Pengembangan “Jurnal Proses Desain” sebagai Media Pembelajaran Perancangan Desain

Siti Nurannisaa P.B.(1*), Andreas Andeas(2), Julius Andi Nugroho(3)

(1) Universitas Tarumanagara
(2) Universitas Tarumanagara
(3) Universitas Tarumanagara
(*) Corresponding Author

Abstract


Pembelajaran proses perancangan karya harus dipelajari secara praktek untuk menemukan pengembangan gagasan konseptual dan proses kreatif penciptaan karya visual. Salah satu faktor untuk mengoptimalkan dalam mempelajari materi proses kreatif adalah dengan pemanfaatan media pembelajaran. Jurnal pembelajaran adalah kumpulan catatan, pengamatan, pengalaman dan bahan lainnya yang relevan dan terkait selama periode waktu proses pembelajaran. Pembelajaran melalui jurnal dapat membangun pemahaman dan proses refleksi pengalaman dalam memahami proses desain. Penelitian ini merupakan penelitan pengembangan yang bertujuan merancang media pembelajaran berupa jurnal proses proses desain bagi mahasiswa Desain Komunikasi Visual. Penelitian mengunakan model ADDIE - Analyze (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (penerapan), dan Evaluation (penilaian). Jurnal pembelajaran dirancang dengan membagi kriteria berdasarkan karakteristik mata kuliah dan dibuat dalam bentuk lembar kerja. Jurnal pembelajaran membantu mahasiswa dalam membangun pengetahuan dengan lebih reflektif, memahami proses desain yang sedang dilakukan, mengidentifikasi, menseleksi, mengorganisasikan, atau membuat kesimpulan atas seluruh informasi yang dikelola dalam proses desain.


Keywords


media; jurnal; pembelajaran; perancangan; desain

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. 2011. Media pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Baharuddin, Ilham. 2020. "Pembelajaran bermakna berbasis daring di tengah pandemi Covid 19." Journal of Islamic Education Management, 5 (2) 79-88.

Branch, R. M. 2009. Instructional Design-The ADDIE Approach. New York: Springer.

Cole, R. S., and J. B. Todd. 2003. "Effects of web-based multimedia homework with immediate rich feedback on student learning in general chemistry." Journal of Chemical Education, 80 (11) 1338.

Januszewski, A., and M. Molenda. 2008. Technology: Adefinition with commentary. New York: Lawrence Erlbaum Associates.

Lawson, Bryan. 1980. Bagaimana Cara Berpikir Desainer (How Designers Think). Yogyakarta & Bandung: Jalansutra.

Moon, Jennifer A. 2006. Learning Journals. New York : Routledge.

Motley, Phillip. 2016. "Critique and process: Signature pedagogies in the graphic design classroom." Arts & Humanities in Higher Education, 0, (0) 1-12.

Noviadji, Benny Rahmawan , and Angga Hendrawan. 2021. "Perancangan buku ilustrasi sebagai media pengenalan bidang keilmuan desain." Jurnal Desain, 8 (2) 103-121.

Park, Chris. 2003. "Engaging Students in the Learning Process: the learning journal." Journal of Geography in Higher Education, 27 (2) 183 - 199.

Pradilasar, Lia , Abdul Gani, and Ibnu Khaldun. 2019. "Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual pada Materi Koloid Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA." Jurnal Pendidikan Sains Indonesia,7 (1) 9-15.

Prastowo, Andi. 2013. Pengembangan bahan ajar tematik. Jogjakarta: Diva Press.

Sadiman, Arif. 2009. Media pendidikan, pengertian, hakikat, pengembangan, dan pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Yanto , Doni Tri Putra. 2019. "Praktikalitas media pembelajaran interaktif pada proses pembelajaran rangkaian listrik." Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 19 (1) 75-82.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v9i1.10690

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Siti Nurannisaa P.B., Andreas Andeas, Julius Andi Nugroho

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics