The Influence of Android-Based Multimedia Modules on Static Fluid Material on Understanding The Physics Concepts of High School Students
(1) Universitas Lampung
(2) Universitas Lampung
(3) Universitas Lampung
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Anderson, L., W., & Krathwohl, D., R. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assesing: A Revision of Bloom’s, Taxonomy of Educational Objectives. London: Longman.
Arikunto, S. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Cohen, J. 1994. Statistical Power Analysis For The Behavioral Science (Second Edition) Hillsdale. N.J: Erlbaum.
Ersa & Berna. 2010. Prospective Mathematics Teacers’ Views about Using Flash Animations in Mathematics Lessons. Internasional Journal of Education and Pedagogical Sciences. 4 (3): 154-166. https://www.researchgate.net/publication/.
Hakim, A., Liliasari., Asep K., Yana M. S., & Iqbal M. 2012. Student Concept Understanding of Natural Products Chemistry in Primary and Secondary Metabolies Using the Data Collecting Technique of Modified CRI. International Journal of Education Sciences. 4(3): 1-8. http://jurnalfkip.unram.ac.id/.
Hamalik, O. 2008. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.
Handaka, A., Sukarmin, & Sunarno, W. 2018. Pembelajaran Fisika melalui Kontruktivisme menggunakan Metode Inkuiri Terbimbing dan Inkuiri Bebas Termodifikasi ditinjau dari Motivasi Berprestasi dan Sikap Ilmiah. Jurnal Pendidikan IPA. 7 (2): 190-198. https://jurnal.uns.ac.id.
Harja, M. 2012. Pemahaman Konsep dalam Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Konstruktivisme. Jurnal Pendidikan.1(1): 1-8. http://mediaharja.blogspot.co.id/.
Hasan, S., Diola B., & Kelley E. L. 1999. Misconseption and the Certainty of Response Index (CRI). Physics Education. 34(5): 294-302. http://iopscience. iop.org/article/.
Herlinah. 2014. Pengaruh Pengunaan Multimedia Interaktif terhadap Minat Belajar Mahasiswa pada STMIK Handayani Makasar. Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik. 18 (3): 241-250. http://junal.kominfo.go.id/index.php/.
Huda, A., A. 2013. Live Coding! 9 Aplikasi Buatan Sendiri. Yogyakarta: ANDI.
Ibrahim, M. 2000. Pembelajaran Kooperatif. University Press: Surabaya.
Mauke, M., Sadia I. W., & Suastra I. W. 2013. Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran IPA-Fisika di MTs Negeri Negara. e- Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. 3(2):1-11. http:// pasca.undiksha.ac.id/e journal/.
Meilana, J. R. 2017. Pengembangan Modul Mobile Learning Berbasis Android pada Materi Fluida Statis. Jurnal Pembelajaran Fisika. 5 ((5): 4-15. https://jurnal.fkip.unila.
Meltzer, D. E. 2002. The Relationship Between Matemathics Preparation And Conceptual Learning Gains In Physics: A Possible: Hdden Variable In Diagnostic Pretest Score. American Journal Physics. 70 (2): 1259-1268. http://sctation.aip.org.
Mulyasa, E. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Murtiwijayati dan Glenn L. 2013. Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Budaya Indonesia untuk Anak Sekolah Dasar Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Komputasi. 12 (2): 3-11. http://vdocuments.site/jurnal.
Nasution. 2011. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
OECD. 2018. Pisa 2015 Results in Fokus. https://www.oecd.org/ pisa/.
Parmin & Peniati E. 2012. Pengembangan Modul Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar IPA Berbasis Hasil Penelitian Pembelajaran. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 1 (1): 1-9. https://www.media.peneliti.com/121361.
Prastowo, A. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Purwantoro, Sugeng, Rahmawati, H., & Tharmizi, A. 2013. Mobile Searching Objek Wisata Pekanbaru Menggunakan Location Base Service (LBS) Berbasis Android. Jurnal. Politeknik Caltex Riau. 1 (14): 176-184. http://www.pdii.lipi.go.id/.
Radityan, R. S., Iwa K., & Mumu K. 2014. Pengaruh Multimedia Interaktif terhadap Hasil Belajar Siswa pada Kompetensi Perbaikan Differential. Journal Of Mechanical Engineering Education. 1 (2): 239-247. http://ejournal.upi.edu/index.php/.
Sakdiah, Mursal, & Muhammad S. 2018. Penerapan Model Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA (JIPI). 2 (1): 41-49. http://jurnal.unsyiah.ac.id/jipi.
Sanjaya, W. 2012. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sardiman, A.M. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grapindo Persada.
Setiawan, M. A., Dewa, I. W., & Siti, M. 2016. Pengaruh Bahan Ajar Multimedia terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan. 1 (4): 746-754. http://docobook.com/.
Simamora, F. G. 2017. Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran Berbasis LCDS terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pembelajaran Fisika. 5 (3): 4-15. https://jurnal.fkip.unila.
Sismadiyanto, Kriswanto, E. S., Muktiani, N. R., & Hastuti, T. A. 2008. Pengembangan Multimedia Interaktif untuk Pembelajaran Mata Kuliah Pendidikan Kesehatan Sekolah bagi Mahasiswa Prodi PJKR FIK UNY. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia. 5 (2): 74-82. http://journal.uny.ac.id.
Sudarsono. 2004. Media Pembelajaran sebagai Pilihan dalam Strategi Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media.
Suryaningsih. 2010. Pengembangan Media Cetak Modul Sebagai Media Pembelajaran Mandiri. Jakarta: Salemba Empat.
Suryosubroto. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Susilo, A., Sunarno, W., & Sukarmin. 2018. Pembelajaran Fisika menggunakan Metode Inkuiri Terbimbing dan Inkuiri Bebas Termodifikasi berdasarkan Kompendium Al-qur’an ditinjau dari Kedisiplinan Belajar dan Sikap Ilmiah. Jurnal Pendidikan IPA. 7 (2): 160-168. https://jurnal.uns.ac.id.
Suyanto, M. 2005. Multimedia Alat untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Yogyakarta: Andi.
Syamsidar, S. 2018. Pembelajaran Fisika Berbasis Cone Of Experience Edgar Dale pada Materi Elastisitas dan Fluida Statis. Jurnal Pendidikan Fisika. 6 (1): 4-14. https://journal.unismuh.ac.id.
Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Waluya, B. 2008. Penggunaan Model Pembelajaran Generatif untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa. Jurnal Pendidikan UPI. 2(1): 9-18. http://file.upi.edu/Direktori/FPIPS/JUR_PEND.
Winkel. 2009. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta : Media Abadi.
Zuliana & Padli, I. 2013. Aplikasi Pusat Panggilan Tindakan Kriminal di Kota Medan Berbasis Android. Jurnal IAIN Sumatera Utara Medan. 1(2):2-4. http://www.pdii.lipi.go.id/wp-content/.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v9i4.3530
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Publisher: Institute for Research and Community Services (LPPM) Universitas Indraprasta PGRI Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
View My Stats