Pengaruh Kecerdasan Spiritual dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika

Kasih Haryo Basuki(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kecerdasan spiritual dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Sampel berukuran 120 siswa yang diambil secara random dan berstrata berdasarkan perbandingan jumlah siswa di setiap SMA Negeri di Kota Depok. Analisis data meliputi: analisis deskriptif, uji normalitas, uji Linieritas, uji multikolinieritas, analisis korelasi, koefisien jalur dan analisis jalur. Uji statistik yang digunakan adalah uji t. Hasil penelitian menunjukan: 1) Terdapat pengaruh langsung yang signifikan kecerdasan spiritual terhadap motivasi belajar, 2) Terdapat pengaruh langsung yang signifikan kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar matematika, 3) Terdapat pengaruh langsung yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika, dan 4) Terdapat pengaruh tidak langsung yang signifikan kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar matematika melalui motivasi belajar. Dari hasil tersebut dapat diartikan bahwa semakin tinggi kecerdasan spiritual dan motivasi belajar siswa maka semakin tinggi juga prestasi belajar matematika siswa SMA negeri di Kota Depok.

 


Full Text:

PDF

References


Agustian, Ary Ginanjar. 2001. ESQ (Emotional Spiritual Quotient). Jakarta : Penerbit Arga.

Agustian, Ary Ginanjar. 2008. Rahasia Sukses Membangun ESQ Power, Sebuah Inner Journey Melalui Ihsan. Jakarta : Penerbit Arga.

Chasanah. 2008. Meningkatkan Motivasi Belajar Santri Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Yogyakarta. abstract. On line: http://www.digilib-uinsuka.com.

Dalyono, M. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Penerbit Rineka Cipta.

Danah, Zohar dan Marshall, Ian, 2007. SQ Kecerdasan Spiritual. Bandung : Mizan.

Hudoyo, Herman. 1988, Strategi Belajar Mengajar Matematika. Malang : IKIP Malang.

Nasution, S. 2003. Didaktik Azas-Azas Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Purwanto, Ngalim, M. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.

_________, 2008. Rumusan visi dan misi, Dinas Pendidikan Kota Depok, http://disdik.depok.go.id, (diakses 28 Januari 2013).

Sardiman, A.M. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Pers.

Sudjana. N. 1999. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Sumanto, Wasty. 1998. Psikologi Penelitian. Jakarta : Rhineka Cipta.

Wardi, Khairi. 2010. Hubungan Antara Kecerdasan Spiritual Dengan Motivasi Berprestasi Pada Santri Pondok Pesantren Al-Asma’ul Husna Nw Tanak Beak Barat Lombok Tengah. lib.uin-malang.ac.id. (diakses 11 Juni 2013)




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v5i2.332

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA

Publisher:
Institute for Research and Community Services
(LPPM) Universitas Indraprasta PGRI

Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

View My Stats