Analisis Semiotika Brand Value melalui Artist - Brand Collaboration Uniqlo UT

Shierly Everlin(1*), Yana Erlyana(2), Chersy Gunawan(3)

(1) 
(2) Universitas Bunda Mulia
(3) Universitas Bunda Mulia
(*) Corresponding Author

Abstract


UNIQLO, peritel legendaris asal Jepang, sering membina kolaborasi merek dengan berbagai desainer pakaian, figur, atlet, dan merek-merek terkenal sehingga dapat meningkatkan kesadaran target pasar untuk koleksi pakaian kasualnya. Salah satu koleksi yang diproduksi oleh UNIQLO adalah UNIQLO UT (Graphic T-Shirt), yang merupakan koleksi kaos atau pakaian sehari-hari yang terbuat dari bahan katun dengan tampilan visual berupa grafis yang dibuat oleh artis atau brand ternama. Peneliti bertujuan untuk mengetahui konstruksi nilai merek UNIQLO UT melalui kolaborasi artis-merek yang dilakukan pada tahun 2019. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang berpijak pada paradigma konstruktivis, dengan menggunakan analisis semiotika pemasaran Oswald yang melibatkan tiga hal penting. komponen, yaitu tanda, strategi dan nilai merek. Melalui proses kolaborasi yang dilakukan, terlihat kekontrasan antara penyampaian budaya populer yang awalnya tersegmentasi dengan sifat penyerapan budaya yang akan dikonsumsi secara massal. Tampilan desain dari kolaborasi UNIQLO UT menitiberatkan pada pertukaran visual yang melekat pada karakter seniman itu sendiri ataupun brand. Kegiatan kolaborasi ini memungkinkan bagi konsumen yang kepribadiannya tidak sesuai dengan kebudayaan tertentu mampu mengubah pandangan mereka ketika UNIQLO UT berkolaborasi dengan artis tersebut. Sifat pemasaran UNIQLO yang global ini memungkinkan adanya perubahan pandangan atau bahkan penyerapan budaya baru

Keywords


artist-brand collaboration; semiotika; ikon kultural

Full Text:

PDF

References


Bass, Frank M., Norris Bruce, Sumit Majumdar, dan B. P.S. Murthi. 2007. “Wearout effects of different advertising themes: A dynamic Bayesian model of the advertising-sales relationship.” Marketing Science 26 (2): 179–95. https://doi.org/10.1287/mksc.1060.0208.

Baumgarth, Carsten. 2018. “Brand management and the world of the arts: collaboration, co-operation, co-creation, and inspiration.” Journal of Product and Brand Management 27 (3): 237–48. https://doi.org/10.1108/JPBM-03-2018-1772.

Chapin, Adele. 2014. “H&M’s Jeff Koons balloon dog bag hated by art nerds.” Racked. 2014. http://www.racked.com/2014/6/13/7592557/hm-jeff-koons.

Hatch, Mary Jo, dan Majken Schultz. 2010. “Toward a theory of brand co-creation with implications for brand governance.” Journal of Brand Management 17 (8): 590–604. https://doi.org/10.1057/bm.2010.14.

Holt, Douglas. B. 2004. How brands become icons: The principles of cultural branding. Harvard University Press.

Jagadeesh, K. 2013. “10 top brands collaboration with the art world.” 2013. https://www.psfk.com/2013/06/10-brand-collaborations-matt-moore.html.

Kim, Pielah, Hua Chang, Rajiv Vaidyanathan, dan Leslie Stoel. 2018. “Journal of Product & Brand Management.” Journal of Product & Brand Management. https://doi.org/https://doi.org/10.1108/ JPBM-02-2017-1412.

Kriyantono, Rachmat. 2009. Teknik Praktis Riset Komunikasi. 4 ed. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Merz, Michael A., Lia Zarantonello, dan Silvia Grappi. 2018. “How valuable are your customers in the brand value co-creation process? The development of a Customer Co-Creation Value (CCCV) scale.” Journal of Business Research 82 (January): 79–89. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2017.08.018.

Napoli, J, S Dickinson, M Beverland, dan F Farrelly. 2014. “Measuring Consumer-Based Brand Authenticity.” Journal of Business Research 67: 1090–98.

Sandberg, Berit. 2017. “Functions of intermediaries in arts-based cooperations.” Arts and the Market 7. https://doi.org/10.1108/AAM-06-2016-0007.

Scarpaci, Joseph L, Eloise Coupey, dan Sara Desvernine Reed. 2018. “Artists as cultural icons: the icon myth transfer effect as a heuristic for cultural branding.” Journal of Product & Brand Management 27 (3): 320–33. https://doi.org/https://doi.org/10.1108/JPBM-02-2017-1416.

Schirm, Alexander, dan Berit Sandberg. 2015. “Detecon International: »Ar t Works«.” In , 283–96. https://doi.org/10.14361/9783839430262-017.

Schiuma, Giovanni. 2011. “The value of arts for business.” The Value of Arts for Business, Januari, 1–283. https://doi.org/10.1017/CBO9780511852015.

Smith, Anthony D. 2013. The Nation Made Real: Art and National Identity in Western Europe, 1600- 1850. Illustrate. Oxford: Oxford University Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v9i1.10293

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Shierly Everlin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics