilmuwan Muslim Abbas Ibnu Firnas

Ikhsan Carenzino(1), Edo Galasro Limbong(2*), Duane Masaji Raharja(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang motion comic pengenalan Abbas Ibnu Firnas sebagai ilmuwan muslim penemu konsep pesawat terbang pertama di dunia. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui studi literatur, observasi dan wawancara. Dari hasil analisis data-data yang dilakukan menunjukan bahwa Abbas Ibnu Firnas adalah seorang ilmuwan luar biasa yang pantang menyerah dalam melakukan penelitiannya khususnya pada pembuatan alat terbang. Dalam hal ini peneliti merancang media motion comic karena media-media sebelumnya belum ada yang membuat motion comic. Motion comic yang dirancang adalah kisah perjuangan Abbas Ibnu Firnas dalam melakukan eksperimen untuk menciptakan alat terbangnya dengan menggunakan visual yang menarik. Dalam pembuatan motion comic peneliti menggunakan illustrasi realis yang di stilasi menyerupai gaya animasi serta menggunakan pergerakan yang sederhana dan didukung efek-efek yang akan membuat penonton dapat merasakan situasi yang ada serta pesan yang disampaikan mudah diterima. Hasil dari perancangan motion comic Abbas Ibnu Firnas sebagai penemu konsep pesawat terbang pertama di dunia ini diharapkan dapat memberikan pengenalan mendalam tentang sosok Abbas Ibnu Firnas, mampu menginspirasi perjuangannya dalam menggapai keinginannya dan dapat memvisualisasikan perjalanan Abbas Ibnu Firnas ke dalam motion comic.

Keywords


Motion Comic; Abbas Ibnu Firnas; Pesawat Terbang

Full Text:

PDF

References


Ambar. 2019. 7 Fungsi backsound dalam pembuatan film. Retrieved from https://pakarkomunikasi.com/fungsi-backsound-dalam-pembuatan-film

Aminuddin. 2011. Pengantar apresiasi karya sastra. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Ariany, N. 2014. Ilmuwan-ilmuwan muslim pengubah dunia. Jakarta: Mizan.

Fatoni, A. 2013. Jejak Ilmuwan Muslim dalam Sains Modern. Retrieved from https://www.umm.ac.id/id/arsip-koran/oke-zone/jejak-ilmuwan-muslim-dalam-sains-modern.html

Fitri, S., & Sasongko, A. 2015. 10 warisan ilmuwan muslim yang dilupakan dunia. Retrieved from https://republika.co.id/berita/ns7ro2313/10-warisan-ilmuan-muslim-yang-dilupakan-dunia

Hadi, N. 2016. Abbas Ibnu Firnas, sang penerbang pertama. Retrieved from https://kisahmuslim.com/5402-abbas-bin-firnas-sang-penerbang-pertama.html

Jamsari, E., Nawi, M.A.M., Sulaiman, A., Sidik, R., & Zaidi, Z.,. 2013. Ibn Firnas and His Contribution to the Aviation Technology of the world. Journal Advance in Natural and Applied Sciences, 7, 74-78.

Karamoy, P., Ardianto, D.T., & Erandaru, E. 2013. Perancangan motion comic tokoh pewayangan Bambang Ekalaya. Jurnal DKV Adiwarna, 1-2.

Khairil, M. 2018. Yuk, Simak Sejarah Abbas Ibn Firnas dalam Menemukan Pesawat Terbang! Retrieved from https://www.quipper.com/id/blog/tips-trick/sejarah-abbas-ibn-firnas/

Limbong, Edo Galasro. 2021. “Elemen-Elemen Iklan dalam Menyampaikan Pesan Komunikasi Iklan Xl Berjudul ‘Pesan Untuk Raka.’” Gandiwa 01 (01).

Moleong, L. J. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Murtiningsih, W. 2010. 99 Ilmuwan muslim perintis sains moderen: biografi lengkap, praktis dan inspiratif. Yogyakarta: Diva Press.

Nugraha, A. 2018. Perancangan informasi kisah abbas ibnu firnas sang penggagas konsep pesawat terbang pertama di dunia. Bandung: Universitas Komputer Indonesia.

Nurhasanah Y, I., & Destyany, S. 2011. Implementasi model CMIFED pada multimedia interaktif untuk pembelajaran anak usia TK dan playgroup. Jurnal Informatika ITENAS, 1-12.

Nurjamal. 2017. Abbas bin firnas ilmuwan muslim perintis konsep pesawat terbang. Retrieved from https://www.gomuslim.co.id/read/khazanah/abbas-bin-firnas-ilmuwan-muslim-perintis-konsep-pesawat-terbang.html

Sanyoto, S. E. 2009. Nirmana dasar-dasar seni dan desain. edisi ke-dua. Yogyakarta: Jalasutra.

Sihombing, D. 2015. Tipografi dalam desain grafis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Soenyoto, P. 2017. Animasi 2D. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Solehah, N. 2016. Sumbangan konsep aeronautikadan ornithopter Ibnu Firnas dalam perkembangan sains dan teknologi di barat. Selangor: Universiti Kebangsaan Malaysia.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta.

Suharyanto. 2019. Seni kartun dan penjelasannya. Retrieved from https://ilmuseni.com/seni-rupa/seni-kartun

Supriyono, R. 2010. Desain komunikasi visual. Yogyakarta: Andi.

Tahukah sobat, Abbas bin firnas: penemu muslim yang menjadi bapak penerbangan dunia. 2017. Retrieved from http://www.bualbual.com/2017/12/22/tahukah-sobat-abbas-bin-firnas-penemu-muslim-yang-menjadi-bapak-penerbangan-dunia/

Tinarbuko, S. 2015. Desain komunikasi visual. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

'Utsman, M. A. 2010. Ilmuwan-ilmuwan muslim yang mengubah dunia. Yogyakarta: Beranda.

Widiasri, M., Lisana, & Liantara, S. 2018. Motion comic dongeng agama buddha untuk anak umur 4-6 tahun. Jurnal Teknika, 79-88.

Z., Oktaviani. 2019. Abbas ibn firnas perancang pesawat terbang pertama di dunia. Retrieved from https://www.republika.co.id/berita/pp4ww5313/abbas-ibn-firnas-perancang-pesawat-terbang-pertama-di-dunia.

Zaenal, Agung., Akbar, Taufiq., & Rosita, Dhika Quarta. 2017. Modul mata kuliah tipografi 1. Jakarta: Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Indraprasta PGRI.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v9i2.12002

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ikhsan Carenzino, Edo Galasro Limbong, Duane Masaji Raharja

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics