Visual Branding Kemasan Olahan Bandeng sebagai Makanan Lokal pada Usaha Kecil dan Menengah :Studi Kasus Kemasan Produk Bandeng Bu Zuhro

Ernawati Ernawati(1*), Renny Nirwana Sari(2), Septianti Septianti(3)

(1) Universitas Maarif Hasyim Latif
(2) Universitas Maarif Hasyim Latif
(3) Universitas Maarif Hasyim Latif
(*) Corresponding Author

Abstract


Indonesia memiliki keberagaman budaya yang beragam, didalamnya mencakup sistem teknologi tradisional, adat istiadat, dan sebagainya. Di antara keragaman itu, salah satu hasil budaya yang menarik adalah keragaman jenis makanan tradisional. Sidoarjo merupakan kota yang kaya dengan keragaman udang dan ikan, salahsatumnya ikan bandeng. Keragaman olahan makanan, diberdayakan dan digerakan oleh UMKM.  Produk UMKM sebaiknya memiliki desain kemasan yang menarik, karena salah satu elemen terpenting dalam visual produk adalah kemasan. Kemasan memiliki fungsi sebagai wadah untuk membungkus dan melindungi produk. Selain itu, kemasan juga berfungsi sebagai media identifikasi produk dipasar. Penelitian ini memfokuskan pada kajian visual branding kemasan produk lokal olahan bandeng UMKM di Sidoarjo. Sidoarjo memiliki produk unggulan lokal berupa olahan bandeng.  Tujuan dari penelitian ini mengeahui tata visual, bentuk, fungsi dan makna dari visual branding. Guna mengungkap hal tersebut penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan estetika dari aspek bentuk, fungsi dan makna. Pegumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan studi literatur.  Analisis data yang diterapkan yaitu analisis visual. Tujuan penelitian untuk dapat mengetahui aspek bentuk, fungsi dan makna elemen Visual Branding yang ada pada kemasan produk olahan bandeng UMKM Sidoarjo terkait identitas merek dan citra merek sebagai produk khas unggulan daerah. Hasil dari penelitian menunjukkan kemasan dari produk bandeng Bu Zuhro belum mempresentasikan produk khas Sidoarjo.


Keywords


Visual Branding; Kemasan; Lokal; UMKM; Sidoarjo

Full Text:

PDF

References


Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications

Durdev, P B dan Maletic, V. 2011. Visual Impact of Graphic Information in the Package. Proceedings of Informing Science & IT Education Conference (InSITE) 2011.

Durrieu, F. (2008). Impact of brand identity on labelling: the case of regional branding. 4th International Conference of the Academy of Wine Business Research, Siena, 17–19.

Listya, A. (2016). Bukan sekedar hiasan: gaya grafis khas sebagai identitas visual korporat. Jurnal Desain, 3(02), 107–117.

Keller, K. L., & Lehmann, D. R. (2006). Brands and branding: Research findings and future priorities. Marketing Science, 25(6), 740–759.

Kusrianto, A. (2013). Pengantar tipografi. Elex Media Komputindo.

Nugrahani, R. (2015). Peran desain grafis pada label dan kemasan produk makanan umkm. Imajinasi: Jurnal Seni, 9(2), 127–136.

Sudarwati Y and Satya V E 2013 Strategi pengembangan merek usaha mikro, kecil, dan

menengah J. Ekon. Kebijak. Publik 4 89–101

https://seeklogo.com/vector-logo/182451/kabupaten-sidoarjo,diakses tanggal 5 September pukul 00:03




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v9i3.11153

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ernawati Ernawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics