Kajian Visual Karakter Nusantara bernama Barong dan Rangda dalam Penggalian Potensi Ideation Produk Kreatif

Nadya Nadya(1*), Joan Milenia Chiktra(2)

(1) Universitas Bunda Mulia
(2) Universitas Bunda Mulia
(*) Corresponding Author

Abstract


Produk kreatif Indonesia mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Salah satu pengembangan tersebut adalah berfokus pada produk kekayaan intelektual. Luasnya subsektor industri kreatif di Indonesia, ditambah dengan berkembangnya teknologi informasi telah menciptakan sebuah trend baru berbasis kekayaan intelektual yaitu dengan menggunakan konsep Transmedia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengali potensi karakter dari tokoh mitologi Barong dan Rangda sebagai referensi yang baik dalam pengembangan kekayaan intelektual bertema budaya nusantara dalam bentuk transmedia storytelling dan desain karakter secara visual. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan paradigma konstruktivisme dengan landasan teori semiotik dari Roland Barthes. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara studi dokumen, obeservasi, dan studi kepustakaan. Teknik analisis dilakukan dengan cara analisa visual bentuk Barong dan Rangda yang dihubungkan dengan pemaknaan denotasi dan konotasi. Hasil yang dicapai adalah terdapat beberapa pertentangan antara pemaknaan denotasi dan konotasi tersebut. Hal ini terjadi karena persepsi dari masyarakat Bali yang cukup kuat dengan kebudayaan dan religius setempat yang menghormati setiap ajaran dan tradisi yang telah dilakukan turun-temurun, hal ini berbeda dengan pandangan umum orang awam. Melalui perbedaan ini, maka terjadilah pergeseran makna denotasi dan konotasi yang cukup kuat.


Keywords


karakter visual, barong, rangda, nusantara, kekayaan intelektual

Full Text:

PDF

References


Alfian, Rezza Agus, and Tri Cahyo Kusumandyoko. 2020. “Representasi Makna Pada Karakter Kadita Dalam Game Online Mobile Legends Bang Bang.” Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual 1 (1): 169–82.

Ardee. Tari Barong Rangda, Menghantar Khalayak Awam Memahami Rwa Bhineda. Indonesiakaya.com. https://www.indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/tari-barong-rangda-menghantar-khalayak-awam-memahami-rwa-bhineda

Ardee. Daftar Lontar di Gedung Kirtya. www.babadbali.com. https://www.babadbali.com/pustaka/daftar-lontar.htm

Bali Tours Club. 2015. Tari Barong. wisata.balitoursclub.com. https://wisata.balitoursclub.com/tari-barong

Bali Tradition. 2011. Dokumentasi. wirajustice. files.wordpress.com ttps://wirajustice.files.wordpress.com/2011/11/barong2.jpg

Bali Tradition. 2019. Barong Is The Mythological Creatures From Bali And Its Type. Youtube.com. https://www.youtube.com/watch?app=desktop&v=3yq7Tuu1-lY

Branti. 2016. Barong Ket, Kesenian Barongan Asal Bali. https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/barong-ket-kesenian-barongan-asal-bali/

Dinas Kebudayaan. 2019. Sejarah Barong Landung. disbud.bulelengkab.go.id. https://disbud.bulelengkab.go.id/artikel/sejarah-barong-landung-58

Eliade, Mircea. 2002. Sakral Dan Profan. Yogyakarta: Fajar Pustaka Baru.

Fathoni, A F Choiril Anam, Rina Kartika, and Sulaiman Hakim Lubis. 2018. “Penerapan Physiognomy Karakter Pada Animasi.” Dimensi DKV 3 (1): 31–42.

Karthadinata, Dewa Made. 2006. “BARONG DAN RANGDA : PERKEMBANGAN, PROSES PEMBUATAN, DAN SAKRALISASI, SERTA PESAN-PESAN BUDAYA DALAM PENAMPILANNYA SEBAGAI KESENIAN TRADISIONAL BALI.” Universitas Negeri Semarang.

Kompas. 2016. Festival Barong Bakal Digelar di Taman Budaya Denpasar. travel.kompas.com

https://travel.kompas.com/read/2016/01/19/151300627/Festival.Barong.Bakal.Digelar.di.Taman.Budaya.Denpasar.

Nadya. 2019. “STUDI KOMPARATIF PADA TOKOH GATOT KACA DALAM PERMAINAN DIGITAL ‘MOBILE LEGEND BANG - BANG’ DAN KOMIK ‘GARUDAYANA’ KARANGAN IS YUNIARTO DENGAN PENDEKATAN SEMIOTIKA Nadya, S.Ds., MM.” In Prosiding Seminar Nasional Arsitektur, Budaya Dan Lingkungan Binaan (SEMARAYANA #1) Agustus 2019, 209–22.

Rahmi, Asri Noer. 2018. “Perkembangan Industri Ekonomi Kreatif Dan Pengaruhnya Terhadap Perekonomian Di Indonesia.” Seminar Nasional Sistem Informasi, Fak. Teknologi Informasi UNMER Malang, no. 9 agustus: 1386–95.

Santi, Ni Komang Ari. 2013. Cosmic Fertilization - Menguak Misteri Pementasan Barong Dan Rangda Dari Sudut Pandang Sains. Surabaya: Paramita.

Segara, Nyoman Yoga. 2000. Mengenal Barong & Rangda. Surabaya: Paramita.

Tillman, Bryan. 2011. Creative Character Design. USA: Elsevier.

Triguna, Ida Bagus Gede Yudha. 2000. Teori Tentang Simbol. Denpasar: Widya Dharma.

Wibowo, Indiwan Seto Wahyu. 2013. Semiotika Komunikasi – Aplikasi Praktis Bagi Penelitian Dan Skripsi Komunikasi. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Wirawan, Komang Indra. 2016. Keberadaan Barong & Rangda Dalam Dinamika Religius Masyarakat Hindu Bali. Surabaya: Paramita.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v9i1.10294

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nadya Nadya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics